Scroll Top

10 Strategi Marketing agar Bisnismu Tidak Salah Sasaran!

Ada banyak aspek yang dibutuhkan dalam menjalankan sebuah bisnis. Dan salah satu aspek penting yang tidak boleh dilewatkan adalah dengan melakukan kegiatan pemasaran. Agar bisnis yang sedang dijalankan bisa terus berkembang, menetapkan strategi marketing yang baik dalam perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan jelas sangat dibutuhkan. Karena hal ini akan berguna juga untuk bisnis kita agar bisa menarik minat para calon konsumen.

Strategi marketing sangat diperlukan bagi para pelaku usaha agar bisa terus melakukan adaptasi dengan banyaknya jenis perilaku konsumen yang beberapa diantara mereka pasti mengalami perubahan perilaku seiring dengan berjalannya waktu. Apalagi di era digitalisasi seperti sekarang ini. Banyaknya jenis media yang bertebaran dengan berbagai macam variasi umur, gender, ekonomi, dsb. Melakukan kegiatan promosi tidaklah cukup jika hanya pada satu media saja. Oleh karena itulah kita perlu menyiapkan strategi marketing yang baik agar tepat untuk target pasar kita.

Apa yang Dimaksud dengan Strategi Marketing?

Memahami hal yang paling dasar untuk mencapai sesuatu yang diinginkan akan menjadi pondasi yang kuat dalam segala aspek kegiatan. Begitupun dengan salah satu dari aspek yang dibutuhkan dalam bisnis ini. Ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu strategi marketing. Strategi marketing adalah upaya untuk memasarkan serta mengenalkan suatu produk maupun jasa pada masyarakat. Berbeda lagi dengan penjelasan dari para ahli.

Pengertian Strategi Marketing Menurut Para Ahli

1. Menurut Christian Homburg

Strategi marketing adalah semua upaya yang dilakukan baik jangka pendek maupun jangka panjang di bidang pemasaran. Upaya ini berhubungan dengan analisis situasi awal strategi dari perusahaan, yang mana strategi tersebut diawali dengan perumusan. Kemudian evaluasi dan pemilihan strategi serta berkontribusi pada tujuan dari perusahaan atau bisnis.

2. Menurut Tjiptono

Strategi marketing adalah suatu alat yang direncanakan dan dirancang secara fundamental. Proses perancangan ini dilakukan sebagai upaya perusahaan untuk melakukan pengembangan keunggulan dalam bersaing melalui suatu program khusus dalam rangka melayani pasar secara berkesinambungan.

3. Menurut Hausman dan Associates

Strategi marketing diartikan sebagai sebuah desain pemasaran dalam jangka panjang yang bertujuan untuk mengoptimalkan penjualan. Proses pengoptimalan ini dilakukan dengan memberikan pelanggan kepuasan.

Dari ketiga pengertian yang dijelaskan oleh ketiga para ahli itu dapat disimpulkan jika strategi marketing merupakan upaya perusahaan yang dirancang secara fundamental untuk mengoptimalkan penjualan dengan mengembangkan keunggulan agar bisa terus melayani kebutuhan pasar serta memberikan kepuasan pada konsumen yang dilakukan dalam jangka pendek maupun jangka yang panjang.

Elemen Penting dalam Strategi Marketing

Mendapatkan posisi yang strategis untuk bisni yang sedang dijalankan merupakan impian dari banyak pelaku usaha. Untuk itu kita perlu mengetahui juga memahami 5 elemen pemasaran atau yang bisa disebut juga sebagai bauran pemasaran (marketing mix) agar produk juga jasa yang kita tawarkan bisa tepat sasaran juga memiliki sesuatu yang berbeda dengan para pesaing. Adapun kelima elemen tersebut adalah sebagai berikut:

1. Produk (product)

Elemen pemasaran pertama yang perlu ada dalam bisnis anda adalah produk. Produk disini bisa berupa benda atau jasa yang akan ditawarkan kepada calon konsumen. Elemini ini penting dalam bisnis karena tidak mungkin jika kita menawarkan apapun dalam berbisnis. Agar calon konsumen bisa merasa puas terhadap produk atau jasa yang akan ditawarkan, kita perlu mengembangkan produk dengan memperhatikan beberapa faktor dari keputusan pembelian, seperti fungsi, tampilan, kemasan, kualitas, dan garansi yang bisa membedakan bisnis anda dengan kompetitor.

2. Harga (price)

Elemen kedua yang harus ada setelah berhasil menentukan produk adalah harga yang sudah disesuaikan dengan keadaan produk. Itulah mengapa kita perlu menentukan produk terlebih dahulu agar kita bisa menentukan harga yang pantas kepada calon konsumen. Biasanya konsumen akan melakukan perbandingan harga dengan milik kompetitor. Keputusan penetapan harga pada produk anda tidak hanya berupa harga jual, tapi ada juga persyaratan kredit, pengaturan pembayaran dan juga diskon.

3. Tempat (place)

Pemilihan lokasi yang strategis akan sangat membantu kita dalam mendatangkan pengunjung. Lokasi yang dimaksud di sini adalah tempat dimana banyak orang yang berkunjung dan berlalu-lalang juga lokasi yang mudah untuk ditemukan oleh konsumen. Selain mudah untuk dijangkau oleh calon konsumen, tempat yang anda pilih juga harus sesuai dengan biaya yang anda punya. Jangan lupa juga untuk memastikan produk anda tersedia dengan waktu, tempat, dan jumlah yang tepat.

4. Promosi (promotion)

Ada dua tujuan yang bisa anda dapatkan dengan melakukan promosi. Pertama adalah untuk memberitahukan tentang produk yang ditawarkan kepada para calon konsumen (brand awareness). Yang kedua adalah untuk membujuk para konsumen agar mau membeli dan mengkonsumsi produk atau jasa dari bisnis kita. Ada tiga hal yang harus diperhatikan agar kita bisa menentukan kegiatan promosi yang tepat, yaitu dengan memperhatikan waktu promosi, media yang digunakan, dan mempelajari gaya promosi dari kompetitor.

Adapun bentuk promosi yang bisa anda lakukan berupa sponsor, beriklan, dan juga menambah relasi dengan melakukan aktivitas hubungan masyarakat.

5. Orang-orang(people)

Elemen terakhir yang diperlukan dalam pemasaran adalah orang-orang (people). Orang yang dimaksud disini berupa staff, karyawan, dan juga sales. Salah satu faktor dari keberhasilan bisnis kita ada pada mereka. Oleh karena itu anda perlu merekrut karyawan yang kompeten yang mampu memberikan pelayanan kepada konsumen dengan baik.

Baca juga: 7 Jenis Tanaman Hias yang Potensial untuk Diekspor di Tahun 2022

Jenis Strategi Manakah yang Cocok dengan Bisnis Saya?

Menentukan strategi marketing pada bisnis yang sedang dijalankan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan jika ingin produk anda bisa menghasilkan keuntungan seperti untuk meningkatkan penjualan produk. Maka dari itulah untuk menerapkannya anda perlu mengetahui jenis strategi apa yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda terlebih dahulu. Adapun jenis strategi marketing yang bisa digunakan, yaitu:

1. Direct selling

Direct sales atau sistem penjualan secara langsung merupakan strategi dimana para penjual menjual produknya secara langsung. Cara yang bisa dilakukan untuk jenis pemasaran ini adalah dengan melakukan kegiatan door-to-door yang mana pihak pemasar menemui konsumen secara langsung ke rumah mereka. Keuntungan dari strategi ini adalah modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Namun demikian, dimana ada keuntungan maka ada juga kekurangannya, yaitu banyak menghabiskan tenaga dari pihak pemasar dikarenakan harus terus berjalan dari rumah ke rumah.

2. Earned media

Jika sebelumnya menggunakan sistem penjualan secara langsung, maka kali ini anda cukup melakukan pemasaran untuk membangun brand dan membentuk image melalui media sosial. Ada banyak sekali platform yang bisa digunakan sebagai media untuk melakukan promosi. Berbeda jenis media sosialnya beda juga jenis penggunanya sehingga kita sebagai pelaku usaha pintar-pintar memilih media mana yang akan digunakan.

Untuk bisa menerapkan strategi marketing ini anda perlu melakukan beberapa riset seperti identifikasi target konsumen dan membuat konten yang mampu menarik perhatian calon konsumen. Konten dibuat bisa berupa poster, video, dan lain sebagainya yang bisa digunakan untuk membujuk calon konsumen agar membeli dan menggunakan produk serta jasa yang ditawarkan.

3. Point of purchase

Strategi ini menggunakan cara dengan menempatkan menempatkan material marketing atau iklan seperti display dengan desain yang unik dan menarik di dekat produk yang sedang dijual sehingga kita bisa secara tidak langsung mengarahkan konsumen agar membeli produk tersebut.Strategi ini cocok digunakan untuk toko retail.

4. Internet marketing

Pada era digitalisasi seperti sekarang ini, internet marketing adalah jenis strategi marketing yang paling banyak digunakan. Alasanya adalah karena jenis ini mudah dan cepat untuk digunakan. Selain itu internet marketing mampu menjangkau banyak calon konsumen selama di daerah mereka memiliki jaringan internet. Media sosial yang tersedia di dalamnya juga beragam. Jadi kita punya banyak sekali pilihan untuk melakukan kegiatan pemasaran. Tantangannya adalah anda harus bisa membuat konten yang menarik.

Fungsi Strategi Marketing

  1. Menciptakan inovasi untuk mengembakan bisnis
  2. Untuk membuat koordinasi tim menjadi jauh lebih efektif
  3. Membuat tujuan perusahaan menjadi terarah
  4. Mengawasi kegiatan pemasaran
  5. Untuk mengatur jalannya bisnis
  6. Meningkatkan motivasi pada bisnis

10 Strategi Marketing yang Bisa Diterapkan untuk Bisnis Anda!

  1. Mengetahui target pasarnya terlebih dahulu
  2. Menentukan anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan promosi
  3. Menentukan marketing mix
  4. Memanfaatkan mesin pencarian Google
  5. Menggunakan sosial media yang banyak tersedia di internet
  6. Memilih tempat yang strategis
  7. Melakukan branding dengan baik.
  8. Jangan lupa untuk melakukan promosi dan juga beriklan
  9. Menggunakan sistem afiliasi
  10. Email marketing

Nah, bagi anda yang saat ini sedang mengembangkan bisnis terutama untuk memperluas jangkauan pasar ke luar negeri, menerapkan strategi marketing ini jelas akan sangat membantu bisnis anda untuk berkembang jauh lebih pesat.

“Tapi saya masih bingung dengan cara memanfaatkan digitalisasi untuk bisnis saya? Bagaimana, dong?”

Tenang saja! AeXI bisa membantu anda untuk menggapai impian tersebut dengan bergabung bersama kami. Mengapa? Sebab, AeXI akan memberikan banyak benefit untuk siapa saja yang ikut bergabung. Beberapa manfaat yang akan anda dapat tersebut berupa:

1. Akses ke platform global marketplace (indonesiahub.com, alibaba.com, dan go4world)

AeXI bekerja sama dengan platform B2B global marketplace untuk meningkat akselerasi ekspor UKM Indonesia ke pasar global.

2. Pengembangan UKM

Memberdayakan UKM Indonesia melalui komunitas #BeraniEkspor

3. Mendapatkan layanan secara digital

AeXI menyediakan layanan berbasis digital untuk membangun perdagangan antara UKM Indonesia dengan pasar global.

4. Optimalisasi produk berkualitas

Mengacu kepada kebutuhan pasar dunia, AeXI membangun sistem untuk UKM Indonesia mencocokan produk mereka dengan kebutuhan dan spesifikasi yang diinginkan oleh global buyer.

5. Konsultasi bisnis, regulasi, dan logistik

Adapun produk yang kami berikan adalah berupa Digital Marketing Service (DMS) yang memberikan layananan akselerator dengan memanfaatkan platform bisnis global yang dimiliki oleh AeXI. Layanan ini sudah termasuk digital asset support dan store operation tanpa pembukaan akun platform global B2B. DMS akan menjadi paket ramah supplier dari segi biaya dan keuntungan.

Kembangkan bisnis anda sekaligus meningkatkan perekonomian Indonesia dengan #BeraniEkspor bersama AeXI!

Banner_CTA_AEXI_REV3_Master-01

AeXI (bagian dari ExportHub.id, milik PT Usaha Dagang Indonesia) menawarkan kemudahan untuk para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya, mulai dari membuka akses global melalui platform global marketplace, memberikan konsultasi bisnis, mempersiapkan produk berkualitas, hingga informasi regulasi, dan logistik. Untuk pertanyaan lebih lanjut silahkan menghubungi (+62) 857-0887-6101 (Agnes) atau via email [email protected].

Leave a comment