Scroll Top

Produk Fashion Anda Sudah Siap Ekspor? Terapkan 6 Tips Ini!

Menjual produk fashion ke luar negeri tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karenanya, perlu persiapan yang matang untuk ini: dari administrasi, kualitas produk, sampai kemasan untuk pengiriman.

Berbicara produk fashion dan ekspor, produk ini adalah salah satu yang cukup menjanjikan di pasar global. Hal itu karena sampai kapan pun fashion akan tetap menjadi kegemaran bagi sebagian banyak orang.   

Sektor ini (tekstil dan produk tekstil (TPT)) menunjukkan tren positif, menurut catatat Badan Pusat Statistik (BPS). Sepanjang 2019, ekspor tekstil telah mencapai 2,29 juta ton dengan nilai sebesar US$12,47 miliar.

Dari tahun sebelumnya, nilai ekspor tekstil menurun sebesar 2.69 persen. Namun, volume ekspor meningkat sebesar 9,80 persen. 

Langkah Ekspor Produk Fashion 

Langkah Ekspor Produk Fashion 
Sumber: Unsplash/Keagan Henman

Agar sukses dalam membawa produk fashion Anda ke pasar global, perhatikan langkah-langkah di bawah ini. 

1. Riset Negara Tujuan Ekspor 

Langkah Ekspor Produk Fashion 
Sumber: Unsplash/Greg Rosenke

Tetapkan negara tujuan ekspor, kemudian ketahui karakter dan budaya masyarakat negara tersebut. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah untuk menganalisis produk fashion yang menyesuaikan segmen pasar di negara terkait. 

Sejauh ini, negara tujuan ekspor tekstil yang memiliki nilai ekspor tinggi yakni Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Inggris, Australia, Tiongkok, Belgia, Kanada, dan Uni Emirat Arab. 

2. Menentukan Produk Fashion yang Layak Ekspor 

Langkah Ekspor Produk Fashion 
Sumber: Unsplash/Darling Arias

Anda dapat menjadikan perbedaan musim di negara tujuan ekspor sebagai acuan. Biasanya, di luar negeri terdapat empat musim. Jadi, Anda dapat menyesuaikan keunggulan produk terhadap kondisi musim semi, panas, dingin, dan gugur.  

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa produk fashion Anda memenuhi kualitas standar nasional dan internasional.  

3. Buat Katalog Daring 

Sumber: Unsplash/Sergey Zolkin

Buatlah katalog daring (online) yang menarik dengan mencantumkan informasi tentang produk fashion yang Anda miliki. Misalnya, cantumkan deskripsi, harga, dan narahubung (contact person) di badan katalog produk fashion Anda. 

4. Menentukan Promosi Strategis untuk Produk Fashion

Sumber: Unsplash/Possessed Photography

Di era digital, ada banyak cara agar produk fashion Anda lebih dikenal secara luas oleh penduduk di negara lain.  

Anda dapat mendaftarkan produk fashion Anda ke portal internasional, seperti layanan bisnis digital AeXI. Salah satu unit bisnis di dalam ExportHub.id ini menyediakan informasi komprehensif seputar pasar global. AeXI pun menjadi akselerator yang membawa produk UKM memasuki radar pembeli global dengan membuka akses menuju platform B2B internasional.

5. Mengikuti Pelatihan Ekspor

Sumber: Unsplash/Mimi Thian

Anda juga bisa memanfaatkan media sosial, serta mengikuti pameran produk ekspor. Kemampuan Anda dalam melakukan promosi untuk ekspor juga akan terasah melalui pelatihan ekspor oleh GeTI Incubator

GeTI Incubator menyediakan kelas Meningkatkan Keahlian Pengelola Pemasaran Digital Skala Ekspor. Di kelas ini, anda akan membedah pemasaran digital berskala ekspor, marketplace B2B global, pengetahuan dasar tentang pengadaan barang dan sistem kontrak dagang ekspor, serta mengidentifikasi komoditas ekspor. Adapun pengampu kelas ini adalah instruktur kompeten yang telah tersertifikasi BNSP. 

6. Melengkapi Dokumen Ekspor 

Sumber: Unsplash/Stephen Goldberg

Dokumen ekspor yang lengkap akan sangat membantu anda untuk memudahkan proses administrasi ketika produk yang anda kirim memasuki negara tujuan. Berikut adalah beberapa jenis dokumen yang wajib ada: 

– Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dari kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan tingkat Provinsi atau tingkat Kabupaten/Kota. 

– Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang ditetapkan Kantor Pelayanan Pajak setempat. 

– Surat keterangan asal barang yang diperoleh di Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan tingkat Provinsi atau tingkat Kabupaten/Kota. 

– Dokumen lain yang disyaratkan dalam peraturan perundang-undangan, seperti proforma invoicecertificate of origin (COO), shipping instruction, packing list, dan pemberitahuan ekspor barang (PEB).  

Pada dasarnya, kriteria produk yang siap menembus pasar global yakni produk yang memenuhi ketentuan persyaratan internasional atau negara tujuan ekspor, serta ketentuan yang dipersyaratkan oleh pembeli yang bersangkutan, seperti teknis produksi (spesifikasi produk), standar mutu, dan kemasan. 

Mari bergabung bersama orkestra ExportHub.id (milik PT Usaha Dagang Indonesia) untuk membawa produk fashion anda mengglobal. [*] AS/ExportHub.id 

Leave a comment