Penguatan kelembagaan atau inovasi dalam diversifikasi produk akan membantu mempercepat kinerja ekspor lada ke mancanegara.
KADIN Indonesia menyebutkan bahwa Trade Expo Indonesia secara efektif membantu promosi produk unggulan lokal ke pasar global.
Ekspor singkong Indonesia tinggi sebab memenuhi preferensi konsumen dunia akan singkong yang putih, enak, segar, dan bersianida rendah.
Untuk melancarkan ekspor porang, strategi pengembangan tanaman dilakukan dengan riset pengolahan dan produk turunan ke arah industri pangan.
Ekspor kayu lapis Indonesia ke Negeri Sakura pada 2018 mencapai 478 ribu ton dengan nilai US$570,17 juta setara Rp7,9 triliun.
Amerika Serikat menjadi negara tujuan utama ekspor kopi dengan nilai sebesar US$202 juta atau 25 persen dari total ekspor kopi 2020. Pencapaian fantastis!
Nilai ekspor bahan makanan halal Indonesia meningkat berkat tingginya permintaan, terutama sektor usaha pertanian dan makanan halal jadi.
Tingkat konsumsi masyarakat muslim dunia terhadap ekspor produk halal mencapai US$2,02 triliun, terserap pada makanan, farmasi, kosmetik, dsb.