Scroll Top

Tahun Baru 2025: Peluang Bisnis dan Strategi untuk Sukses!

Ilustrasi Dua Orang Memulai Bisnis Menyambut Tahun Baru 2025
Ilustrasi dua orang yang memulai bisnis dalam rangka menyambut tahun baru 2025. Sumber foto: Freepik,com/@Pressfoto.

Wajar jika kita menyambut tahun baru 2025 dengan membuat resolusi yang ingin dicapai. Soalnya ini seperti tujuan hidup yang harus kita lakukan selama setahun ke depan.

Dengan adanya resolusi, kita jadi tahu apa-apa saja yang harus diprioritaskan, sehingga hidup jadi lebih terarah dan impian dapat lekas terwujud.

Perihal resolusi, pasti ada juga yang ingin membuat bisnis di tahun baru 2025. Keinginan tersebut tentunya sah-sah saja, sepanjang dikerjakan dengan tekun, konsisten, dan pantang menyerah.

Hal tersebut disampaikan karena menjalani bisnis bukan perkara mudah. Soalnya, selalu ada tantangan yang harus dihadapi.

Namun, selayaknya tantangan, juga selalu ada peluang yang dapat dimanfaatkan. Nah, berkenaan dengan itulah artikel ini ditulis dengan maksud membahas bagaimana peluang bisnis di 2025 dan apa saja langkah strategis yang bisa menuntun kita pada kesuksesan.

Peluang Bisnis Tahun Baru 2025

Tahun baru 2025 adalah momentum yang tidak boleh disia-siakan. Pasalnya, tahun baru tak ubahnya lembaran baru yang masih bersih. Maka dari itu, kita perlu memaksimalkan momentum ini dengan merencanakan hal-hal hebat, seperti membuka bisnis.

Terkait ini, di awal pasti kita dihadapkan dengan pertanyaan besar: ingin bisnis apa? Untuk menjawabnya, Eksporior nggak perlu pusing. Pasalnya, saat ini ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan.

Peluang yang dimaksud tentunya tergantung pada bidang atau kategori. Sebagai contoh, jualan online. Ini dapat dilakukan karena pertumbuhan e-commerce dan marketplace di Indonesia amat pesat.

Pasalnya, transaksi di e-commerce pada 2024 diperkirakan tembus Rp661,9 triliun. Nilai ini naik pesat jika dibandingkan dengan 2023 yang mencapai Rp573 triliun, sebagaimana dikutip dari Kontan.co.id.

Pertumbuhan tersebut terjadi karena banyak faktor. Satu di antaranya adalah pergeseran gaya hidup konsumen yang saat ini lebih nyaman berbelanja secara online.

Maka dari itu, memulai bisnis berjualan online tergolong menjanjikan di 2025.

Lantas, produk apa yang bisa dijual? Perihal ini, ada beberapa opsi yang bisa Eksporior maksimalkan. Antara lain: fesyen, parfum, alas kaki, dan produk kecantikan.

Empat kategori tersebut memberikan peluang besar bagi para pelaku bisnis. Hanya saja, sebelum menjalankannya, perlu diputuskan apa yang membuat produk lebih menarik daripada produk lain yang sejenis. 

Sebagai contoh, Eksporior mau berjualan skincare. Namun, saat ini sudah banyak produk perawatan kulit. Lantas, apa yang menjadi daya tarik sebagai pembedanya? 

Terkait ini, kamu bisa menjual skincare yang notabene ramah lingkungan. Jika tidak bisa dalam produk, ramah lingkungan dapat kamu lakukan dalam packaging. Nah, ramah lingkungan itulah yang akan menjadi pembeda produk kamu dengan produk lainnya. 

Selain berjualan online, apakah ada peluang lain dalam memulai bisnis di tahun 2025? Jawabannya tentu ada. Mari kita simak bersama!

Software-as-a-Service (SaaS)

Berkembangnya era digital membuat kebutuhan akan perangkat lunak atau software meningkat. Situasi ini tentunya membuka peluang bisnis.

Adapun jenis usaha yang dapat dilakukan adalah menawarkan software berlangganan yang bisa digunakan tanpa melakukan instalasi hardware tambahan. 

Model bisnis SaaS ini diproyeksikan tumbuh di 2025. Pasalnya, ke depan akan semakin banyak dibutuhkan software yang bisa mendukung mekanisme kerja jarak jauh, otomasi bisnis, dan analisis data.

Creator dan Digital Marketing

Kemajuan media sosial membuat bisnis di industri konten digital semakin menjanjikan. Adapun konten yang dimaksud, seperti video, artikel, atau podcast

Lantaran situasi tersebut maka membuat konten menjadi peluang bisnis yang menjanjikan dan patut dicoba. Namun, sebelum melaksanakannya, pastikan Eksporior sudah tahu apa yang diinginkan konsumen. Pengetahuan tersebut penting agar konten yang dihasilkan bisa relevan dengan audiens.

Sejalan dengan pesatnya perkembangan media sosial, maka bisnis digital marketing juga menjanjikan. Pasalnya, dalam menjalankan promosi di dunia digital, seseorang perlu memahami cara kerjanya. 

Hal tersebut tentu amat beririsan dengan berbagai hal, seperti Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), dan analisis data.

Produk Berbasis AI di tahun baru 2025

Peluang bisnis berikutnya dalam rangka menyambut tahun baru 2025 adalah menjual produk berbasis kecerdasan buatan (AI). Dalam implementasinya, Eksporior bisa membuat aplikasi yang didukung AI untuk berbagai hal.

Sebagai contoh, aplikasi untuk otomatisasi tugas, menganalisis tren, hingga pengalaman pengguna atau audiens. 

Tips Sukses Bisnis di Tahun Baru 2025

Agar bisnis digital Eksporior bisa sukses, maka tidak ada salahnya menjalankan beberapa tips di bawah ini. 

Pertama, kenali niche pasar. Hal ini penting supaya Eksporior bisa fokus dalam menjangkau pasar yang sudah ditargetkan. Demikian dikatakan karena target yang jelas membuat bisnis jadi lebih terarah. Di sisi lain bisa terhindar juga dari persaingan bisnis yang ketat.

Kedua, jangan pernah melupakan branding. Dengan lain perkataan, Eksporior harus membangun citra brand dengan kuat. Soalnya, dalam dunia bisnis digital, ini memainkan peran penting untuk menarik minat audiens atau konsumen.

Ketiga, fokus meningkatkan pengalaman pengguna dan memanfaatkan teknologi. Dua hal ini adalah kewajiban kalau bisnis Eksporior ingin tumbuh positif. 

Keempat, kolaborasi. Hal ini memang krusial karena selain membuat bisnis kamu berkembang, juga membuat kamu menambah jejaring profesional di ekosistem bisnis. 

Contoh kolaborasi yang dapat dilakukan adalah penjualan. Dalam hal ini, Eksporior bisa bekerja sama dengan agensi yang dapat melakukan penjualan online secara live

Menjual produk secara live memang menjadi tren dan diprediksi akan berkembang pesat pada 2025. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kolaborasi dengan agensi dilakukan. 

Adapun salah satu agensi bisnis digital yang dapat bekerja sama dengan Eksporior adalah Digital Etalase Indonesia (DEI). Sebagai informasi, DEI merupakan agensi yang masih berada dalam ekosistem ExportHub.id (milik PT Usaha Dagang Indonesia). 

Kerja sama dengan DEI dianjurkan karena agensi yang satu ini memiliki pengalaman yang melimpah dan didukung dengan fasilitas memadai.

Selain itu, kerja sama dengan DEI juga tidak akan membuat Eksporior khawatir. Pasalnya, ada jaminan kolaborasi berlangsung secara transparan dan mengutamakan akuntabilitas serta kredibilitas.

Jika Eksporior tertarik kolaborasi dengan DEI atau butuh informasi tambahan, maka bisa langsung chat admin dengan klik banner di bawah ini!

Related Posts

Leave a comment