Company profile dibuat untuk mendeskripsikan sebuah perusahaan ke klien/investor maupun konsumen. Maka tak heran, peranannya sangatlah penting. Sebab dengan adanya hal tersebut, perusahaan akan memiliki identitas dan gambaran bisnis yang akan dan/atau sedang dikembangkan.
Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih dalam tentang pembuatan company profile hingga serba-serbinya, yuk, simak pembahasan lebih lengkapnya di bawah ini.
Company Profile Adalah…
Secara umum, istilah ini merujuk pada sebuah ringkasan profesional yang menjelaskan hingga memperkenalkan perusahaan secara singkat. Jadi, company profile atau profil perusahaan adalah informasi pada sebuah perusahaan yang dibuat dengan menarik agar dapat dilirik oleh banyak investor hingga konsumen. Adanya profil perusahaan dapat membantu mempengaruhi calon klien/investor ataupun konsumen terhadap kredibilitas perusahaan tersebut.
Dalam menyusun company profile, perusahaan wajib mencantumkan informasi yang penting. Adapun informasi tersebut seperti sejarah perusahaan, visi dan misi, hingga tujuan serta prestasi dari perusahaan tersebut.
5 Fungsinya bagi Keberlangsungan Sebuah Perusahaan
Karena peranannya sangat penting bagi sebuah perusahaan, maka perusahaan akan bekerja keras membuat profil perusahaan yang menarik namun tetap profesional. Berikut ini adalah fungsi dari profil perusahaan:
- Sebagai Gambaran Perusahaan
Dengan adanya gambaran perusahaan yang jelas, maka perusahaan akan lebih mudah menentukan target audiens yang diinginkan. Selain itu, perusahaan akan jauh lebih mudah memenuhi beragam kebutuhan yang diinginkan oleh target pasarnya.
- Sebagai Brand Story
Perusahaan juga akan lebih mudah menceritakan tentang sejarah perusahaan tersebut secara profesional. Hal ini sangat penting dalam sebuah dunia bisnis. Dengan adanya brand story, maka kredibilitas perusahaan akan lebih mudah untuk dibangun.
- Sebagai Media Promosi
Dengan adanya profil perusahaan, maka perusahaan akan lebih mudah untuk mempromosikan beragam produk yang dibuat sekaligus menampilkan beragam keunggulan perusahaan. Selain itu, masyarakat juga akan lebih mudah untuk membeli produk hingga menggunakan produk yang telah diciptakan tersebut.
- Menonjolkan Keunikan Perusahaan
Hal ini sangat penting agar dapat menarik minat calon investor dan konsumen untuk melihat hal-hal unik apa yang telah dibuat oleh perusahaan tersebut dibanding perusahaan lainnya.
3 Manfaat Besarnya bagi Sebuah Perusahaan
Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh perusahaan ketika membuat sebuah profil perusahaan.
- Menjadi Pembeda dari Kompetitor
Adanya profil perusahaan akan memudahkan perusahaan untuk terlihat berbeda dari kompetitornya. Apalagi dengan segala keunikan dan kelebihan yang ditonjolkan, maka perusahaan tersebut akan lebih mudah dikenali.
- Membangun Citra Positif
Citra positif perusahaan akan lebih mudah untuk dibangun apabila terdapat profil perusahaan. Jika citra positif terbangun, hal itu akan membuat perusahaan lebih mudah diterima oleh calon investor dan konsumen.
- Menaikkan Nilai Perusahaan
Perusahaan bisa menawarkan harga lebih dari produk yang mereka ciptakan dengan adanya profil perusahaan. Perusahaan dapat membuat beragam keunggulan dari produk yang dibuatnya dengan lebih mudah.
Hal-Hal yang Harus Dicantumkan dalam Sebuah Company Profile
Hal-hal yang wajib dicantumkan ketika kamu akan membuat profil perusahaan.
- Detail Bisnis
Dalam detail bisnis, pastikan kamu mencantumkan nama perusahaan, alamat perusahaan, e-mail, media sosial, alamat situs web, nomor telepon.
- Informasi Dasar Perusahaan
Dalam hal ini mencakup beragam informasi dasar dari perusahaan tersebut. Informasi ini meliputi deskripsi dan visi-misi perusahaan, deskripsi dan layanan yang ditawarkan, sejarah dan perkembangan perusahaan, relasi dengan publik, periklanan, dan lain sebagainya.
- Highlight
Dalam sebuah highlight cantumkan beragam hal-hal yang dibutuhkan oleh investor. Hal ini mencakup penghargaan yang didapatkan, sertifikasi yang dimiliki, testimoni konsumen, proyek yang berhasil dikerjakan, hingga publikasi di media massa.
- Informasi Tambahan
Di informasi tambahan, perusahaan bisa mencantumkan atau tidak sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan. Adapun dalam hal ini mencakup jumlah karyawan, target perusahaan, penjualan tahunan, dokumentasi kegiatan, dan lain sebagainya.
Contoh-Contoh Company Profile yang Unik dan Profesional
Jika kamu berencana membuat sebuah profil perusahaan, berikut ini contoh company profile yang baik bagi sebuah perusahaan yang bisa menjadi referensi untuk memberi gambaran dalam membangun bisnis.
- The Body Shop
Contoh company profile perusahaan skin care dari The Body Shop ialah fokus pada skin care yang bersih, perlindungan hewan, keberlanjutan ekosistem, hingga keberlangsungan komunitas. Hampir semua produk-produk yang diciptakan bersifat vegan dan vegetarian. Hal itu bisa dilihat ketika kamu membuka website The Body Shop yang akan langsung fokus pada tujuan perlindungan berbagai ekosistem.
- Gojek
Gojek merupakan salah satu perusahaan yang sangat cermat dalam membuat profil perusahaan. Mereka membuat sebuah kalimat yang berisi upaya-upaya perusahaan dalam memberikan perubahan dan dampak positif bagi sesama. Di sisi lain, mereka juga mencantumkan beragam prestasi perusahaan yang telah diraih, terkhusus di masa sulit seperti pandemi. Gojek telah melampaui batas dari hanya sekadar mencari keuntungan.
Nah, Eksporior, itulah pembahasan lengkap tentang pentingnya peranan sebuah company profile bagi sebuah perusahaan. Terutama jika kamu akan membuat sebuah perusahaan ekspor yang turut mewakili nama negara, baik perusahaan besar atau kecil, semuanya membutuhkan profil perusahaan sebagai identitas di tengah persaingan bisnis yang begitu ketat.