Host dan live streaming kini merupakan satu kesatuan yang ada dalam social commerce. Tidak sulit untuk menemukan metode penjualan ini. Di ragam platform seperti TikTok misalnya yang paling banyak menggunakan cara berjualan tadi, kamu bisa menemukan jenis produk apa saja dan memahami informasi produk tersebut dengan cara yang lebih mudah serta menyenangkan.
Apa Itu Host Live Streaming?
Ini adalah jenis pekerjaan baru yang marak seiring berkembangnya social commerce. Biasanya, host ini begitu aktif selama live streaming berlangsung. Dia berperan dalam menjajakan produk dan menjawab pertanyaan dari calon pembeli yang menyimak. Tidak jarang juga mereka mengarahkan untuk menggunakan voucher tertentu.
5 Peran Host Live Streaming
Untuk memudahkan kamu mengerti soal apa saja peran host live streaming, akan kami jelaskan lebih lanjut dalam beberapa poin berikut:
-
- Menjual Barang
Tentu saja ini adalah peran utama para host live streaming. Mereka diharuskan untuk mempromosikan dan memberikan deskripsi produk dengan jelas di depan kamera. Hal tersebut agar penonton dapat memahami produk tersebut dengan lebih baik. Bukan hanya itu, biasanya mereka hafal mengenai apa yang mereka jual dengan sangat detail. Dari cara menggunakan, fitur unggulan, cara merawatnya, dan sejenisnya.
-
- Interaksi dengan Penonton
Biasanya penonton live streaming akan banyak bertanya mengenai produk tersebut. Di sinilah peran host kembali muncul untuk melakukan interaksi sebaik mungkin dengan viewer yang juga merupakan calon pembeli.
Makanya biasanya mereka memiliki fokus yang bagus, karena tidak mudah untuk melakukan hal tersebut dengan baik. Apalagi jika penonton yang menyaksikan live streaming ini mencapai angka ratusan. Mereka juga harus menimbulkan kesan yang menyenangkan bagi para viewer.
-
- Mengajak Audience Baru
Menjual produk dengan memanfaatkan social commerce sudah pasti diharapkan akan menambah audience baru. Tentunya setiap brand butuh awareness kan? Maka dari itu, biasanya seorang host live streaming juga memiliki eksposur yang tinggi di media sosial. Tidak jarang juga mereka biasanya akan bekerja sama dengan beberapa influencer yang sudah memiliki banyak followers untuk melakukan penjualan dengan cara ini.
-
- Riset dan Menentukan Konsep
Peran lain host live streaming adalah melakukan research dan menentukan konsep selama proses promosi produk berlangsung supaya tidak monoton. Hilangnya audience merupakan bencana besar ketika melakukan penjualan dengan cara ini.
-
- Mencapai Closing Penjualan
Tugas lain yang tidak kalah penting adalah closing penjualan. Biasanya brand akan menargetkan jumlah produk yang harus terjual dan wajib mencapai angka tersebut selama durasi berlangsung.
Ternyata ada banyak juga, ya, peran dan kelebihan dari menggunakan host live streaming untuk promosi produk. Apalagi social commerce sudah memberikan banyak bukti sebagai cara berjualan yang ampuh dan meningkatkan sales.
4 Tips Meningkatkan Penjualan dalam Live Streaming
Melakukan promosi produk dengan menggunakan host live streaming memang sudah terbukti meningkatkan audience dan juga penjualan. Namun, untuk lebih memaksimalkannya lagi, kami akan memberikan beberapa tips yang bisa digunakan dalam cara penjualan ini.
-
- Memahami Audience
Sebelum memikirkan inovasi yang rumit, lebih baik kamu memahami audience brand. Kamu bisa mengidentifikasi cara yang harus dilakukan oleh host live streaming: edukatif, menghibur, komersial, atau yang lainnya. Akan lebih baik jika kamu sudah mengetahui dan menentukan sasaran demografi dari audience itu sendiri. Seperti usia, pekerjaan, pendapatan, dan lokasi misalnya.
-
- Sangat Interaktif
Hal lain yang bisa host live streaming maksimalkan dalam cara penjualan seperti ini adalah melakukan interaksi sebanyak-banyaknya. Tanyakan langsung kepada penonton, jajak pendapat, atau menanyakan produk seperti apa yang lebih disukai. Jangan lupa juga untuk menjelaskan produk sebaik mungkin. Gunakan gaya komunikasi yang menarik dan persuasif untuk mengajak mereka membeli produk kamu.
-
- Memantau Media Sosial
Untuk lebih paham kebutuhan audience kamu, jangan lupa untuk menyimak media sosial dari brand yang kamu kelola. Pantau diskusi yang ada di sana, sebab ini juga bisa kamu bawa ke dalam konsep atau bahan interaksi lain dengan viewer. Bisa juga membuat konten yang terkait. Misalnya posting pengingat untuk followers supaya mereka tidak melewati sesi live streaming selanjutnya.
-
- Buat Gambar yang Menarik
Jangan segan-segan untuk membuat grafis yang menarik. Bisa berupa background, cover, atau editan tertentu yang membuat penonton menjadi lebih betah untuk menyimak penonton dan membuatnya ingin menonton lagi.
Jadi, itulah beberapa penjelasan soal peran dan cara yang bisa kamu gunakan untuk bisa meningkatkan penjualan dengan host live streaming. Walaupun di dalam negeri sempat dihentikan, tetapi sekarang penjualan dengan cara ini sudah kembali dibuka.