Scroll Top

Trade Expo Indonesia dan Serba-serbinya Bagi UMKM

Eksporior, apakah kamu kemarin mendatangi booth UMKM mitra binaan Pertamina di acara Trade Expo Indonesia (TEI) yang ke-37? Ya, acara tahunan kebanggaan negeri ini diyakini menjadi ajang akbar dalam menumbuhkan perekonomian bangsa, terutama bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Nah, Eksporior, apakah kamu sebelumnya sudah mengetahui Trade Expo Indonesia? Kalau belum, yuk, ketahui serba-serbinya di bawah ini.

Trade Expo Indonesia Adalah… 

Trade Expo Indonesia Adalah...
Source: swa.co.id

Trade Expo Indonesia merupakan salah satu ajang pemulihan perdagangan lintas batas negara yang nantinya akan membuka peluang produk Indonesia berjaya di pasar global. Kementerian Perdagangan (Kemendag), melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, mengajak para pelaku usaha terutama usaha UMKM di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam rangkaian acara Trade Expo Indonesia.

TEI ini memiliki konsep business-to-business atau B2B sehingga produsen dapat mengenalkan produk unggulannya kepada calon buyer. Sedangkan untuk buyer,  dapat melihat secara langsung produk yang ditawarkan produsen yang diharapkan akan muncul prospek bisnis dari kedua belah pihak.

Terkhusus TEI 2022, pameran ini diadakan di ICE, BSD City, Tangerang, Banten, dari 19-23 Oktober 2022 bertemakan “Strengthening the Global Trade for Stronger Recovery”. Tema ini diusung sebagai upaya pemerintah dalam mendukung para pelaku UMKM agar mampu bersaing di pasar global. Pada pameran ini, menampilkan tujuh subsektor bisnis yang terdiri dari manufaktur, fesyen dan aksesoris, perawatan kesehatan serta kecantikan, food and beverage, peralatan medis, perabotan serta dekorasi rumah, hingga layanan digital.  

Trade Expo Indonesia 2022 Raup Transaksi hingga Rp45,8 Triliun

Trade Expo Indonesia 2022 Raup Transaksi Sementara Hingga Rp45,67 Triliun
Source: Bisnistoday.co.id

Pameran perdagangan ini membukukan transaksi perdagangan yang fantastis. Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan menyebut nilai transaksi di TEI ke-37 mencapai US$2,94 miliar atau senilai Rp45,8 triliun. Menurutnya, walaupun belum mencapai US$10 miliar, ia tetap optimis bahwa target akan tetap tercapai, karena pameran masih berlangsung hingga tanggal 19 Desember 2022 secara daring.

Dari total nilai transaksi tersebut, tercatat nilai sebesar US$1,7 miliar dari bidang jasa, US$111,5 juta melalui jalur investasi, kemudian nilai transaksi harian selama acara sebesar US$850 juta, dan dari nilai business matching mencapai US$200,5 juta.

Pertamina Maksimalkan Trade Expo Indonesia ke-37 untuk Wujudkan UMKM Tembus Pasar Global 

Pertamina Maksimalkan Trade Expo Indonesia ke-37 untuk Wujudkan UMKM Tembus Pasar Global 

Bagi Pertamina, acara ini bisa menjadi ajang bisnis yang sangat potensial bagi pelaku UMKM binaannya. Karena, para UMKM diperkenalkan dengan dunia ekspor yang lebih luas serta dipertemukan dengan pasar B2B yang potensinya tentu sangat luar biasa. Selain itu, Pertamina menghadirkan beragam forum diskusi dan program lainnya untuk mendukung peluang ekspor pelaku usaha ke berbagai negara.  

Pertamina bersama Ekosistem ExportHub.id telah Mencatatkan Transaksi hingga Miliaran di TEI 2022

Pertamina bersama Ekosistem ExportHub.id telah Mencatatkan Transaksi hingga Miliaran di TEI 2022

Sebagai wujud komitmen untuk terus memajukan pelaku usaha UMKM di Indonesia, PT Pertamina (Persero) memboyong 50 mitra binaan UMKM untuk berpartisipasi dalam TEI 2022. Kabar baiknya, semua produk UMKM binaan Pertamina telah dikurasi potensi pasarnya oleh Ekosistem ExportHub.id. Sehingga, semua palaku UMKM tersebut dapat lebih percaya diri mempromosikan produk unggulan mereka.  

Menurut Corporate Secretary PT Pertamina, Brahmantya S. Poerwadi, peran TEI 2022 yang diselenggarakan selama lima hari ini sangat signifikan dalam menggerakkan roda perekonomian nasional terutama di tengah ancaman resesi global yang kian nyata. Hingga tanggal 23 Oktober 2022, seluruh UMKM mitra binaan Pertamina mencatatkan nilai transaksi perdagangan hingga lebih dari Rp25 miliar. Tentu angka ini merupakan sebuah prestasi yang sangat luar biasa.  

UMKM mitra binaan Pertamina juga telah mendapatkan potensial buyers dari berbagai negara di kawasan Asia, Eropa, Afrika hingga Afrika.

Ekosistem ExportHub.id Menandatangani Kerja Sama dengan Fastlane Group International di TEI 2022

Ekosistem ExportHub.id Menandatangani Kerja Sama dengan Fastlane Group International di TEI 2022

Masih dalam acara TEI 2022, Ekosistem ExportHub.id (milik PT Usaha Dagang Indonesia), diwakili oleh AeXI sebagai salah satu entitas dalam ekosistemnya yang berfokus pada percepatan ekspor, telah meresmikan kemitraan strategis dengan Fastlane Group International yang berasal dari Malaysia untuk memperkuat kerja sama bisnis di berbagai sektor.

Adapun bentuk kerja sama tersebut berada di sektor layanan pendidikan dan konsultasi kewirausahaan, layanan hubungan bisnis internasional, layanan penjualan & pemasaran internasional, layanan hubungan investasi, hingga layanan hubungan perusahaan. Diharapkan, dari kerja sama ini akan semakin membuat Ekosistem ExportHub.id sekaligus Fastlane Group International semakin maju dalam memberikan pelayanan berkualitas internasional.  

Selain itu, Ekosistem ExportHub.id juga menandatangani kerja sama dengan Atase Perdagangan Australia untuk mengembangkan dan memperkuat potensi pengembangan bisnis di pasar internasional. Sehingga, komitmen Ekosistem ExportHub.id untuk memajukan pelaku usaha UMKM nasional untuk go global semakin luas cakupannya.  

AeXI dan GeTI Incubator Berkomitmen Membantu Pelaku UMKM Pertamina dan Lainnya untuk Go Global 

AeXI dan GeTI Incubator Terus Berkomitmen Membantu Pelaku UMKM Go Global 

Direktur AeXI, Ghafran Cakradiwirya, mengungkapkan komitmen AeXI untuk terus mencari dan menyiapkan beragam supplier yang telah berstandar 3K, yaitu kontinuitas, kualitas, dan kuantitas. Sehingga, para pelaku bisnis akan lebih cepat dan tepat sasaran dalam mempromosikan produk mereka di pasar global.  

Gayung bersambut, Direktur Pelatihan dan Akademik GeTI Incubator, Divera Wicaksono, menyatakan bahwa GeTI Incubator juga siap mendampingi dan memberikan beragam pelatihan bagi para pelaku UMKM untuk memasuki pasar global. Pelaku usaha dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi dan beragam platform e-commerce global. Sehingga, mereka akan jauh lebih mudah dalam menjangkau pasar global.  

Ingin Produk-Produk UMKM Kamu Lebih Mudah untuk Memasuki Pasar Global? Ayo, Bergabunglah Bersama AeXI Sekarang Juga!

Ingin Produk-Produk UMKM-mu Lebih Mudah Untuk Memasuki Pasar Global? Ayo, Bergabunglah Bersama AeXI Sekarang Juga!

Leave a comment