Scroll Top

Cara Menentukan Harga Jual untuk Tingkatkan Bisnis

Cara menentukan harga jual adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis. Dengan mengetahui strategi penting ini, maka pelaku bisnis akan memperoleh beragam keuntungan dari produk atau jasa yang mereka tawarkan. 

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih dalam tentang seluk-beluk menentukan harga jual dalm bisnis, yuk, simak selengkapnya di bawah ini. 

Pengertian Harga Jual Adalah… 

Pengertian Harga Jual Adalah... 

Secara sederhana, harga jual adalah harga akhir yang telah ditetapkan oleh pebisnis atau penjual berupa jumlah yang harus dibayarkan oleh pelanggan untuk sebuah produk. Perusahaan akan menetapkan harga pada produknya dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan peningkatan penjualan. Secara prinsip, sebuah harga jual harus dapat menutupi biaya produksi dan bahan baku dengan memperoleh laba yang tidak terlalu berlebihan.  

Secara ilmu ekonomi, terdapat 3 hal yang mendasari terbentuknya sebuah harga jual, yaitu: 

  • Jumlah harga yang dibayar oleh pembeli.
  • Jumlah harga yang diterima oleh penjual. 
  • Persaingan harga di pasar.

Pentingnya Menentukan Harga Jual Produk dalam Bisnis 

Pentingnya Menentukan Harga Jual Produk dalam Bisnis 

Bagi pengusaha baru, menentukan harga jual merupakan hal yang terkadang sangat sulit dilakukan. Proses ini terlihat sederhana, namun sesungguhnya seperti memakan buah simalakama. Jika harga terlalu mahal, maka produk bisa tidak laku di pasaran. Namun, jika terlalu murah, maka tidak ada keuntungan yang diperoleh.

Maka dari itu, menentukan harga jual merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Karena hal ini merupakan salah satu kunci sukses bagi para pemilik bisnis, terlebih jika bisnis tersebut skala kecil atau masih merintis.  

Terdapat strategi jitu yang bisa kamu lakukan dalam menentukan harga jual. Kamu bisa melihat kekurangan kompetitor dalam menjual produknya di pasaran. Jika produk yang dijual berkualitas rendah namun harganya terlalu mahal, maka kamu bisa menjual dengan harga lebih murah. Namun, perlu diingat, selalu pastikan bahwa harga produksinya sesuai dengan harga yang akan ditawarkan. Sehingga perusahaan tidak mengalami kerugian. 

Selain itu, jangan pernah memberikan harga yang mahal jika kualitas yang dimiliki tidak sepadan. Karena bisa jadi bisnismu tidak akan berkembang bahkan terancam bangkrut.  

Poin-Poin yang Wajib Dipertimbangkan dalam Menentukan Harga Jual 

Poin-Poin yang Wajib Dipertimbangkan dalam Membuat Harga Jual

Berikut ini terdapat 4 kunci sukses dalam mempertimbangkan harga jual agar bisnismu semakin maju. 

  • Kenali Konsumen Utama 

Lakukanlah beragam riset pasar untuk mengetahui karakteristik utama pelangganmu. Kamu bisa melakukan survei informal hingga menggunakan pihak ketiga melalui perusahaan riset. Dengan mengetahui karakteristik pelangganmu, maka kamu akan lebih mudah menentukan harga jual yang sesuai. 

  • Ketahui Biaya Produksi 

Harga jual harus mampu menutupi biaya yang dikeluarkan kemudian mencari keuntungan. Kamu wjaib mengetahui biaya produksi dan berapa banyak produk yang harus terjual untuk memperoleh keuntungan.  

  • Ketahui Target Pendapatan Perusahaan 

Perusahaan harus memiliki target pendapatan yang ingin diperoleh. Dalam menentukan faktor produksi, ketahui dengan pasti biaya produksi, pemasaran, hingga besaran penjualan. Jika perusahaan memproduksi sejumlah produk yang berbeda, pastikan dapat mengalokasikan seluruh pendapatan di setiap produk. 

  • Ketahui Kompetitor 

Pastikan kamu mengetahui dengan pasti strategi marketing yang dilakukan kompetitormu. Jika produkmu memilki banyak kelebihan dibanding kompetitor, maka kamu bisa memasang harga yang lebih tinggi.  

5 Cara Efektif yang Bisa Mendatangkan Keuntungan

5 Cara Efektif yang Bisa Mendatangkan Keuntungan

Berikut ini adalah strategi efektif dalam menentukan sebuah harga jual yang bisa diterapkan dalam membangun bisnis. 

  • Tentukan Berdasarkan Biaya  

Kamu bisa menghitung biaya yang sudah dikeluarkan. Biaya ini meliputi biaya operasional, gaji karyawan, promosi iklan, transportasi, dan lain sebagainya. Setelah itu, tambahkan beberapa persen keuntungan yang ingin diperoleh.  

  • Tentukan Berdasarkan Kompetisi 

Strategi yang kedua adalah melihat kompetisi harga di pasaran. Dengan mengetahui harga di pasaran, maka perusahaan akan lebih memilki gambaran harga yang ditawarkan.  

  • Tentukan Berdasarkan Pelanggan 

Kamu juga bisa menentukan harga jual berdasarakan persepsi pelanggan terhadap produkmu. Untuk menentukan hal ini, kamu bisa melakukan survei yang sesuai dengan target pasar yang ingin dicapai. 

  • Tentukan Berdasarkan Harga Margin 

Harga margin juga bisa digunakan sebagai patokan dalam menentukan harga jual sebuah produk atau jasa. Sebagai contoh, kamu membuka bisnis dengan modal Rp15.000,- dan akan menjual dengan harga Rp18.750,- maka cara menghitungnya adalah: 

Margin= (Harga Jual – biaya produksi) / harga jual. 

Margin= (Rp18.750 – Rp15.000) / Rp18.750. 

Margin= 0,2 atau 20%.  

  • Menggunakan Metode Manufactured  

Dalam metode ini, harga jual telah dibuat dan ditetapkan oleh pemilik usaha. Istilah ini biasa disebut dengan harga eceran yang telah disetarakan. Meski telah ditentukan, para pelanggan tetap bisa menaikkan harganya jika untuk kembali dijual.  

Nah, Eksporior, itulah pembahasan lengkap mengenai cara menentukan harga jual sebuah produk. Semoga melalui artikel ini bisa semakin menambah wawasanmu tentang beragam aspek penting yang wajib diketahui dalam mengelola sebuah bisnis, terutama bisnis bidang ekspor.   

Ingin Mahir Menetapkan Harga Agar Produkmu Mampu Bersaing di Pasaran? Yuk, Ikuti Pelatihan “Menetapkan Harga dengan Strategi Pricing” Bersama GeTI Incubator, yang merupakan bagian dari exporthub.id (milik pt usaha dagang indonesia)! 

Ingin Mahir Menetapkan Harga Agar Produkmu Mampu Bersaing di Pasaran? Yuk, Ikuti Pelatihan “Menetapkan Harga dengan Strategi Pricing” Bersama GeTI Incubator! 

Leave a comment