Scroll Top

Mulai Ekspor? Perhatikan 3 Hal Ini Terlebih Dahulu!

Ekspor merupakan salah satu kegiatan perdagangan yang berperan krusial terhadap peningkatan taraf perekonomian nasional. Ia mampu memberdayakan SDM karena berpotensi memperluas lapangan pekerjaan serta memperbanyak devisa negara sebagai instrumen penting pembangunan. Namun, terdapat sejumlah hal penting sebelum UKM/IKM dapat bergerak untuk mulai ekspor.

Memahami Perbedaan Perdagangan Lokal dan Global

Mulai Ekspor? Perhatikan 3 Hal Ini Terlebih Dahulu!
Sumber: Pexels/Artem Podrez

Menjalankan kegiatan perdagangan di pasar mancanegara tentu berbeda dengan di pasar domestik. Terdapat sejumlah perbedaan yang menjadi dasar mengapa prosedur, persyaratan teknis, kelengkapan dokumentasi, dan pelaksanaan komunikasi ekspor berlainan dengan kegiatan perdagangan di dalam negeri.

Berikut adalah beberapa faktor yang menjadi pembeda tersebut antara lain:

  1. Jarak antara penjual dan pembeli;
  2. Tempo pengiriman barang;
  3. Alat transportasi;
  4. Kebijakan serta hukum perdagangan negara, penggunaan bahasa, mata uang; dan lain-lain.

Melihat faktor-faktor tersebut, tidak ayal bahwa risiko melakukan ekspor jauh lebih besar daripada menjual secara lokal. Selain itu, ekspor pun membutuhkan pelaksanaan hal-hal terkait lainnya, contohnya administrasi, yang memerlukan waktu, anggaran, dan pertimbangan tersendiri.

Menyiapkan SDM yang Memahami Ekspor

Mulai Ekspor? Perhatikan 3 Hal Ini Terlebih Dahulu!
Sumber: Pexels/Mikhail Nilov

Sebelum memutuskan untuk melakukan ekspor, pelaku UKM/IKM perlu terlebih dahulu menganalisis pengelolaan usaha. Agar usaha dapat menghasilkan keuntungan dan mencapai perkembangan, SDM di dalamnya harus memiliki kemampuan manajemen bisnis yang andal. Untuk itu, SDM tersebut harus memahami bagaimana UKM/IKM mampu memperoleh keberlanjutan bisnis ketika ekspor berhasil berjalan.

UKM/IKM dapat maju dan bertahan apabila SDM di dalamnya berhasil menciptakan daya saing jangka panjang agar produk dapat menonjol di tengah kompetisi pasar global. Nilai-nilai dari daya saing tersebut meliputi harga, kualitas, dan pelayanan. Jika pelaku UKM/IKM memiliki terkait kompetensi perdagangan internasional, maka kinerja ekspor pun dapat berkesinambungan.

Adapun beberapa hal yang perlu dikuasai sebelum UKM/IKM dapat mulai ekspor adalah sebagai berikut:

  1. Wawasan tentang pasar negara tujuan yang termasuk informasi, permasalahan, hukum, permintaan, pasokan, dan lain sebagainya.
  2. Kemampuan dalam mengimplementasikan strategi pemasaran yang efektif.
  3. Kecakapan dalam meninjau dan menganalisis hasil dari strategi pemasaran.
  4. Pengetahuan atas standar peraturan dan kebijakan perdagangan internasional yang berlaku.
  5. Keahlian dalam mengelola produksi barang.

Menetapkan Produk yang Layak sebelum Mulai Ekspor

Mulai Ekspor? Perhatikan 3 Hal Ini Terlebih Dahulu!
Sumber: Pexels/Ketut Subiyanto

Dalam menentukan produk yang akan dikirim ke pasar luar negeri, penting untuk mula-mula mengetahui prospek sebuah produk di pasar negara tujuan berikut peraturan serta ketentuan mengenai produk tersebut di negara tersebut. Selain itu, perlu diketahui pula Harmonized Code System produk tersebut, yakni metode numerik standar untuk mengklasifikasikan produk yang diperdagangkan di pasar global.

Kemampuan produk lokal bersaing di pasar global merupakan hal yang krusial. UKM/IKM dapat menentukan produk layak ekspor dengan mempertimbangkan potensinya di dalam negeri dan daya saingnya di pasar internasional. Kemudian, selain dari segi kualitas, penting pula untuk mengetahui kuantitas dan kontinuitas dari suatu produk agar ekspor dapat berkelanjutan.

Dukung UKM/IKM Mulai Ekspor, ExportHub.id Persembahkan Ekosistem Perdagangan Global

Mulai Ekspor? Perhatikan 3 Hal Ini Terlebih Dahulu!
Sumber: Pexels/fauxels

Di ExportHub.id, kami memahami bahwa UKM/IKM mula-mula harus memiliki kesiapan menyeluruh sebelum mampu melangkah ke ranah ekspor. Oleh karena itu, kami menyediakan pelatihan berbasis inkubasi untuk menciptakan peningkatan kompetensi para pelaku UKM/IKM melalui GeTI Incubator. SDM di dalam UKM/IKM akan dipandu untuk menguasai keterampilan ekspor yang didukung dengan sistem digital melalui 5 skema sertifikasi sebagai berikut:

  1. Penjualan Daring (Store Operator
  1. Pemasaran Daring (Digital Marketing
  1. Periklanan Daring (Digital Creative
  1. Perdagangan Ekspor (Digital B2B Global Export
  1. Administrasi Logistik Ekspor (Export Logistics Administration

Tidak berhenti sampai di situ, kami pun memiliki akselerator perdagangan global dengan layanan terintegrasi di AeXI dan UPI (keduanya bagian dari ExportHub.id, milik PT Usaha Dagang Indonesia), yang berfungsi sebagai jembatan bagi UKM/IKM dan pembeli mancanegara dengan membuka luas akses menuju pasar global.

Bergabunglah di dalam orkestra kami untuk memulai perjalanan ekspor produk lokal unggulan Anda. Mari dorong UKM/IKM dalam negeri menjadi pemain kunci di pusaran perdagangan luar negeri! DF/ExportHub.id

Leave a comment