E-commerce kini sudah menjadi salah satu media untuk berjualan, karena di sini penjual dan pembeli dapat dipertemukan dengan lebih mudah, tanpa harus tatap muka di mana saja dan kapan saja.
8 Alasan Kenapa E-commerce Lebih Disukai
Ada beberapa alasan kenapa banyak orang beralih untuk berbelanja lewat e-commerce. Berikut ini adalah penjelasannya:
1. Diskon dan Penawaran yang Menarik
E-commerce seringkali memberikan diskon dan penawaran khusus, apalagi di tanggal kembar. Bahkan voucher belanjanya juga tersedia dalam beragam jenis. Dari potongan ongkos kirim, diskon dalam kategori barang tertentu, bahkan harga miring karena bekerja sama dengan beberapa bank atau dompet elektronik.
2. Belanja Jadi Lebih Mudah
Alasan lain kenapa e-commerce jadi lebih disukai adalah kemudahannya dalam berbelanja. Hanya dengan scroll dan beberapa kali klik saja, calon pembeli sudah bisa menemukan barang incarannya. Tanpa perlu keluar tenaga dan ongkos untuk sampai ke lokasi perbelanjaan. Tunggu beberapa hari, barang tersebut sudah bisa sampai ke lokasi pembeli.
3. Bisa Melacak Belanjaan
Keunggulan lainnya adalah setiap pembeli bisa melacak paket yang berisi belanjaan mereka sudah sampai di mana. E-commerce umumnya menyediakan fitur yang memudahkan orang untuk mencari tahu barang tersebut sedang di dalam perjalanan. Bahkan biasanya tersedia dengan lebih rinci, seperti menyebutkan titik lokasinya dan prediksi kapan belanjaannya tiba. Jika dirasa pengiriman terlalu lama, pembeli juga bisa menghubungi penjual, pihak ekspedisi, atau customer service dari pihak e-commerce.
4. Harga Lebih Murah
Mirip dengan alasan banyak diskon dan penawaran yang sudah kami sebutkan sebelumnya, harga yang lebih murah sudah pasti mampu memikat banyak orang. Bahkan selisih harga dari barang yang ada di toko dan yang tersedia di e-commerce lumayan juga, lho.
Malah sempat ada omongan di X yang berkata bahwa kini banyak orang mendatangi toko retail skin care dan make up hanya untuk mencoba produk tersebut di kulit mereka dengan tester. Sementara untuk transaksi, mereka lebih memilih untuk check out di e-commerce karena adanya perbedaan harga.
5. Pilihan Pembayaran yang Banyak
Poin lain yang menyebabkan e-commerce menjadi alternatif banyak orang karena pilihan pembayaran yang disediakan. Pembeli bisa membayar dengan kartu debit, kredit, dompet digital, bahkan bisa bayar nanti atau lebih dikenal dengan paylater.
Dengan digitalisasi hampir di semua aspek termasuk perbankan, juga gaya hidup cashless yang semakin banyak dipilih orang, pembayaran dengan ragam pilihan seperti di atas bisa dianggap sebagai solusi. Belum lagi adanya potongan harga dengan jenis pembayaran tertentu.
6. Produk yang Semakin Banyak
Kelebihan lain ketika berbelanja di e-commerce adalah pilihan produknya yang banyak sekali. Semua pembeli bisa mencari produk yang mirip dengan opsi harga termurah sampai yang termahal. Pilihan material, warna, kemasan, lokasi penjual, dan lainnya disediakan di sini.
Belum lagi terkadang ada penjual yang mempersilakan calon pembelinya untuk menawar harga. Ketika mereka sudah menemukan harga yang cocok, maka transaksi akan berlanjut. Dan ini masih bisa dilakukan dalam platform yang sama.
7. Jaminan Keamanan
Sekuritas juga menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan e-commerce. Biasanya mereka memliki sistem keamanan yang baik dan mampu melindungi pembelinya. Privasi customer sangat terjaga. Keamanan ini juga berlaku ketika pembeli tertipu dengan penjual nakal. Pembeli bisa membuat laporan atau konsultasi dengan customer service yang disediakan oleh platform.
8. Bisa Ditukar atau Dikembalikan
Alasan lain yang membuat banyak orang senang berbelanja di sini yakni barang bisa diretur. Mungkin saja ada kesalahan pengiriman atau barang yang diterima kurang sesuai, pembeli bisa mengembalikan ke penjual. Tinggal mengikuti prosedur yang disediakan oleh pihak e-commerce saja.
Dengan beberapa alasan di atas, jadi tidak heran kenapa ada banyak orang, khususnya Milenial dan Gen Z, meninggalkan metode belanja tradisional lalu beralih untuk berbelanja daring khususnya lewat e-commerce.
Itulah yang bisa dimanfaatkan sebagai celah oleh penjual, memanfaatkan platform ini sebagai media bisnis. Beralih ke e-commerce bisa menjadi cara berjualan baru yang lebih efektif.
Jangan Lakukan 3 Hal Ini Sebagai Seller di E-commerce
Agar kamu bisa menjadi salah satu penjual yang mendulang banyak cuan dengan berjualan di e-commerce, pahami beberapa kesalahan yang tidak boleh kamu lakukan ketika berjualan di sana seperti yang ada dalam 3 poin di bawah ini:
- Deskripsi Produk dan Gambar yang Kurang Jelas
Karena transaksi ini tidak mungkin dilakukan dengan tatap muka, kamu harus memanfaatkan e-commerce dengan sebaik-baiknya. Salah satunya dengan menulis deskripsi produk dan gambar produk sejelas mungkin.
Dengan banyaknya pilihan penjual dan produk, tidak menutup kemungkinan pembeli akan memilih toko lain yang memberikan keterangan dan gambar katalog dengan lebih baik.
- Menyepelekan Pelanggan
Ini adalah larangan yang tidak boleh dilakukan di banyak metode penjualan. Pembeli adalah raja, bukan? Meskipun kamu tidak bertatap langsung dengan pembeli, kamu harus tetap melayaninya dengan baik.
- Tidak Menyediakan Pilihan Pengiriman yang Banyak
Ongkos kirim terkadang juga menjadi pertimbangan banyak pembeli ketika mereka akan bertransaksi di e-commerce. Tiap ekspedisi juga memberikan harga yang berbeda. Makanya, menyediakan beragam pilihan pengiriman bisa menjadi nilai tambah. Berjualan online lewat e-commerce memang bisa memberikan keuntungan yang lebih banyak. Bahkan kamu bahkan bisa menjual produk hingga ekspor ke luar negeri, lho!