Scroll Top

Influencer Adalah Pendongkrak Bisnis, Ini 4 Manfaatnya!

Saat ini, istilah influencer adalah hal yang sangat populer di Indonesia. Tapi, kira-kira apakah kamu sudah mengetahui definisinya?

Sebab, ternyata masih banyak orang yang mengartikan influencer sama dengan selebritas. Nah, biar kamu tidak salah mengartikan, berikut akan dibahas dalam artikel berikut. 

Influencer Adalah… 

Influencer Adalah... 

Secara sederhana, influencer atau pemengaruh merupakan orang yang mampu memberikan pengaruh di media sosial, terutama dalam keputusan pembelian. Selebritas, YouTuber, blogger, atau orang penting di sebuah komunitas adalah termasuk golongan influencer.  

Apa Itu Influencer Marketing? 

Influencer marketing merupakan cara yang dilakukan sebuah brand untuk mempromosikan atau menjual produknya melalui endorsement yang dilakukan oleh si influencer tersebut. 

6 Jenisnya yang Wajib Diketahui untuk Berbagai Kebutuhan Bisnis 

Jenis Influencer yang Wajib Diketahui untuk Berbagai Kebutuhan Bisnis 

Secara umum, seorang pemengaruh dapat dibedakan ke dalam lima golongan. Berikut ini penjelasannya.

  • Mikro 

Yang termasuk dalam ketegori mikro adalah jika jumlah pengikut di kisaran 10 ribu pengikut atau kurang. Kelebihannya adalah memiliki kekuatan keterikatan dengan para pengikutnya secara kuat. Selian itu, jenis ini juga bisa membuat konten yang sangat relevan sesuai dengan para pengikutnya.  

  • Makro 

Jenis ini memiliki pengikut lebih dari 100 ribu orang. Umumnya, mereka sudah terkenal walau tidak seterkenal selebritas. Dengan jumlah pengikut yang lumayan banyak, mereka sangat berpotensi untuk mempromosikan produknya ke lebih banyak orang. 

  • Premium 

Jenis ini merupakan salah satu pemengaruh yang memiliki pengikut hingga jutaan orang. Karena jumlah pengikutnya mencapai jutaan, maka ia mampu menjangkau audiens yang sangat besar.  

  • Selebgram 

Selebgram atau selebritas Instagram merupakan seorang public figure yang menggunakan media Instagram untuk mempromosikan sebuah brand.  

  • YouTuber 

Sesuai dengan namanya, YouTuber merupakan orang yang berkarya menggunakan media YouTube dan memberikan sebuah informasi sesuai dengan keahliannya. Peran seorang YouTuber sangatlah besar dalam mempromosikan sebuah brand agar dikenal lebih luas oleh masyarakat. 

  • Blogger 

Blogger merupakan istilah untuk orang yang memiliki dan mengelola sebuah blog. Kekuatan blogger adalah mereka mampu meyakinkan pembacanya untuk mencoba produk yang mereka review.  

5 Langkah Mudah Memilih Influencer

5 Langkah Mudah Cara Memilih Influencer Adalah Sebagai Berikut 

Jika kamu akan menggunakan jasa seorang pemengaruh untuk campaign produkmu, berikut ini 5 tips yang bisa kamu lakukan agar kamu tidak salah pilih pemengaruh.  

  • Cek Riwayat Sang Pemengaruh 

Selalu perhatikan jenis brand yang pernah dipromosikan si pemengaruh tersebut. Apalagi jika ternyata jenis usahanya sama. Tujuan dari mencari informasi tersebuT supaya kamu tidak dianggap ikut-ikutan oleh si kompetitor.

  • Pertimbangkan Keasliannya 

Kamu jangan mudah tertipu dengan jumlah like dan peNgikut yang mencapai ribuan. Karena ada banyak influencer yang menggunakan pengikut dan like bodong.

  • Sesuaikan Budget yang Dimiliki 

Jika budget-mu masih terbatas, bekerja sama dengan golongan mikro merupakan solusi terbaik yang bisa dilakukan. Selain lebih hemat, kesempatan produkmu dikenal luas akan lebih mudah. 

  • Sesuaikan dengan Target Bisnis 

Target bisnis sangat berguna untuk mengetahui jenis kelompok konsumenmu sehingga kamu bisa menerapkan jenis langkah yang bisa dilakukan agar semakin tepat sasaran. Sebagai contoh, jika kamu berjualan produk makanan, maka kamu bisa menggunakan jasa influencer yang membuat konten tentang makanan. 

  • Memiliki Reputasi Baik 

Selalu pastikan bahwa influencer tersebut memiliki citra yang positif di tengah masyarakat. Sebab, jika kamu memilih yang bermasalah bisa berdampak buruk terhadap produkmu.  

4 Manfaat Influencer untuk Mendongkrak Bisnis 

Manfaat Influencer Adalah untuk Tingkatkan Bisnis 

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan sebuah brand yang bekerja sama dengan pemengaruh.

  • Menjangkau Target Audeiens 

Jika kamu tepat memilih pemengaruh untuk mempromosikan bisnismu, maka ini bisa menjadi senjata yang tepat untuk menjangkau audiens yang selama ini ditargetkan.  

  • Meningkatkan Brand Awareness 

Seorang pemengaruh juga bisa membuat sebuah brand semakin dikenal ketika ia melakukan review secara intens. 

  • Meningkatkan Kredibilitas 

Ketika seorang pemengaruh melakukan promosi sebuah produk, bisa dipastikan bahwa produk tersebut ikut meningkat kredibilitasnya. 

  • Hemat Budget 

Dibanding iklan tradisional yang biayanya sangat mahal, kamu bisa bekerja sama dengan pemengaruh yang dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki.  

Simak! 5 Cara Mudah Menjadi Influencer Adalah…

Simak, 5 Cara Mudah Menjadi Influencer Adalah...

Jika kamu bercita-cita menjadi seorang pemengaruh, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan. 

  • Bangun Personal Branding 

Agar branding-mu semakin terbangun, buatlah konsep konten yang baik, matang, terstruktur dan berkualitas.  

  • Tentukan Target 

Kamu harus mampu menentukan target audiensmu agar konten yang dibuat lebih tepat sasaran. 

  • Buat Jadwal Posting 

Kamu juga wajib konsisten untuk mengunggah konten untuk menjadi seorang pemengaruh yang sukses.  

  • Upgrade Kemampuan 

Kamu harus update terhadap perkembangan teknologi agar karyamu semakin kekinian sesuai dengan perkembangan pengguna media sosial.

Beberapa Influencer Paling Berpengaruh di Indonesia 

  • Jerome Polin (6,9 juta Pengikut) 

Konten yang dia buat tentang edukasi yang sangat menginspirasi banyak remaja di Indonesia.  

  • SiBungBung (1 Juta Pengikut) 

Konten yang dia buat tentang review beraneka makanan yang juga banyak disorot media asing. 

  • Tasya Farasya (5,8 Juta Pengikut) 

Konten yang dia buat tentang tips kecantikan dan review beragam makeup dan skin care.  

  • Dokter Medok (239K Pengikut) 

Dokter Adrian menggunakan media sosial Instagram untuk membuat konten kesehatan dengan cara yang sangat menarik. 

Nah, Eksporior, itulah pembahasan lengkap tentang influencer yang dapat membantu sebuah bisnis berkembang lebih baik.  

Ingin Kembangkan Bisnis Menjadi yang Terdepan? Ikuti Pelatihan “Mengelola Konten Kreatif & Komersial Optimalisasi Media Sosial Bagi Pedagang Melalui Internet” Bersama GeTI Incubator (bagian ekosistem exporthub.id, milik pt usaha dagang indonesia)! 

Leave a comment