Brand lokal Indonesia sudah sepantasnya tidak lagi dipandang sebelah mata. Pasalnya, sudah ada banyak produk lokal dengan kualitas produk mumpuni yang siap dan telah bersaing di pasar internasional.
Bangga Buatan Indonesia, nampaknya bukan lagi omong kosong. Ini adalah adagium yang tepat untuk membuat brand lokal berkompetisi dengan produk-produk luar negeri.
Memangnya, brand lokal apa saja, sih, yang sudah tembus pasar global? Melalui berbagai sumber, kami merangkum 10 produk dalam negeri yang berhasil go global. Yuk, simak!
Erigo, Fesyen Lokal yang Melenggang ke Panggung Dunia
Saat ini siapa yang tak mengenal brand lokal bernama Erigo? Sejak 2011 hingga kini, produk fesyennya sukses membanjiri pasar nasional hingga internasional. Saat diakses pada 2 Februari 2022, pengikut akun Instagram Erigo sudah mencapai 2.5 juta. Produk Erigo yang umum berupa kaus, jaket, celana, hoodie, kemeja, dan beberapa aksesoris pakaian lainnya telah menembus panggung New York Fashion Week 2021.
Silver Queen, Cokelat Lokal Rasa Internasional
Ada yang menyangka kalau Silver Queen dari luar negeri? Kalau ada, tidak masalah. Kamu tidak sendirian. Tapi faktanya, Silver Queen merupakan brand lokal yang mampu bersaing dengan produk luar negeri, seperti Kit Kat, Cadbury, dan lain-lain. Tidak heran jika Silver Queen mampu merambah beberapa negara seperti Amerika, Singapura, Filipina, dan lain-lain. Silver Queen juga biasa memeriahkan minimarket-minimarket di bulan Februari dengan promo cokelat spesial bulan kasih sayang.
Indomie, Brand Lokal yang Merebut Hati Penikmat Mi Global
Pasti kamu sudah sangat mengenal brand lokal yang erat banget dengan keseharian ini. Olahan mi bercita rasa autentik dengan aneka pilihan rasa khas masakan Indonesia ini tidak hanya mampu menggugah lidah konsumen lokal, tapi juga penikmat kuliner di tingkat global. Indomie telah tersedia di minimarket di berbagai negara lintas benua, di antaranya Asia, Amerika, Australia, Afrika, hingga Eropa. Indomie makin kuat bersaing di pasar internasional dengan tulisan pada kemasan yang menyesuaikan aksara negara pengimpornya.
Bagteria, Brand Lokal yang Produknya Dipakai Putri Kerajaan Inggris
Kamu mencari tas berkualitas? Silakan dapatkan di Bagteria. Asal tahu saja, brand lokal satu ini sudah banyak dipakai oleh kalangan artis dunia seperti Emma Thompson, Paris Hilton, Blake Lively, hingga Putri Zara Phillips. Oh, ya, Bagteria sudah tersebar di 30 negara, antara lain Prancis, Inggris, Italia, Amerika Serikat, Jepang, dan Kuwait.
Polygon, Sepeda Tanah Air yang Berlaga di Kompetisi Luar Negeri
Di sini apakah ada yang mengira Polygon brand sepeda dari luar negeri? Bukan. Ternyata Polygon adalah brand lokal yang diproduksi di Sidoarjo, Jawa Timur. Terdapat berbagai jenis sepeda yang diproduksi, dari sepeda lipat, sepeda gunung, sepeda santai, hingga aksesoris dan perawatan sepeda. Salah satu prestasinya adalah menjadi tim downhill kelas dunia Hutchinson UR Team. Saat itu, mereka tengah bertanding di UCI DH World Cup pada tahun 2013.
Essenza, Keramik Asal Indonesia yang Mendunia
Essenza merupakan brand lokal yang fokus memproduksi keramik. Produksi Essenza pertama dimulai pada tahun 1993, yang dinaungi PT. Intikeramik di Tangerang, Banten. Dengan kualitasnya yang bagus, brand ini mampu menembus pasar di berbagai negara di Asia, Amerika Serikat, Eropa, hingga Afrika.
Terry Palmer, Handuk Buatan Dalam Negeri yang Digemari di Luar Negeri
Kamu hendak mencari handuk berkualitas buatan Indonesia? Terry Palmer adalah jawabannya. Produk handuk buatan Terry Palmer ini mampu menembus pasar internasional, mulai dari Jepang, Amerika, hingga negara Eropa. Terry Palmer menyediakan jenis handuk yang variatif, mulai dari handuk wajah, handuk olahraga, hingga handuk mandi.
Lea Jeans, Brand Fesyen ala Dunia yang Ternyata Asli Indonesia
Brand lokal Lea Jeans berdiri sejak tahun 1976. Dikelola oleh PT. Lea Sanent, brand fesyen ini mampu bersaing di pasar internasional karena kualitas produknya yang siap bersaing. Kendati demikian, tidak sedikit masyarakat Indonesia menganggap brand lokal ini berasal dari Amerika sebab logo dan warna logonya yang sekilas mirip dengan bendera Amerika.
Sensatia Botanicals, Skincare Kebanggaan Indonesia yang Disukai Konsumen Dunia
Brand lokal yang konsentrasi di bidang kecantikan ini menyediakan produk-produk skincare. Sensatia Botanicals telah menghasilkan 300 produk yang telah terdaftar di BPOM. Produk-produk Sensatia Botanicals telah menembus 40 negara, di antaranya Amerika Serikat, Australia, dan negara-negara di benua Eropa.
Matoa, Brand Lokal Jam Tangan Kayu yang Mengglobal
Brand lokal yang berhasil go international selanjutnya berasal dari Kota Bandung. Adalah Matoa, sebuah brand jam tangan yang menggunakan bahan dasar kayu. Uniknya, Matoa memberikan jenis di setiap produknya dengan nama-nama daerah di Indonesia, misalnya Alor, Mori, Gili, Sumba, Flores, dan banyak lagi. Matoa mengusung konsep urban, simplicity, dan nature yang mampu merebut konsumen global. Matoa saat ini sudah merambah Cina, Singapura, Malaysia, dan beberapa negara di Eropa.
UPI (bagian dari exporthub.id, milik pt usaha dagang indonesia) Mendukung akan Program untuk Mengembangkan Brand Lokal. Akselerasi Produk Anda Bersama Kami Agar Menjadi Brand Andal!
UPI membawa produk ke dalam satu sistem berbasis marketplace business-to-business (B2B), yaitu Juragans. Selain itu, kami menyediakan layanan pengembangan produk dengan kurasi kualitas, kuantitas, dan kontinuitas mulai dari meneliti mutu produk, menyediakan bahan baku, dan dukungan produksi. Untuk pertanyaan lebih lanjut silakan menghubungi (+62) 857-0887-6101 (Agnes) atau via email [email protected].