Content marketing adalah hal yang telah lama banyak dibicarakan, baik dalam dunia pemasaran hingga pengembangan karier. Ini bukan tanpa sebab. Perkembangan internet yang semakin masif dan jenis media sosial yang beragam adalah pemantik utamanya.
Media sosial yang awalnya hanya digunakan untuk wadah berekspresi, kini bertransformasi menjadi sarana berkembangnya beberapa jenis karier baru. Content marketing adalah salah satunya.
Meskipun begitu, media sosial bukan hanya satu-satunya wadah dalam penggunaan content marketing. Sarananya bisa juga berupa e-mail, blog, atau newsletter.
Apa Itu Content Marketing?
Dilansir dari contentmarketinginstitute.com, content marketing adalah strategi marketing yang berfokus pada membuat dan mengedarkan konten yang relevan secara konsisten untuk menarik dan mengajak customer untuk melakukan suatu tindakan yang mengarah pada konversi. Dan ini bisa dilakukan untuk B2B dan B2C. Jenis pekerjaan ini juga dibutuhkan dalam bidang ekspor, lho!
Kenapa Content Marketing Penting?
Content marketing adalah salah satu elemen yang penting karena sudah terbukti efektif dalam bidang pemasaran dan penjualan. Dilansir dari mailchimp.com, berikut ini adalah data yang menunjukkan bahwa content marketing berhasil:
- Perusahaan yang memiliki blog meraih leads 67% lebih banyak jika dibandingkan dengan pesaingnya.
- Sebanyak 67% B2B mengatakan bahwa content marketing adalah cara baik untuk menaikkan engagement selain leads.
- 88% orang yakin membeli produk setelah melihat video content marketing.
Tidak hanya itu, ada beberapa manfaat lain jika menerapkan content marketing dalam bisnis:
- Menunjukkan “Keberadaan” Secara Online
Content strategy yang baik akan membawa lebih banyak customer dan pengunjung secara online. Apalagi jika kamu menawarkan solusi yang sesuai dengan masalah yang mereka hadapi. Ini juga berlaku pada jenis content yang bersifat informatif dan edukatif.
- Menghasilkan Leads Lebih Banyak
Peningkatan leads juga bisa disebabkan dengan content marketing yang bertujuan untuk meningkatkan traffic. Jika jenis konten yang memberikan informasi akan menumbuhkan rasa nyaman dan kepercayaan kepada audiens, kamu juga bisa meningkatkan leads dan penjualan bagi calon pembeli.
- Mendongkrak Rasa Kesetiaan
Kesetiaan atau loyalty itu penting dalam pemasaran dan penjualan karena bisa menaikkan traffic. Karena jika mereka sudah setia terhadap bisnis yang kamu bangun, mereka cenderung akan membeli apa saja produk yang dikeluarkan.
- Mempertegas Kekuasaan
Yang dimaksud di sini bukan sifat otoriter dan arogansi, tapi menjadikan bisnismu sebagai top of mind di kelasnya. Ketika kamu memiliki content marketing yang baik, ini bukan hanya meningkatkan penjualan dan kepercayaan dari customer saja. Bahkan bisa menjadikan bisnismu unggul dibandingkan pesaing.
Kini kamu sudah paham, kan, kenapa posisi content marketing dalam suatu perusahaan begitu penting? Bahkan jenis pekerjaan ini masuk ke dalam salah satu kategori profesi yang menjanjikan di era digital.
5 Tahap Membuat Content Marketing yang Menarik
Untuk menjadi content marketer yang kompeten, kamu harus melakukan beberapa tahapan dalam membuat content marketing yang menarik.
- Mengenal Target Audiens
Ini adalah langkah pertama yang cukup penting karena kamu bisa menentukan jenis konten apa yang nantinya akan dibuat. Tahap ini juga bisa memudahkanmu dalam menjangkau audiens lebih banyak dan membuat content marketing yang tepat sasaran.
- Storytelling
Jenis konten storytelling dinilai lebih menarik karena dapat menarik atensi calon customer. Bentuk cerita yang menarik dapat membuat audiens merasa terlibat di dalamnya, apalagi jika itu dibuat dengan lebih emosional. Biasanya teknik ini banyak digunakan dalam metode soft selling.
- Sesuaikan dengan Channel yang Tepat
Mengedarkan konten pada channel yang pas juga bisa menunjang content marketing yang sudah kamu buat. Terkadang, ada perbedaan karakter antar audiens pada setiap channel. Makanya lebih baik kenali keunikan customer pada tiap saluranmu, ya.
- Selalu Up to Date
Tren selalu mengalami perubahan setiap waktu. Agar kamu bisa terus mendapatkan engagement yang baik, menyimak tren bisa menjadi salah satu cara. Hal ini bisa membantu bisnis mendapatkan jangkauan yang lebih banyak bahkan memiliki potensi untuk viral.
- Konsisten
Tidak semua pohon berbuah dengan cepat, begitu juga content marketing yang kamu buat. Perlu waktu dan kesabaran. Konsisten adalah salah satu kunci dalam marketing. Hal ini bisa menumbuhkan awareness, juga bisa membuat audiens kamu yang awalnya tidak tahu menjadi kenal dengan produk dan bisnismu.
Skill untuk Content Marketer
Jika kamu tertarik dalam bidang content marketing, ada beberapa skill yang harus kamu kuasai, agar potensi dilirik HRD semakin besar. Apa sajakah itu?
- Analisis Data
- Pengembangan Situs Web
- Seo
- Copywriting
- Social Media Marketing
- Email Marketing
- Video Marketing
- Desain Grafis
- User Experience (UX)
- Content Strategy/Content Planning
- Bahasa Pemrograman
- Content Creation
- Otomatisasi
- Pengeditan Foto
- Pengembangan Merek
- Manajemen Proyek
- Customer Relationship Management
Jika kamu merasa belum memiliki kemampuan dalam skill di atas, kamu bisa mengikuti kelas-kelas yang ada di GeTI Incubator, lembaga pelatihan dan inkubasi bagian dari ExportHub.id. GeTI Incubator menyediakan banyak pelatihan yang menunjang karier dalam dunia content marketing yang bisa diakses oleh siapa saja dengan mudah, lho!
Itu dia, Eksporior, bahasan mengenai content marketing dan prospek kariernya dalam dunia digital. Semoga bisa membantu kamu dalam menentukan profesi impian, ya!
INGIN MENJADI CONTENT MARKETER YANG SUKSES? DAFTARKAN DIRIMU DI PELATIHAN DI LPK GETI INCUBATOR SEKARANG JUGA!