Pasar lokal adalah sebutan yang diberikan untuk pasar dengan asal produk atau tempatnya yang hanya berfokus pada suatu daerah tertentu.
Digitalisasi adalah kunci untuk Indonesia agar bisa memiliki daya saing dengan negara-negara lain.
Usai berhasil ekspor jengkol, Gubernur Jawa Barat berharap pesantren-pesantren Indonesia bisa membawa produk yang diolah sampai ke global.
Peningkatan ekspor tanaman hias didorong oleh permintaan karangan bunga untuk upacara perayaan dan tujuan dekoratif lainnya.
Penguatan kelembagaan atau inovasi dalam diversifikasi produk akan membantu mempercepat kinerja ekspor lada ke mancanegara.
KADIN Indonesia menyebutkan bahwa Trade Expo Indonesia secara efektif membantu promosi produk unggulan lokal ke pasar global.
Ekspor singkong Indonesia tinggi sebab memenuhi preferensi konsumen dunia akan singkong yang putih, enak, segar, dan bersianida rendah.
Untuk melancarkan ekspor porang, strategi pengembangan tanaman dilakukan dengan riset pengolahan dan produk turunan ke arah industri pangan.