Scroll Top

Brand Communication Adalah Strategi Jitu Bisnis Makin Maju

Brand communication adalah salah satu strategi penting bagi sebuah merek agar bisa dikenal dengan baik oleh konsumen untuk membangun hubungan yang positif. Metode ini umumnya digunakan dalam dunia periklanan, baik yang tradisional hingga digital. Dengan metode yang tepat sasaran, hubungan merek dengan konsumen dapat terjalin dengan baik. 

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui secara mendalam tentang brand communication, yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Brand Communication Adalah… 

Brand Communication Adalah... 

Brand communication atau komunikasi merek dapat diartikan sebagai upaya yang dilakukan oleh merek atau perusahaan dalam membentuk citra positif dalam benak masyarakat. Citra positif yang dibangun bisa berbentuk fisik atau nilai yang tujuan utamanya ialah membangun loyalitas dan awareness tinggi dari konsumen.  

Bentuk fisik yang dimaksud dapat berupa logo perusahaan, tagline, kampanye, dan lain sebagainya, yang dapat memengaruhi konsumen untuk membeli dan menggunakan merek tersebut. Sehingga kekuatan dan nilai-nilai positif tersebut dapat terbangun dengan baik. Komunikasi merek menjadi salah satu branding yang efektif dalam menciptakan citra atau persepsi konsumen tentang sebuah merek.  

Platform komunikasi merek yang digunakan bisa bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan kampanye. Ada yang menggunakan website perusahaan, media sosial, iklan televisi, radio, media cetak, hingga billboard. Bahkan, ada yang menggunakan komunikasi langsung melalui kekuatan mulut ke mulut.  

Aspek-Aspeknya yang Wajib untuk Diketahui 

Aspek-Aspeknya yang Wajib untuk Diketahui 

Jika kamu ingin membangun komunikasi merek yang efektif dan tepat sasaran, berikut ini adalah tiga aspek pentingnya yang wajib kamu ketahui.

  • Visualisasi Merek 

Visualisasi merek adalah sebuah bentuk komunikasi yang diwujudkan dalam bentuk visual. Logo, ikon, warna merupakan bagian dari visualisasi merek. Tujuan utama dari aspek ini adalah menciptakan perbedaan dengan kompetitor di benak konsumen. Sehingga konsumen akan mengetahui perbedaan yang nyata dengan merek lainnya. 

  • Aktivasi Merek 

Aktivasi merek berguna untuk menargetkan target audience yang ingin dicapai. Merek bisa memilih berbagai paltform yang sesuai kebutuhan dalam proses aktivasi merek. Adapun media yang bisa dipilih seperti TV, media sosial, radio, out of home advertising (OOH), live event, dan lain sebagainya. Semua bisa dipilih sesuai dengan tujuan yang dicapai.  

  • Brand Awareness 

Brand awareness merupakan salah satu kemampuan seseorang untuk mengenali, memahami, dan mengingat merek sebagai bagian dari sebuah kategori tertentu. Adapun brand awareness terbagi dalam tiga kategori, yakni unaware of brand (tidak menyadari merek), brand recall (pengingat kembali terhadap merek), dan top of mind (puncak pikiran terhadap merek). 

4 Strategi Efektif Meningkatkan Brand Communication 

4 Strategi Efektif Meningkatkan Brand Communication 

Berikut ini adalah empat strategi komunikasi yang bisa kamu tiru kalau kamu pengin meningkatkan citra positif.

  • Pilihlah Platform yang Tepat 

Sebuah komunikasi brand dapat tercipta dengan sempurna ketika sebuah brand memilih saluran media yang tepat sesuai dengan target audiens yang ingin digapai. Jadi, pastikan dengan tepat target utama dari brand-mu ketika akan memilih platform untuk campaign. Karena sebagus apapun sebuah campaign tidak akan efektif ketika salah memilih platform. 

  • Pilihlah Brand Ambasador yang Tepat 

Pastikan ketika akan memilih brand ambasador (BA), mereka dapat mencerminkan nilai-nilai dari perusahaan. Sehingga dapat tercipta ikatan yang kuat antara merek dan konsumen. Pastikan juga memilih BA yang memiliki citra positif agar merek yang sudah dibangun tidak tercoreng. 

  • Ciptakan Orisinalitas 

Agar dapat dikenal luas oleh masyarakat, pastikan sebuah merek memiliki ciri khas yang membedakan dengan para kompetitornya. Sebuah produk yang memiliki keunikan akan lebih mudah dikenal konsumen. Namun, pastikan kamu membuat komunikasi yang jujur agar konsumen tidak merasa tertipu.  

  • Membuka Dialog 

Agar komunikasi dapat terjalin dengan maksimal, pastikan terdapat dua arah dalam prosesnya. Berikan fasilitas bagi konsumen untuk mengungkapkan keluhan dan pendapatnya sehingga perusahaan akan mengetahui letak kelemahan dari produknya tersebut.  

Eksporior, itulah pembahasan lengkap tentang brand communication yang sejak dahulu sudah digunakan oleh banyak perusahaan untuk tingkatkan penjualan. Dengan adanya metode ini, maka loyalitas dan kesadaran merek akan semakin meningkat yang sangat berguna bagi kemajuan perusahaan.  

Ingin Membangun Brand Communication Agar Produkmu Lebih Dikenal Konsumen? Yuk, Ikuti Pelatihan “Mahir Komunikasi Brand Anda” di GeTI Incubator (bagian dari exporthub.id, milik pt usaha dagang indonesia) Sekarang Juga! 

Ingin Membangun Brand Communication Agar Produkmu Lebih Dikenal Konsumen? Yuk, Ikuti Kelas Pelatihan “Mahir Komunikasi Brand Anda” Bersama GeTI Incubator Sekarang Juga! 

Leave a comment