Scroll Top

Ekosistem Ekspor: Visi ExportHub.id Globalkan Produk Lokal

Eksporior, pada 20 Juli 2022, ExportHub.id (milik PT Usaha Dagang Indonesia) mengadakan town hall secara hybrid, yang dihadiri segenap jajaran direksi dan karyawan, di Great Western Resort, Tangerang dan Grand Slipi Tower, Jakarta. Acara ini dilangsungkan untuk merefleksikan pencapaian yang telah dilakukan sepanjang semester pertama 2022 dan strategi untuk meraih pencapaian selanjutnya sebagai ekosistem ekspor di semester kedua.

Town hall yang mengusung tema “Gotta Move, Gona Win” ini diikuti oleh masing-masing unit bisnis yang ada di dalam ekosistem ExportHub.id. Pada acara ini, dilakukan pembahasan mengenai strategi merealisasikan visi sebagai ikon perdagangan global Indonesia.

Simak ulasan town hall ini, ya, Eksporior!

Ambisi Membawa Produk Lokal Go Global sebagai Visi Ekosistem Ekspor Indonesia

ExportHub.id, Ekosistem Ekspor yang Wujudkan Produk Indonesia Go Global 

ExportHub.id hadir membawa solusi ekspor bagi para pelaku UKM/IKM yang ingin memasuki pasar mancanegara. Adapun komitmen ini berangkat dari fakta di lapangan bahwa terdapat lima tantangan dalam merealisasikan ekspor bagi usaha dan industri kecil dan menengah di Indonesia.

5 Tantangan UKM/IKM Menembus Pasar Global 

  • Financing 

Banyak pelaku usaha termasuk UMKM yang mempunyai modal terbatas seringkali kesulitan untuk mengakses pembiayaan karena suku bunga tinggi, serta prosesnya yang cukup memakan waktu, dari permaslahan tersebut, ExportHub memberikan solusi dalam pembiayaan.

  • Human Resources 

ExportHub terus memberikan pendampingan guna meningkatkan SDM agar mampu mengelola perusahaanya, sehingg mereka mampu menghaislkan produk yang berkualitas dan berdaya saing global. 

  • Logistic 

Rendahnya standarisasi sebuah produk agar sesuai targer global adalah salah satu penghalang produk Indonesia menembus pasar global, sehingga tantangan logistic tak bisa di pandang sebelah mata. 

  • Regulation 

Banyak perusahaan yang tak memahami seluk beluk legalitas, nomor induk berusaha, izin ekspor produk, perpajakan hingga hak atas kekayaan dan intelektual.  

  • Access to Global Marketing 

Tak bisa dipungkiri, bahwa beragam informasi tentang peluang dan jangkauan ekspor masih sangat terbatas, hal itu semakin diperparah dengan minimnya wawasan pemanfaatan market research dan digital platform. 

GeTI Incubator dan Strategi Menjadi LPK Terbaik di Indonesia 

Town Hall: GeTI Incubator Menjadi LPK Terbaik di Indonesia 

Sebagai lembaga pelatihan kerja (LPK) berbasis inkubasi dengan tujuan mencetak jutaan anak bangsa kompeten yang berjiwa enterpreneurship, GeTI Incubator terus menorehkan beragam prestasi yang sangat membanggakan. GeTI Incubator terus dipercaya oleh kementerian dan lembaga pemerintah seperti Kemenperin RI, Kemenlu RI, dan Disnaker Kota Tangerang untuk memberikan pelatihan dan pendampingan.

Sebagai mitra resmi program Kartu Prakerja, GeTI Incubator tercatat sebagai 15 LPK teratas dengan 37 kelas unggulan yang diminati oleh lebih dari 18.000 peserta. Tahun ini, GeTI Incubator pun mendapatkan kehormatan sebagai tamu undangan Temu Raya Prakerja yang juga dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Selain itu, GeTI Incubator pun menjadi bagian dari pencanangan Global Halal Hub yang dilaksanakan pada 27 Januari 2022 dan dihadiri oleh Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin. Bersama BAKTI Kominfo, LPK andalan di dalam ekosistem ekspor ExportHub.id ini menginisiasi program One Village One YouTuber (OVOY) dan menggalakkan program digitalisasi di daerah 3T.

Tidak luput, GeTI Incubator juga terus menguatkan kolaborasi bersama perguruan tinggi kenamaan Indonesia, seperti Universitas Gadjah Mada, dalam program Future Skills. Kompetensi digital pun GeTI Incubator sebarkan ke sejumlah pesantren Indonesia dengan mengadakan pelatihan dan uji kompetensi santri bersama Kemenag RI.

Karena tingginya peminat yang ingin mengikuti pelatihan, terutama dari masyarakat perdesaan, kini GeTI incubator terus berfokus memberikan tambahan kelas agar reevan dengan masyarakat perdesaan. Ini turut menjadi kontribusi dalam upaya pemerintah melakukan digitalisasi bagi desa-desa di tanah air.

AeXI Wujudkan Produk Indonesia Tembus Mancanegara, Penguat Ekosistem Ekspor Indonesia!  

AeXI Wujudkan Produk Indonesia Tembus Mancanegara, Penguat Ekosistem Ekspor Indonesia!  

AeXI sebagai akselerator dengan akses digital ke 3 platform e-commerce business to business (B2B) berskala internasional, yakni Alibaba, Go4WorldBusiness, dan IndonesiaHub.com, telah terbukti membantu UKM menembus pasar global. Tak heran jika AeXI terus bergerak maju menorehkan beragam prestasi yang sangat membanggakan. Akselerator ekspor kebanggaan ExportHub.id ini telah berhasil mengelola UKM binaan kementerian, Bank Indonesia, dan BUMN.

UPI, sebagai Ekosistem Ekspor, Menjadi Jembatan Pelaku Usaha untuk Berjaya di Dalam Negeri 

UPI, sebagai Ekosistem Ekspor, Menjadi Jembatan Pelaku Usaha untuk Berjaya di Dalam Negeri 

UPI atau Usaha Perdagangan Indonesia, yang juga bagian dari ExportHub.id, terus berkomitmen memenangkan pasar lokal dengan membantu mendistribusikan produk-produk lokal ke semua penjuru nasional. 

Selain berkomitmen penuh memajukan perdagangan lokal, UPI terus menggenjot performanya dengan membantu para pedagang lokal agar mampu mempersiapkan diri memasuki pasar global yang tentu berskala lebih besar melalui model bisnis B2B. Kini, UPI tengah melakukan strategic partnership dengan beberapa perusahaan besar karena kredibilitasnya yang sudah diakui dan tak perlu diragukan lagi.

Semoga di semester berikutnya pencapaian ExportHub.id akan berkelanjutan dan visi sebagai ikon ekosistem perdagangan global kebanggaan Indonesia dapat terwujudkan!

Leave a comment