Eksporior, apakah kamu pernah mendengar istilah campaign? Ya, istilah ini memang tidak umum bagi kalangan masyarakat biasa. Namun, bagi kamu yang berkecimpung di dunia marketing, istilah ini pasti sudah menjadi makanan sehari-hari yang..
Secara sederhana, campaign merupakan cara untuk mempromosikan barang atau jasa ke khalayak ramai dengan beragam tujuan. Nah, buat kamu yang penasaran dengan istilah ini dan ingin mengetahuinya lebih dalam untuk keperluan bisnismu, yuk, simak pembahasan lengkapnya dalam artikel di bawah ini.
Definisi Campaign Adalah…
Secara sederhana, campaign atau kampanye merupakan cara yang dilakukan oleh sebuah brand atau perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa yang mereka buat dengan menggunakan beragam media seperti internet, TV, media cetak, billboard, radio dan lain sebagainya.
4 Manfaatnya Dalam Mendongkrak Kesuksesan Brand
Karena tujuan utamanya adalah mencapai target sesuai dengan kebutuhan, berikut ini beragam manfaatnya bagi eksistensi sebuah brand.
- Membangun Brand Image
Dari kegiatan ini, brand-mu akan jauh lebih dikenal, khususnya oleh orang-orang yang menjadi target audience utama. Ketika sebuah brand banyak dikenal orang, maka akan berpengaruh terhadap penjualan.
- Menciptakan Banyak Prospek
Ketika brand-mu sudah banyak dikenal masyarakat, secara otomatis biasanya mereka akan mencari tahu lebih banyak tentang brand-mu di berbagai media seperti website atau media sosial sebelum memutuskan membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan.
- Meningkatkan Penjualan
Saat brand-mu dikenal banyak orang, pasti akan ada pengaruh terhadap peningkatan penjualan karena rasa ketertarikan dari campaign yang kamu buat. Namun, pastikan bisnismu sudah siap memenuhi permintaan konsumen agar mereka tidak kecewa.
- Ciptakan Konsumen Loyal
Setelah brand-mu memiliki banyak pelanggan, pastikan kamu mampu menjaga mereka tetap memakai produk atau jasamu. Misalnya, dengan memberikan diskon atau harga spesial untuk para konsumen setiamu.
9 Cara Efektif Membuat Campaign Adalah…
Setelah kamu mengetahui istilah campaign dan beragam manfaatnya, berikut ini cara-cara yang sangat efektif bagi kamu yang ingin memulai aktivitas marketing ini agar brand-mu semakin dikenal banyak orang.
- Buatlah Konsep yang Sesuai dengan Bisnis
Bautlah perencanaan dan strategi yang cocok dengan target pasar bisnismu agar kampanye yang akan dijalankan dapat mempersuasi kebutuhan semua target konsumenmu.
- Tentukan Media yang akan Digunakan
Pastikan media yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan bisnismu, misalnya media sosial, media cetak, billboard, dan lain sebagainya. Selalu gunakan media yang dapat dengan mudah menyasar target utama brand-mu.
- Tentukan Dana yang Dimiliki
Jumlah dana yang dimiliki akan sangat berpengaruh terhadap media yang akan digunakan. Misalnya, TV lebih mahal dibandingkan media sosial. Jadi, pastikan biaya yang dimiliki dapat digunakan sebaik mungkin.
- Tentukan Tujuan yang Ingin Dicapai
Dengan menentukan tujuan dari kegiatan marketing ini, kamu akan lebih fokus terhadap target audiens utamamu agar produk yang ditawarkan tidak salah konsumen karena tidak jelas target utamanya.
- Melakukan Riset Pasar
Dengan riset pasar yang tepat dan mendalam, kamu bisa mengetahui karakteristik target audiens sehingga kamu bisa melakukan campaign dengan memanfaatkan ciri-ciri dan kebutuhan mereka.
- Buatlah Parameter yang Baik
Dengan adanya parameter yang terperinci, kampanye dapat berjalan dengan efektif, seperti seperti apa target yang ingin dicapai dan berapa kurun waktu yang diperlukan dalam mencapai target.
- Konsistensi
Lakukan aktivitas marketing ini secara konsisten dan maksimal agar kamu mengetahui cara yang paling tepat untuk membuat brand-mu dikenal oleh banyak orang dan mereka dengan senang hati mau membelinya.
- Social Listening Riset
Social listening merupakan cara yang dilakukan untuk mengetahui lebih dalam tentang selera target audiens utamamu sehingga campaign yang kamu jalankan akan jauh lebih maksimal.
- Evaluasi dan Evaluasi
Setelah campaign selesai dijalankan dengan segala formula yang cocok, lakukanlah evaluasi agar dapat diketahui hal-hal yang harus ditingkatkan atau dikurangi agar campaign berikutnya dapat berjalan maksimal sesuai target yang ingin dicapai.
Contoh Kampanye Brand yang Sukses untuk Inspirasimu!
Berikut ini beberapa campaign dari beberapa merek yang sukses meningkatkan penjualan dan awarenss yang sangat tinggi.
- MCD X BTS
Kolaborasi MCD dan BTS menjadi salah satu strategi marketing yang begitu sukses dan menghebohkan berbagai negara di Asia, termasuk Indonesia. Kolaborasi mereka membuat para ARMY menyerbu seluruh gerai-gerai MCD untuk memborong BTS meal, hingga antriannya membludak.
- Gojek
Di tahun 2021, Gojek memperkenalkan campaign #PesanDariRumah, yang tujuan utamanya adalah tentang pentingnya kesadaran untuk menjaga kesehatan dan mengurangi penyebaran virus Covid-19, dengan kata-kata menyentuh dari para pengemudi Gojek. Kampanye ini sangat sukses, terutama di platform media sosial, hingga meningkatkan citra positif di benak masyarakat.
- Teh Botol Sosro
Teh ini merupakan merek yang sangat melegenda di Indonesia. Tujuan awal diciptakannya minuman teh ini adalah sebagai pelepas dahaga orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Namun, kini perusahaan ingin merambah semua kalangan dengan slogan yang juga melegenda yaitu “Apa pun Makanannya, Minumnya Teh Botol Sosro” yang terbukti mampu mendongkrak penjualan hingga berkali-kali lipat.
Nah, itulah pembahasan lengkap tentang seluk-beluk campaign yang terbukti dapat membantu sebuah bisnis sukses hingga dikenal oleh masyarakat luas. Setelah kamu memahaminya, pasti kamu sudah sia, kan, membuat campaign untuk memajukan bisnismu?