Scroll Top

Marketplace Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Perkembangan teknologi yang terus bertambah pesat membuat hampir dari seluruh aktivitas manusia menjadi jauh lebih mudah dan instan. Orang-orang bisa dengan mudah melakukan kegiatan yang disukainya seperti hobi, dan juga sampai kegiatan yang penting seperti melakukan transaksi jual-beli atau yang bisa disebut sebagai belanja online. Masyarakat saat ini bisa dengan mudah untuk melakukan transaksi bisnis melalui online shop, e-commerce, dan juga marketplace yang merupakan sebuah fasilitas kegiatan jual-beli dan bisa dilakukan secara online dengan memperhatikan hasil pencarian melalui ponsel.

Dalam kegiatan jual-beli yang dilakukan secara tradisional, masyarakat biasanya membutuhkan tempat untuk dijadikan sebagai toko dari produk-produk yang akan mereka jual, yaitu pasar. Marketplace adalah sebuah istilah yang mulai digunakan untuk menyebut pasar sejak berdirinya eBay dan Craiglist pada tahun 1995. Kebanyakan masyarakat mengetahui jika marketplace adalah sebuah platform yang mewadahi kegiatan jual-beli online dan beranggapan jika online shop, juga e-commerce memiliki pengertian yang sama. Namun pada kenyataanya ketiga istilah tersebut memiliki arti yang berbeda. Lalu, apakah perbedaanya?

Pengertian dari Marketplace Adalah…

Marketplace adalah platform yang menyediakan tempat bagi para penjual untuk berjualan dengan menjual barang atau menjual produknya juga mewadahi para pembeli agar bisa membeli produk-produk yang mereka perlukan. Setelah itu mereka juga bisa melakukan promosi melalui media sosial. Keuntungan yang didapatkan pihak marketplace berasal dari komisi yang harus dibayarkan oleh para penjual yang berjualan di marketplace tersebut. Platform dalam marketplace adalah pasar dalam bentuk aplikasi atau website dengan fasilitas berupa pengelolaan website sampai metode pembayaran oleh perusahaan yang menyediakannya.

Menurut Para Ahli, Marketplace Adalah…

Ada banyak sekali pengertian mengenai marketplace yang dikemukakan oleh para ahli. Namun, kita tidak akan membahas semuanya dan hanya mengambil tiga pengertian mengenai apa itu marketplace yang mereka kemukakan.

1. Menurut Opiida

Marketplace adalah media online berbasis internet yanag digunakan sebagai tempat transaksi bisnis, dimana pembeli bisa mencari penjual sebanyak mungkin sesuai kriteria dengan harga pasar.

2. Menurut Strauss

Marketplace adalah pemakaian data elektronik serta aplikasi perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, harga sebuah ide, distribusi barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang sesuai dengan tujuan.

3. Menurut Smith Dkk

Online Marketing adalah penerapan teknologi digital sebagai sarana untuk mencapai tujuan pemasaran.

Dari ketiga pengertian di atas marketplace adalah media online berbasis internet yang menerapkan teknologi digital dengan memakai data elektronik, aplikasi perencanaan untuk dijadikan sebagai tempat transaksi bisnis bagi para penjual dan pembeli agar bisa mencapai tujuan dari pemasaran. Sedangkan online shop adalah istilah untuk toko yang dioperasikan secara online yang merujuk pada toko tunggal di dalamnya untuk menjual produk mereka sendiri. Lalu e-commerce adalah istilah untuk merangkum seluruh kegiatan jual-beli juga apapun yang bersangkutan di dalamnya, seperti penyebaran, penjualan, pembelian, serta pemasaran barang dan jasa melalu media elektronik.

Baca juga: UMKM BIDANG KULINER MASUK SHOPEE? BISA DONG!

5 Jenis dan Contoh Marketplace

Contoh dari marketplace adalah sesuatu yang terbentuk dari beberapa jenis-jenis yang ada dengan menyesuaikan tipe kerjasama dan jenis produk yang ditawarkan. Ada sekitar lima jenis beserta contoh-contohnya.

1. Marketplace Global

Global marketplace adalah tempat di internet atau website yang mewadahi kegiatan jual-beli segala macam jenis produk dan jasa yang berasal dari banyak negara yang berbeda. Adapun contoh dari jenis ini, yaitu:

  • eBay
  • Etsy
  • Shopee (Southeast Asia)
  • Amazon

Baca juga: 7 Jenis Tanaman Hias yang Potensial untuk Diekspor di Tahun 2022

2. Marketplace Horizontal

Merupakan tempat jual-beli online yang biasanya melabeli diri dengan sebutan “Toko serba ada” karena banyak menyediakan berbagai macam jenis produk dan jasa di dalamnya. Marketplace jenis ini juga mengutamakan kenyamanan sebagai nilai jual utamanya. Contoh dari jenis ini yang berasal dari brand dalam negeri, yaitu:

  • Bukalapak, dan
  • Tokopedia

3. Marketplace Murni

Karena marketplace adalah tempat dimana para penjual bisa memasarkan dan mengiklankan produk serta jasa mereka dengan menyertakan beberapa foto produk bersama deskripsinya secara pribadi, membuat penjual merasa lebih leluasa daripada jenis konsinyasi. Dengan keleluasaan yang diberikan ini, penjual dan pembeli bisa saling melakukan penawaran harga sampai kedua belah pihak bisa sepakat atas harganya. Contoh dari jenis ini adalah:

  • Amazon
  • Lazada
  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Blibli
  • Shopee

4. Marketplace Vertikal

Jika pada poni kedua tadi ada yang berjenis horizontal yang banyak menawarkan macam-macam produk, maka ada juga jenis vertikalnya yang hanya menawarkan produk dari kategori tertentu saja. Seperti misalnya Sociolla yang fokus penjualannya ada pada produk kosmetik dan perawatan tubuh.

5. Marketplace Konsinyasi

Adalah jenis marketplace yang menawarkan sistem titip barang. Contohnya seperti Zalora dan Sociolla. Untuk membuka toko di sini penjual hanya cukup menyediakan produk beserta deskripsinya. Urusan penjualan seperti ketersediaan gudang untuk menaruh barang, foto produk, fasilitas pembayaran, serta pengemasan dan pengiriman barang akan dilakukan oleh pihak yang menyediakan tempat.

Baca juga: Ide Bisnis Online yang Cocok Untuk Anak Rumahan

Itulah pembahasan mengenai apa itu “Pasar” yang beroperasi secara online di zaman sekarang ini. Mulai dari pengertian menurut para ahli, perbedaannya dengan online shop dan e-commerce, jenis dan juga contohnya. Semoga dengan adanya pembahasan ini kalian biasa menentukan “Pasar” yang sesuai dengan produk juga target pasar kalian. Dengan begitu kalian bisa lebih mengoptimalisasikan keuntungan yang akan didapatkan dari hasil penjualan yang ada.

Global Gold Supplier Terus Berkomitmen Memberikan Solusi Satu Atap untuk Akselerasi UKM Indonesia Menembus Pasar Internasional

Global Gold Supplier Terus Berkomitmen Memberikan Solusi Satu Atap untuk Akselerasi UKM Indonesia Menembus Pasar Internasional

Global Gold Supplier sebagai partner dari Alibaba.com hadir untuk menjalin kolaborasi dengan UKM yang ingin menjual produknya ke pasar global melalui platform digital. Kami berkomitmen untuk menghadirkan solusi satu atap yang menjadi jawaban atas permasalahan yang dihadapi UKM Indonesia. Tunggu apa lagi? Klik gambar di atas untuk bergabung bersama kami!

Leave a comment