ExportHub.id (milik PT Usaha Dagang Indonesia), diwakili oleh AeXI sebagai unit bisnisnya, berpartisipasi dalam ekshibisi perdagangan global, Pacific Exposition 2021. Ekshibisi internasional yang digelar pada 27–30 Oktober 2021 ini diikuti oleh 20 negara yang tersebar di kawasan Pasifik.
Berbeda dengan ekshibisi sebelumnya, Pacific Exposition tahun ini membawa tema besar “It’s Time for the Pacific”. Diadakan secara virtual, ekshibisi ini dilangsungkan dengan memanfaatkan platfom Zoom.
Merupakan acara tahunan ke-2, Pacific Exposition sebelumnya diadakan di Auckland, Selandia Baru secara tatap muka pada Juli 2019. Adapun pada ekshibisi pertama tercatat adanya transaksi sebesar US$70 juta dalam 4 hari pameran yang dihadiri oleh 5 ribu pengunjung.
“Pasifik telah lama dikenal karena keindahan alamnya, budaya yang mempesona, dan orang-orangnya yang ramah, tujuan wisata kelas dunia. Dampak parah dari pandemi COVID-19 telah menghancurkan ekonomi Pasifik khususnya industri pariwisata,” ujar Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya, yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (27/10/2021).
“Berdasarkan tanggapan positif yang diterima dari negara-negara peserta Pacific Exposition pertama, Indonesia akan menyelenggarakan 2nd Pacific Exposition sebagai upaya untuk melejitkan ekonomi Pasifik pasca-COVID-19. Saya menantikan partisipasi Anda,” tuturnya.
Ekshibisi internasional ini turut menghadirkan para pejabat kementerian, duta besar, pengusaha, dan profesor sebagai narasumber dari setiap negara perwakilan di seluruh kawasan Pasifik.
“Pasar Pasifik adalah salah satu destinasi ekspor yang sangat potensial untuk dikembangkan di samping pasar ekspor tradisional. Kekuatan dan keunggulan produk-produk Indonesia sangat memungkinkan dalam menjawab kebutuhan para importir di negara-negara Pasifik ini,” ungkap Managing Director ExportHub.id, Amalia Prabowo.
Amalia menambahkan bahwa AeXI sebagai salah satu pilar di dalam ekosistem ExportHub.id memiliki peran penting dalam keikutsertaan pada Pacific Exposition 2021. AeXI membawa UKM binaannya untuk bertemu secara langsung dengan para pembeli global. “Harapan kami pasar Pasifik ini bisa menjadi destinasi andalan,” katanya.
“Kami merasa sangat terhormat berkesempatan diundang oleh Pemerintah Indonesia untuk turut memperkenalkan potensi dan produk para UKM asal Indonesia kepada dunia Internasional di kawasan Pasifik.” CEO IndonesiaHub.id, Ghafran Cakradiwirya, menuturkan.
“Tentunya acara ini merupakan kesempatan bagi para mitra dan UKM binaan kami di dunia ekspor untuk menambah peluang pasar baru. Para mitra UKM akan diperkenalkan kepada para buyer melalui platform B2B global kami yaitu IndonesiaHub.id, yang diharapkan akan memicu munculnya leads baru lalu menjadi transaksi dan pastinya akan turut melejitkan ekonomi Indonesia, khususnya di pasar Pasifik pasca-COVID-19,” ia melanjutkan.
ExportHub.id adalah pionir ekosistem perdagangan global yang merupakan karya anak bangsa. Berawal dari kesadaran akan perkembangan dahsyat di ranah digital dan media sosial, ExportHub.id memahami bahwa dunia kini tanpa batas. Para tangan dingin di balik ExportHub.id tergerak untuk membawa produk-produk Indonesia masuk ke dalam radar perdagangan.
Membangun sebuah ekosistem ekspor berbasis digital yang menyediakan layanan dari hulu hingga hilir, ExportHub.id akan senantiasa mendorong produk lokal mengglobal. Semua layanan ExportHub.id akan memudahkan para pemangku kepentingan dalam mengakselerasi ekspor produk-produk unggulan Indonesia.
Layanan satu atap dalam ekosistem ExportHub.id adalah jalinan kuat untuk menjawab tantangan terbesar dalam rangkaian perjalanan mewujudkan transaksi ekspor. Adapun aspek yang dikembangkan yaitu SDM yang memahami prinsip digitalisasi dan e-commerce, akses menuju pembeli potensial mancanegara, pembiayaan, hingga logistik. [*] DF/ExportHub.id