Strategi pemasaran adalah salah satu jenis elemen yang penting dalam bisnis karena menjadi penentu langkah dalam menaikkan penjualan. Banyak cara baru yang makin marak, salah satunya dengan menggunakan social media sebagai mediumnya. Itu sebabnya ada istilah social media marketing.
Social media marketing atau juga bisa disebut dengan pemasaran social media, adalah strategi marketing yang melibatkan social media dan website untuk mempromosikan produk. Bisa berbayar maupun tidak.
Apa Itu Social Media Marketing?
Melansir dari investopedia.com, ini adalah pemanfaatan social media dalam membangun hubungan dan juga membagikan informasi antara perusahaaan dengan customer, menaikkan penjualan, juga meningkatkan traffic website.
Tidak hanya menambah penjualan, cara pemasaran ini juga bisa memberikan kelebihan lain seperti menjangkau banyak pelanggan baru. Sebab, strategi pemasaran ini memiliki data akurat yang dapat digunakan untuk menganalisis berbagai hal. Misalnya, mengetahui apakah trik penjualan tertentu bekerja dengan baik dan mempelajari demografi konsumen sehingga penjualan selanjutnya bisa dilakukan dengan lebih efektif.
Masih dari sumber yang sama, terdapat data yang menunjukkan bahwa semenjak kemunculan My Space, social media pertama yang bisa menjangkau pengguna dalam jumlah masif di tahun 2004 sampai 2022, terdapat peningkatan dramatis dari interaksi digital yang membuat social media menjadi hiburan baru yang menantang televisi dan radio. Di awal 2023, terdapat 4,76 miliar pengguna social media di seluruh dunia atau melebihi dari 59 persen dari total populasi di seluruh dunia.
Lebih dari 80 persen customer juga mengatakan bahwa keputusan belanja mereka banyak dipengaruhi oleh konten influencer di social media yang akhirnya secara tidak langsung membuat mereka membeli produk tersebut. Hal ini yang membuat lini industri marketing membuat strategi social media marketing untuk menjadi trik pemasaran baru dan menambah customer.
Keuntungan Menggunakan Social Media Marketing
Mengutip dari wordsmith.com, terdapat beberapa keuntungan dari menggunakan strategi marketing ini. Berikut ini beberapa contohnya:
- Lebih Mudah Meraih Kepercayaan Calon Customer
Calon customer lebih mudah diraih kepercayaannya dengan menggunakan teknik pemasaran tersebut. Hal ini dikarenakan dalam bentuk pemasaran tersebut, calon customer akan merasa lebih akrab dan dekat. Apalagi dengan cara interaksi tertentu, akun perusahaan terasa familiar, seperti orang yang mereka sering temui.
- Menaikkan Traffic
Menyisipkan link pada bio profil, posting-an, dan sejenisnya dapat mengarahkan traffic tersebut menuju website. Data tersebut kemudian bisa diolah atau disimpan untuk digunakan dalam membuat strategi penjualan baru.
- Lead Generation
Teknik pemasaran ini juga bisa memberikan kelebihan lain dalam bentuk lead generation yang bisa langsung diarahkan pada tindakan purchase. Misalnya langsung menyisipkan link belanja pada katalog yang di-upload, mengajak pembeli berbelanja lewat direct message, dan sejenisnya.
- Meningkatkan Brand Awareness
Dalam penggunaan platform social media, pastinya ada konten visual yang di-upload. Nah ,ini bisa digunakan dalam memperkenalkan identitas visual sekaligus juga menaikkan brand awareness.
- Membangun Hubungan Lebih Dekat
Social media dalam social media marketing dapat berisi komunikasi langsung maupun secara tidak langsung antara perusahaan dengan customer. Hal tersebut dapat membuat hubungan interaksinya menjadi terasa lebih dekat.
Kelebihannya tidak hanya berhenti sampai di situ. Ada beberapa data pendukung lain yang dapat memperkuat argumen bahwa teknik dalam pemasaran tersebut memang tidak bisa diragukan lagi.
Berikut beberapa di antaranya:
- Lebih dari 70 persen orang yang memiliki pengalaman menyenangkan dengan interaksi akun perusahaan, akan merekomendasikannya pada pengguna lain.
- Pengguna Facebook membuka rata-rata Facebook Ads 12 kali dalam setiap bulannya.
- 81 persen orang menggunakan Instagram untuk riset.
Trik Menggunakan Social Media Marketing
Penggunaan strategi pemasaran ini memang mudah dan menarik, tapi hal itu akan menjadi sia-sia saja jika tidak mengetahui beberapa triknya.
Kami sudah merangkum beberapa trik yang bisa kamu tiru:
- Tentukan identitas brand yang akan dibangun. Merk yang akan kamu jalankan ingin dikenal seperti apa.
- Gunakan content strategy untuk membuat konten yang konsisten dan menjaga kualitas konten tersebut setiap harinya.
- Ketahui audience yang ada di social media kamu. Misalnya, platform apa yang paling banyak mereka gunakan, konten apa yang disukai, akun apalagi yang diikuti, dan sebagainya.
- Adanya analytic juga dapat membantu kamu untuk melihat tingkat efektivitas dari social media marketing yang sudah kamu buat dengan lebih rinci.
- Lakukan semuanya secara reguler dan konsisten. Pelajari tren yang sedang populer dan jaga interaksi dengan audience.
- Memakai iklan juga bisa membantu peningkatan dalam social media marketing. Ads dalam social media dapat begitu kuat bahkan mengedarkan konten kamu ke audience dengan lebih spesifik.
Itu dia bahasan soal teknik pemasaran itu yang ternyata kini banyak digunakan dalam beragam perusahaan dan lini bisnis apa saja, termasuk juga ekspor. Tidak heran, profesi di bidang marketing ini mulai banyak dicari dan punya permintaan tinggi dalam industri.
Kalau kamu tertarik menjadi salah satu pelaku social media marketing tapi tidak tahu harus memulai dari mana, kamu bisa belajar di GeTI Incubator, yang menyediakan banyak pelatihan dan kelas yang berhubungan dengan pemasaran sejenis. Yuk, gabung di kelasnya sekarang!