Customer relationship management merupakan metode yang banyak digunakan untuk meningkatkan layanan hingga meningkatkan hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. Metode dan manajemen hubungan pelanggan terbukti ampuh meningkatkan citra dan kepercayaan konsumen terhadap sebuah brand. Hingga saat ini banyak perusahaan yang menggunakan CRM untuk mencapai dan memahami kebutuhan pelanggan.
Bagi kamu yang saat ini sedang merintis bisnis dan ingin meningkatkan loyalitas pelangganmu dengan metode penggunaan CRM, yuk, simak uraian lengkapnya di bawah ini.
Definisi Customer Relationship Management
Customer relationship management atau CRM ialah sebuah strategi bisnis yang digunakan oleh para pengusaha untuk mengelola berbagai interaksi dengan pelanggannya. Sehingga interaksi antarpelanggan dan perusahaan dapat terjalin secara dua arah. Tujuan dari dibangunnya strategi ini adalah untuk meningkatkan hubungan yang harmonis dan kepuasan dengan pelanggan. Ketika hubungan yang dibangun sudah baik, maka loyalitas pelanggan terhadap produk atau brand akan terjalin dengan maksimal. Maka secara otomatis pendapatan perusahaan akan meningkat dengan maksimal.
3 Komponen Utamanya yang Wajib Diketahui
Berikut ini adalah tiga komponen utamanya yang wajib diketahui untuk tingkatkan performa bisnis.
- Sistem Manajemen
Sistem manajemen dalam hal ini menyangkut pihak-pihak yang turut terlibat dalam kegiatan dan interaksi dengan para pelanggan. Adapun yang masuk dalam kategori ini adalah tim sales, agen call center, tim marketing, dan lain sebagainya.
- Hubungan Pelanggan
Hal ini menjadi poin penting karena berkaitan dengan upaya perusahaan dalam menciptakan hubungan positif kepada pelanggannya. Perusahaan akan berusaha memberikan pelayanan dan solusi terbaik untuk para pelanggan agar mereka merasa puas.
- Pelanggan
Pelanggan adalah hal yang paling penting bagi sebuah perusahaan. Sehingga diperlukan CRM berkualitas untuk tingkatkan loyalitas. Pelanggan dalam hal ini meliputi calon pelanggan hingga pelanggan tetap. Sehingga perusahaan akan mendapatkan pelanggan baru namun tetap mempertahankan pelanggan lama.
Tujuan CRM bagi Sebuah Perusahaan
Tujuan yang paling dasar dari CRM adalah memperoleh beragam informasi secara menyeluruh tentang perilaku para pelanggannya. Namun, ada pula tujuan lainnya yang perlu diketahui.
- Menyimpan Data Pelanggan
CRM secara terstruktur akan menyimpan data-data pelanggan seperti nama, alamat, nomor telepon, daftar belanja, dan sebagainya, lalu mengelolanya untuk kepentingan bisnis.
- Mengelola Komunikasi Pelanggan
CRM akan membantu mengelola berbagai komunikasi pelanggan yang sangat berguna untuk tingkatkan performa bisnis. Pada umumnya, CRM menggunakan berbagai saluran, seperti telepon, media sosial, e-mail, WhatsApp, dan sebagainya.
- Analisis Data Pelanggan
Dengan bantuan CRM maka perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan analisis beragam data pelanggan. Sehingga berbagai kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi dengan maksimal.
- Kelola Pelanggan Loyalitas
CRM juga sangat fokus mengelola berbagai pelanggan yang memiliki loyalitas tertinggi. Perusahaan akan memberikan hadiah, dan keuntungan lainnya bagi pelanggan yang loyal. Harapannya, akan semakin banyak pelanggan yang loyal terhadap produk tersebut.
- Sumber Informasi
Perusahaan juga akan menyediakan berbagai informasi bagi para pelanggannya sehingga berbagai permasalahan yang dihadapi bisa tertangani dengan baik.
6 Manfaat Customer Relationship Management bagi Peningkatan Perusahaan
Berikut ini adalah enam manfaat yang akan diperoleh ketika mereka menerapkan CRM dengan baik.
- Tingkatkan Kepuasan Konsumen
CRM memiliki keunggulan dalam menyediakan berbagai layanan pelanggan. Sehingga perusahaan telah memberikan perhatian kepada pelanggan untuk memenuhi setiap kebutuhannya. Dari layanan tersebut, pelanggan merasa terbantu akan layanan yang diberikan. Tentu saja hal ini akan menciptakan hubungan timbal balik yang positif.
- Ciptakan Loyalitas Pelanggan
Apabila CRM diterapkan secara baik, maka secara otomatis loyalitas pelanggan juga turut meningkat. Sehingga perusahaan akan mendapatkan banyak keuntungan dari hal ini.
- Tingkatkan Omzet Perusahaan
Semakin loyal sebuah pelanggan maka semakin tinggi pula jumlah pembelian yang akan dia lakukan. Tentu saja melalui hal ini omzet perusahaan akan meningkat seiring berjalannya waktu.
- Dorong Efisiensi Bisnis
Perusahaan akan lebih mudah dalam mengelola berbagai interaksi pelanggan secara efektif sehingga efisiensi bisnis akan semakin meningkat tanpa terpecah ke dalam beberapa golongan. Jadi, perusahaan akan lebih fokus mengelola unit bisnis yang lainnya.
- Mencegah Kehilangan Pelanggan
Dengan kemampuan perusahaan dalam menangani dan memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan, maka perusahaan telah berhasil memberikan kepuasan terhadap pelanggannya. Sehingga hal-hal buruk seperti kehilangan pelanggan dapat dicegah dengan maksimal.
- Tingkatkan Penjualan
Adanya sistem CRM akan memudahkan perusahaan melakukan penjualan dan meningkatkannya. Dengan menyediakan beragam informasi bagi pelanggannya, maka perusahaan turut meningkatkan penjualan produk atau jasa yang mereka tawarkan.
Eksporior, itulah pembahasan lengkap tentang customer relationship management yang sangat penting peranannya bagi kemajuan sebuah bisnis. Apalagi jika kamu berencana mengembangkan bisnismu melalu kanal digital, maka CRM bisa menjadi salah satu pilihan untuk menarik pelanggan dengan memberikan layanan terbaik. Sehingga pengelolaan bisnis akan berjalan dengan baik dan mampu bersaing dengan beragam kompetitor.