Content creator adalah sebutan bagi seseorang yang mengkreasikan berbagai materi konten berupa teks, foto, video, suara, digital art maupun gabungan dari semua jenis materi. Para content creator atau kreator konten ini biasa memuat karya-karyanya di platform digital seperti Instagram, TikTok, YouTube, Facebook, bahkan membuat e-book untuk menyebarkan konten.
Content creator hadir menyapa dunia seiring perkembangan teknologi dan kemudahan mengakses internet. Topik-topik yang diangkat oleh para pembuat konten pun amat beragam, mulai dari daily vlog, kuliner, kecantikan & perawatan diri, life hacks, ulasan produk, fashion, sport, sampai musik.
Kehadiran kreator konten pun memiliki fungsi yang terbilang besar dalam dunia marketing sekarang ini untuk menunjang bisnis perusahaan. Dalam pemasaran, bidang yang digeluti content creator kerap disebut dengan content marketing.
Sebenarnya, apa tugas dari content creator? Skill apa saja yang harus dimilikinya? Berapa kisaran gaji yang diterima? Mari kita simak serba-serbi tentang content creator.
Tugas Content Creator Adalah…
– Membuat konten dari berbagai topik yang orisinal kemudian dipublikasikan di berbagai platform media sosial.
– Membagikan pikiran, ide dan gagasan yang dituangkan dalam bentuk teks, foto, audio, audio visual, dan video.
– Menciptakan pesan dan kesan persuasif ketika bekerja sama dengan pengiklan (endorsement) ataupun dalam menggalakkan sebuah kampanye.
– Membantu konten agar mudah ditemukan melalui optimasi search engine optimization (SEO).
– Membangun dan mempertahankan branding bagi sebuah perusahaan.
Apa Saja Skill yang Harus Dimiliki Content Creator?
Skill yang harus dimiliki para kreator konten adalah:
1. Kemampuan Riset
Riset diperlukan sebagai pendukung sebelum mengkreasikan sebuah konten. Melalui riset, para krator konten akan memahami kondisi pasar, tren, dan kebutuhan audiens.
2. Manajemen Waktu
Skill ini akan membantu Anda saat memproduksi semua konten agar sesuai jadwal yang telah ditentukan. Kreator konten harus piawai mengatur waktu mulai dari tahap riset, pra produksi, produksi, dan pascaproduksi.
3. Mengelola SEO
Kemampuan mengelola SEO akan membantu hasil konten yang telah dipublikasi dapat ditemukan dengan mudah oleh audiens. Bukan hanya artikel, SEO juga amat diperlukan ketika kreator konten membagikan karyanya di YouTube dan Podcast.
4. Copwriting dan Content Marketing
Dalam pembuatan konten dibutuhkan naskah, body copy, atau caption. Maka kemampuan copywriting dan content marketing perlu dikuasai. Pasalnya, kreator konten akan banyak memproduksi konten berupa artikel atau jenis tulisan lainnya.
5. Fotografi atau Videografi
Memiliki keterampilan fotografi atau videografi akan menjadikan sebuah konten bernilai dan mudah dilirik oleh audiens.
6. Editing
Skill editing dibutuhkan untuk memastikan konten yang telah dikreasikan siap untuk dipublikasikan dan membuat konten lebih berkesan.
4 Contoh Content Creator
Secara umum, ada empat contoh pembuat konten yaitu the networker, the speaker, the writers, dan the visualizer.
1. The Networker
Tipe pembuat konten yang menganggap berbagi pelajaran dan ajaran sebagai kesempatan yang tak ternilai. Mereka akan merasa nyaman ketika bergabung dengan sekumpulan orang yang berpikiran selaras dalam menyampaikan ide, anekdot, dan asumsi.
2. The Speaker
Seorang pembicara akan nyaman saat berbicara tentang apa-apa yang diketahui. Jenis pembuat konten ini akan sangat cocok untuk pemasaran audio atau video karena keterampilan berbicara. Anda memerlukan kemampuan public speaking untuk tipe kreator Ini.
3. The Writers
Tipe penulis adalah yang Anda lihat saat ini yang sedang membaca artikel mengenai content creator. Penulis artikel ini bisa dikatakan sebagai kreator konten. The writers diperlukan untuk merangkai kata-kata untuk mengomunikasikan kampanye atau bisnis.
4. The Visualizer
The visualizer atau visualisator bertugas mengubah semua jenis konten yang ada menjadi visual yang jelas dan bermakna dalam menyampaikan pesan yang jelas kepada audiens.
7 Cara Menjadi Content Creator Andal & Populer
Berminat menjadi kreator konten? Simak 7 cara menjadi content creator berikut ini!
1. Fokus di Bidang yang Anda Minati atau Kuasai
Ada banyak tema yang bisa Anda pilih untuk membuat konten. Pastikan Anda memilih tema yang paling diminati atau dikuasai agar bisa menjadi kreator konten kenamaan.
2. Mengikuti Tren
Content Creator harus selalu mengikuti tren terkini yang sedang terjadi atau ramai dibicarakan orang-orang baik maya maupun nyata. Dari sini, Anda akan bisa menemukan ide yang cocok untuk dijadikan konten berikutnya.
3. Pahami Audiens
Dengan memahami target audiens, Anda bisa mengetahui jenis konten yang mereka gemari atau butuhkan, serta dapat memudahkan Anda dalam menjaring dan menjangkau audiens secara tepat.
4. Tentukan Tujuan
Tujuan ini harus dibuat terstruktur, misalnya: pesan yang ingin disampaikan, jumlah pengunjung, penonton, like, komentar, website traffic, penjualan, engagement, atau tujuan lainnya.
5. Banyak Baca & Riset
Banyak membaca dan melakukan riset akan membantu kreator konten mengetahui kebutuhan sesungguhnya dari audiens.
6. Gunakan Tools yang Diperlukan
Anda akan menggunakan beberapa aplikasi dan alat-alat tertentu saat membuat konten. Misalnya, dalam membuat konten tulisan, Anda perlu mengetahui SEO dan peralatan penunjangnya.
7. Belajar dari Kreator Lain
Anda bisa mempelajari kreator lain yang serupa dengan konten produksi Anda. Dari konten hasil karya kreator lain, Anda dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan konten Anda dan memberi modifikasi untuk memberikan sesuatu yang berbeda.
Aplikasi Pembuat Konten
Ini beberapa aplikasi pengolah konten yang umum digunakan untuk menunjang aktivitas pembuatan konten, antara lain:
- Rytr.me
- Evernote
- Grammarly
- Adobe Premiere
- Tweetdeck
- Canva
Gaji Kreator Konten
Mengutip dari berbagai sumber, gaji content creator ada di kisaran Rp4-Rp10 juta. Gaji yang diterima tergantung kebijakan dari masing-masing perusahaan. Namun, jika Anda adalah seorang influencer yang menerima endorsement, Anda bisa mendapatkan cuan hingga puluhan juta rupiah (tergantung jumlah followers atau subscriber).
Nah, itulah pembahasan tentang content creator dan serba-serbinya. Tertarik menjadi kreator konten yang kompeten dan populer? Kalau mau, yuk, kunjungi kelas-kelas content creator di GeTI Incubator atau langsung mengeklik banner di bawah ini. Selamat belajar!