Branding adalah salah satu cara ampuh yang umum dilakukan pelaku usaha agar produk atau jasa yang ditawarkan bisa dikenal oleh banyak orang. Walaupun banyak kompetitor yang bermunculan, tidak mudah menggeser dan menggoyahkan brand yang kuat dalam branding-nya. Proses branding memiliki manfaat yang sangat besar bagi keberlanjutan sebuah perusahaan atau brand.
Nah, bagi kamu yang ingin membuka usaha dan membangun sebuah branding yang kuat, yuk, intip cara-caranya di bawah ini.
Branding Adalah…
Secara etimologi, branding berasal dari bahasa Inggris, yaitu “Brand” yang memiliki arti merek. Dalam dunia bisnis, istilah ini memiliki arti sebagai pencitraan agar sebuah produk dapat memiliki daya tarik tersendiri hingga bisa melekat di benak masyarakat. Cara ini merupakan strategi dan komunikasi perusahaan dengan konsumen sebagai target pasarnya.
Dalam ilmu marketing, strategi ini dapat pula diartikan sebagai sebuah cara komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk memperkuat dan mempertahankan merek yang sudah dibangun sebagai upaya memberikan perspektif kepada orang-orang yang melihat produk tersebut.
Fungsi Besarnya bagi Kemajuan Sebuah Bisnis
Strategi ini sangat penting dan dibutuhkan dalam menjalankan sebuah bisnis. Berikut ini adalah lima fungsinya yang wajib kamu ketahui jika ingin membuka sebuah bisnis.
- Menjadi Pembeda dengan Merek Lain
Fungsi yang pertama adalah sebagai pembeda dengan produk lainnya. Karena setiap produk memiliki merek yang kuat sehingga konsumen akan lebih mudah dalam membedakannya dengan merek lainnya. Selain itu, branding dapat memberikan ciri yang sangat khas akan sebuah produk. Dengan strategi ini, sebuah produk akan selalu diingat oleh masyarakat.
- Media Promosi
Ketika sebuah produk memiliki citra yang sangat kuat di masyarakat, maka akan mudah baginya untuk mempromosikan produk barunya. Dalam hal ini memiliki fungsi yang penting bagi kemajuan sebuah perusahaan.
- Membangun Citra Perusahaan
Branding yang sukses akan mampu membangun citra perusahaan menjadi lebih baik. Sehingga ketika sebuah perusahaan memiliki citra yang baik maka produk tersebut akan lebih mudah dikenal banyak orang. Dengan citra yang baik akan dapat memberi kesan produk tersebut berkualitas.
- Alat Pengendali Pasar
Ketika sebuah merek sudah sangat terkenal di pasaran, maka akan sangat mudah bagi perusahaan untuk mengendalikan sebuah pasar. Pengendalian pasar terjadi karena masyarakat secara luas sudah sangat mengingat produk tersebut dengan sangat baik.
- Memengaruhi Psikologi Konsumen
Fungsi yang terakhir adalah untuk memengaruhi psikologi para konsumennya. Jika sebuah produk sudah memiliki nama yang sangat kuat, maka secara psikologi konsumen akan lebih percaya terhadap kualitas produk tersebut.
Elemen-Elemen Terpenting dalam Branding Adalah…
Elemen-elemen ini umumnya selalu berkaitan dengan hal-hal yang dapat terlihat secara langsung. Berikut ini adalah enam elemennya beserta penjelasannya.
- Nama Merek
Nama merek merupakan hal yang sangat penting dalam membangun strategi ini. Dengan adanya nama merek, maka sebuah produk akan lebih mudah dikenal oleh banyak masyarakat, karena memiliki identitas jelas. Hal ini juga digunakan untuk membedakan produk satu dengan yang lainnya.
- Logo Merek
Logo yang unik dan mudah diingat akan meninggalkan kesan yang baik dalam benak masyarakat. Tentu saja, ketika akan membuat logo wajib menyesuaikan dengan keunikan hingga citra yang akan dibangun sesuai merek. Sehingga tak heran banyak perusahaan yang rela mengeluarkan biaya tinggi untuk membuat logo.
- Tampilan Merek
Dalam hal ini meliputi warna dari kemasan, desain, font tulisan, dan lain sebagainya dalam tampilan visual sebuah produk. Dengan tampilan yang baik akan menciptakan citra yang positif. Product branding dalam tampilan merek juga berguna untuk mengenalkan produk baru yang akan keluar.
- Maskot Merek
Adanya maskot atau brand ambassador akan sangat membantu meningkatkan pemasaran sebuah produk. Hal ini sangat cocok dilakukan untuk promosi dan daya tarik yang kuat.
- Suara
Adanya suara dalam bentuk lagu atau jingle juga akan membantu sebuah brand lebih mudah diingat. Hal tersebut akan semakin nyata ketika lagu yang diciptakan memiliki lirik yang mudah diingat masyarakat.
- Pemilihan Kata
Ekemen ini diperlukan peranan langsung dari seorang copywriter. Copywriter akan membantu menciptakan sebuah slogan yang keren dan mudah diingat masyarakat. Sehingga penggunaan kata-kata yang pas akan menciptakan citra positif di masyarakat.
Contoh Branding yang Sukses di Tahun 2022
- Oreo x Blackpink
Setelah sukses melakukan kolaborasi dengan Lady Gaga di tahun 2021, Oreo kembali berkolaborasi dengan Blackpink. Kolaborasi ini dimulai sejak Desember 2022 hingga Maret 2023. Kolaborasi eksklusif ini hanya dilakukan di pasar Asia, dan Indonesia menjadi negara pertama yang menjadi pasar dalam kolaborasi ini.
Dari segi bisnis, kolaborasi ini sangat menguntungkan kedua belah pihak. Oreo mengalami peningkatan jumlah penjualan dan Blackpink semakin memiliki citra yang positif karena berkolaborasi dengan brand yang kuat di dunia.
Eksporior, itulah pembahasan lengkap tentang seluk-beluk dunia branding yang sangat kuat peranannya untuk bisnis semakin maju. Dengan citra yang baik, sebuah merek akan terlihat baik di masyarakat. Dan sisi naiknya produk tersebut akan semakin populer di benak masyarakat. Kamu juga bisa membangun jenis branding lainnya, seperti personal branding hingga corporate branding dengan memanfaatkan kekuatan media sosial.