Packaging adalah salah satu penentu keputusan calon konsumen untuk membeli produk dibandingkan produk lainnya walaupun fungsi dan manfaatnya sama. Dengan packaging yang menarik, akan lebih mudah menggaet calon konsumen karena berbeda dengan kompetitornya.
Nah, jika kamu ingin mengetahui lebih dalam tentang seluk-beluk packaging untuk kebutuhan bisnis, yuk, simak selengkapnya di bawah ini.
Packaging Adalah…
Secara sederhana, packaging atau pengemasan adalah sebuah proses untuk melindungi dan memberikan informasi kepada konsumen seputar produk yang diproduksi oleh sebuah merek perusahaan. Proses ini sangatlah penting dalam sebuah kegiatan produksi. Artinya, produk bisa disimpan dengan aman dan bisa dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya.
Selain itu, dengan adanya packaging, sebuah produk dapat membuat branding yang lebih marketable sebagai cerminan identitas merek yang akan sangat berguna untuk memenangkan persaingan bisnis.
Pentingnya Sebuah Packaging bagi Sebuah Merek
Inilah pentingnya sebuah pengemasan pada sebuah produk dalam memenangkan persaingan market.
Manfaatnya bagi Produsen
- Sebagai Bahan Distribusi
Dengan pengemasan yang baik dan terstandar, sebuah perusahaan dapat mendistribusikan produknya dengan aman dari pabrik hingga ke tangan pedagang atau konsumen.
- Sebagai Bahan Penyimpanan
Dengan adanya pengemasan, maka sebuah produk dapat tersimpan dan terjaga kualitasnya dengan baik.
- Sebagai Bahan Promosi
Kemasan produk bisa menjadi alat pemasaran gratis bagi sebuah merek untuk memikat calon konsumen dalam membeli produk.
- Sebagai Pengaman
Dapat menghindari produk rusak atau cacat sebelum diterima konsumen.
Manfaatnya bagi Konsumen
- Sebagai Bahan Identifikasi
Dengan adanya pengemasan, maka calon konsumen akan mampu membedakan antara produk satu dengan produk lainnya walaupun fungsinya mungkin sama.
- Sebagai Sumber Informasi
Pengemasan juga bisa membantu konsumen memperoleh informasi mengenai tata cara penggunaan produk tersebut.
- Sebagai Sumber Keamanan
Dengan adanya sebuah kemasan dapat melindungi konsumen dari kandungan zat berbahaya dari dalam produk. Contohnya, bahan kimia pada sebuah produk.
Beragam Fungsinya yang Wajib Diketahui
Berikut ini fungsi-fungsinya yang sangat berguna untuk keamanan sebuah produk.
- Sebagai Pembungkus
Fungsi ini merupakan dasar bagi sebuah produk agar tetap aman, terutama Ketika akan di distribusikan.
- Sebagai Pelindung
Dengan adanya packaging, maka kualitas, rasa, fitur, hingga kegunaan sebuah produk dapat tetap terjaga dari beragam kerusakan yang merugikan.
- Unique Selling Point (USP)
Pengemasan bisa memberikan USP sehingga konsumen akan lebih mudah untuk mengidentifikasinya.
- Memudahkan Konsumen
Dengan adanya pengemasan, maka konsumen akan lebih mudah untuk membawa hingga menggunakan produk tersebut.
- Sebagai Media Komunikasi
Dengan adanya labelling pada sebuah kemasan, maka sebuah merek akan jauh lebih mudah untuk mengomunikasikan nilai-nilai tersebut kepada konsumen.
- Penambah Nilai Estetika
Dengan adanya kemasan, maka sebuah produk akan terlihat jauh lebih menarik dan unik. Sehingga akan meningkatkan nilai jual dari produk tersebut.
Jenis-Jenisnya untuk Beragam Kebutuhan Produk
Berikut ini akan dijabarkan jenis-jenisnya berdasarkan kegunaan dan tujuannya.
- Packaging Primer
Jenis ini merupakan sebutan untuk sebuah pengemasan yang langsung membungkus produknya. Jenis ini akan sangat membantu konsumen untuk memperoleh beragam produk knowledge hingga identifikasi produk. Jika sebuah produk tidak menggunakan pengemasan primer, maka akan memunculkan beragam risiko pada produk tersebut, seperti kerusakan hingga penurunan daya jual.
- Packaging Sekunder
Saat proses point of sale, jenis ini umumnya digunakan untuk mengelompokkan unit-unit tiap produk menjadi satu. Dengan begitu, akan sangat membantu dalam proses manajemen inventory seperti pengelompokkan hingga identifikasi produk.
- Packaging Tersier
Jenis ini biasa disebut sebagai bulk, untuk mengelompokkan beragam produk dalam jumlah yang lebih besar ketika akan dipindahkan dari titik A ke B. Dengan adanya jenis pengemasan ini, maka akan sangat memudahkan perpindahan sebuah produk dalam jumlah besar dengan lebih aman dan mudah.
Tips Memilih Sebuah Packaging untuk Kebutuhan Produk
Jika kamu ingin mencari dan memilih kemasan untuk kebutuhan bisnismu, berikut ini tips sederhana yang bisa kamu lakukan.
- Sesuaikan Produk dengan Kemasan
Ingat, jangan terlalu besar atau kecil ketika akan mengemas sebuah produk. Selalu usahakan menyisakan ruangan kosong pada kemasan produkmu. Jadi, kamu membuat kemasan sesuai dengan kebutuhan dan ukuran produk yang akan kamu jual.
- Pilih Jenisnya Sesuai Kebutuhan
Kamu bisa memilih jenis kemasan sesuai dengan kebutuhan produkmu. Apakah kamu akan menggunakan kemasan transparan, campuran hingga full foil.
- Pilih Material yang Tepat
Kamu bisa menggunakan beragam material kemasan sesuai dengan kebutuhan dan sifat dari produkmu. Seperti plastik biasa atau alumunium foil.
- Pilih Fitur yang Tepat
Dengan pemilihan fitur yang tepat, maka keamanan produk akan jauh lebih terjaga. Dalam sebuah kemasan terdapat tiga fitur yang umum digunakan, yaitu vacuum, zipper, dan valve. Intinya, pilihlah sesuai kebutuhan.
Nah, Eksporior, itulah pembahasan lengkap tentang packaging yang perlu kamu ketahui. Karena pada dasarnya, proses ini merupakan proses yang sangat penting dalam sebuah manajemen produk untuk melindungi produk dan saat melakukan branding.