SEO adalah singkatan dari search engine optimization. Kerja SEO adalah memastikan jika website Anda teratas di Google, khususnya pada organic research. SEO mengandalkan traffic organik, yaitu jumlah kunjungan yang berasal dari mesin pencarian seperti Google atau Bing sehingga perlu waktu dan konsistensi. Dengan demikian, website Anda pun akan mendapatkan banyak kunjungan yang dapat turut meningkatkan penghasilan.
Pengunjung yang mampir ke website tidak sekadar mampir saja. Akan tetapi, ia turut melancarkan Anda dalam meraih tujuan website, baik dalam meningkatkan branding hingga mendongkrak angka transaksional.
Apa Saja Jenisnya?
Jenis SEO terbagi menjadi empat yaitu: on page, off page, technical, dan local. Berikut uraiannya:
1. SEO On Page
Jenis ini bertujuan untuk mengoptimasi konten website agar mudah ditemukan target pasar. Adapun aspek-aspek yang dimaksimalkan antara lain:
- Permalink;
- Judul konten;
- Struktur konten;
- Gambar konten;
- Sebaran kata kunci;
- Kualitas konten;
- Internal link;
- Meta description;
- Tag, dll.
Konten Anda akan mejeng paling atas hanya dengan memaksimalkan SEO on page. Jenis ini bisa dikatakan yang paling mudah untuk dilakukan. Cocok bagi Anda yang masih pemula.
2. SEO Off Page
SEO off page adalah upaya untuk mengoptimasi di luar situs. Jenis ini bertujuan membantu Google memahami relevansi konten Anda terhadap orang lain. Hal-hal ini yang perlu ditingkatkan:
- Link building;
- Peningkatan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA);
- Promosi; dan
- Guest blog.
SEO off page yang kuat akan meyakinkan Google jika website Anda kredibel dan bermanfaat bagi khalayak banyak.
3. Technical SEO
Ini adalah optimasi pada bagian dalam website yang bertujuan untuk memaksimalkan performa website agar diterima Google. Aspek yang perlu ditingkatkan adalah:
- Kecepatan website;
- Struktur website;
- XML Sitemap;
- Keamanan situs (SSL);
- Tema responsive;
- Layout website; dan
- Navigasi.
Dengan begitu, website Anda akan memiliki struktur yang bagus dan mudah dibaca.
4. Local SEO
Local SEO adalah strategi untuk meningkatkan visibilitas bisnis di search result lokal. Anda bisa mempromosikan merek, produk, dan layanan pada komunitas atau masyarakat setempat. Adapun empat poin yang perlu diperhatikan dalam local SEO adalah:
- Profil Google My Business (GMB);
- Lakukan riset kata kunci lokal;
- Konten menyasar konsumen lokal; dan
- Testimoni.
Contoh sistem kerja jenis ini misalnya, untuk kata kunci “beli makanan ayam terdekat”. Maka Google akan memunculkan tiga toko makanan ternak terbaik beserta lokasi di Google Maps.
Apa Manfaatnya?
Selain dapat memengaruhi jumlah pengunjung website, beberapa manfaat lainnya dari SEO adalah:
1. Membangun Brand Awareness
Brand awareness yang Anda dapatkan akan semakin baik seiring seringnya website Anda muncul di halaman pertama Google untuk kata kunci tertentu.
2. Menjangkau User Lebih Luas
Cukup dengan membuat artikel blog dengan menerapkan kata kunci yang bersifat informasional serta melakukan optimasi baik dengan on page maupun off page.
3. Meningkatkan Konversi Penjualan
Nilai konversi juga akan terdorong dengan adanya SEO. Pastikan menargetkan kata kunci untuk mendapatkan pengunjung yang ingin membeli produk atau jasa anda. Sistem ini dapat membantu mendapatkan calon pelanggan potensial menjadi pelanggan sungguhan.
4. Medorong Kepercayaan Pelanggan
Website yang berada di halaman pertama google dengan keyword tertentu akan membuat pelanggan lebih percaya terhadap Anda dibandingkan website yang tidak dapat ditemukan di mesin pencari.
5. Investasi Jangka Panjang
Pastikan untuk selalu melakukan optimasi website Anda secara berkala serta memantau perkembangan dari algoritma terkini Google.
Begini Cara Kerja & Tekniknya
1. Crawling
Fungsinya untuk mencari dan mengumpulkan informasi agar halaman website dapat diindeks.
2. Indexing
Tahapan ini membutuhkan informasi yang sudah dikumpulkan oleh web crawler. Misalnya, kata kunci dan apakah konten sudah diperbarui atau belum. Setelah itu, halaman website akan ditambahkan ke indeks pencarian. Nantinya, ketika kata kunci diketikkan di browser, mesin pencari akan mengambil (fetch) website yang telah diindeks.
3. Ranking
Hasil pencarian akan menampilkan website yang tersimpan di dalam indeks pencarian. Urutannya dimulai dari yang paling relevan ke yang tidak relevan.
Faktor lain yang memengaruhi cara kerja SEO dan juga algoritme mesin pencari adalah kesesuaian kata kunci, backlink, dan konten yang diperbarui.
Perihal teknik SEO, Anda perlu belajar lebih dalam terkait dengan bahasa pemrograman dan aktivitas teknis. Terdapat beberapa metrik yang harus diperhatikan dan dioptimalkan untuk meningkatkan performa dari halaman web.
Contohnya adalah melakukan audit pada core web vital, robot.txt, sitemap, breadcrumbs, page speed, dan lain sebagainya. Anda dapat mengecek informasi tersebut pada tools yang disediakan oleh Google, yaitu Google Search Console (GSC) dan Google Analytics (GA). Pastikan untuk selalu melakukan perbaikan dan optimasi pada SEO on page dan off page secara berkala.