Supervisor adalah sebuah posisi atau jabatan dalam sebuah struktur organisasi perusahaan yang akan memastikan kinerja karyawannya dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Jadi, bisa dikatakan jabatan seorang supervisor merupakan salah satu jabatan yang sangat penting untuk memastikan kelancaran operasional sebuah perusahaan. Meski terdengar seperti jabatan yang keren, akan tetapi posisi ini tergolong posisi yang tidak bisa diisi oleh sembarang orang. Diperlukan orang-orang yang kompeten dan memiliki jam terbang tinggi untuk mengisi jabatan ini.
Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang jabatan satu ini, yuk, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.
Supervisor Adalah…
Secara sederhana, supervisor adalah sebuah jabatan dengan tugas untuk mengawasi hingga mengarahkan para karyawan yang berada pada tanggung jawabnya dalam sebuah bidang pekerjaan tertentu. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan guna untuk mencapai target perusahaan yang ingin dicapai.
Seorang supervisor memiliki peranan untuk menerjemahkan setiap strategi bisnis yang telah dibuat dan ditetapkan oleh manajemen perusahaan. Maka tak heran, jika jabatan ini banyak dijumpai pada perusahaan-perusahaan besar multinasional. Sehingga perusahaan akan lebih fokus untuk mengembangkan berbagai strategi bisnis karena karyawan bisa diarahkan sesuai dengan peraturan perusahaan.
Perbedaannya dengan Manajer yang Wajib Diketahui
Banyak orang yang sering mengira bahwa supervisor dan manajer merupakan jabatan yang sama. Padahal, kedua jabatan ini memiliki perbedaan yang sangat besar dari segi tugas, manajemen, pendekatan, dan lain sebagainya. Agar kamu semakin tahu letak perbedaannya, berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya.
- Tingkatan Manajemen
Dalam tingkatan manajemen, seorang manajer umumnya merupakan bagian dari manajemen di tingkatan menengah. Sedangkan fungsi supervisor memiliki tugas untuk menangani para karyawan pada tingkatan yang lebih bawah.
- Koordinasi Beragam Tugasnya
Jabatan manajer umumnya akan menyerasikan beragam pekerjaan hingga tujuan dari satu departemen. Sedangkan supervisor meliputi seluruh karyawan dalam sebuah perusahaan.
- Tanggung Jawabnya
Umumnya, seorang manajer akan melakukan beragam pengolahan SDM yang menyesuaikan dengan tiap-tiap departemen. Sedangkan supervisor menangani terhadap karyawan hingga memberi arahan dalam satu departemen ke departemen lainnya.
5 Tugas Supervisor dalam Sebuah Perusahaan
Berikut ini adalah beberapa tugas utama supervisor:
- Mengatur Para Staf Bawahan
Jabatan satu ini menjadi jembatan antara pihak manajemen dengan pihak pelaksana. Sehingga pekerjaan akan dapat diselesaikan dengan baik oleh semua tim atau divisi. Ia juga bertanggung jawab untuk membuat pengaturan harian untuk para staf bawahan agar suasana kerja menjadi lebih teratur.
- Memberikan Perintah
Jabatan ini juga bertanggung jawab untuk memberikan beragam arahan yang akurat serta tepat sasaran kepada seluruh karyawan. Tujuannya lainnya ialah untuk membuat laporan yang akan diberikan kepada pihak manajemen. Sehingga kinerja karyawan yang kurang efektif dapat tertangani.
- Menjelaskan Deskripsi Pekerjaan
Jabatan ini juga bertugas untuk menyampaikan dan menjelaskan berbagai deskripsi pekerjaan kepada setiap karyawan. Sehingga beragam strategi dan perencanaan pekerjaan dapat tercapai sesuai target. Ia wajib memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menjaga kenyamanan para karyawan di tempat kerja.
- Memastikan Pengawasan
Jabatan ini juga memiliki wewenang untuk melakukan beragam pengawasan dalam setiap strategi bisnis dan pekerjaan. Sehingga parameter kesuksesan dapat tercapai.
- Mengelola Aktivitas Karyawan
Jabatan ini juga memiliki tugas untuk mengelola beragam aktivitas para karyawan secara terperinci. Sehingga produktivitas dan kinerja karyawan akan semakin meningkat.
Tanggung Jawabnya pada Sebuah Perusahaan
Dalam sudut pandang pengembangan SDM, berikut ini adalah beberapa tugas tanggung dan jawab supervisor yang wajib kamu ketahui.
- Membuat Perencanaan
Dalam hal bertugas membuat beragam perencanaan aktivitas dan jadwal kerja yang efektif sesuai kebijakan perusahaan untuk meningkatkan performa perusahaan.
- Membuat Penempatan Karyawan
Jabatan ini juga diwajibkan memiliki kemampuan dalam mengatur penempatan para karyawan yang akan diposisikan dalam sebuah divisi. Sehingga operasional perusahaan dapat berjalan sesuai prosedur.
- Melakukan Kontrol
Ia juga wajib melakukan beragam kontrol terhadap kinerja seluruh karyawan agar sesuai dengan standar perusahaan. Ia juga wajib memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah dan perselisihan karyawan.
- Melakukan Pengarahan
Agar karyawan dapat bekerja secara maksimal dan profesional, maka diperlukan pengarahan para karyawan. Sehingga ia mampu mengevaluasi kinerja karyawan dengan lebih mudah.
- Melakukan Organisasi
Ia wajib menjalin kerja sama dengan berbagai divisi sehingga kelancaran organisasi perusahaan menjadi salah satu tanggung jawabnya.
Gaji Supervisor yang Menjanjikan
Apakah kamu sering bertanya-tanya, kira-kira berapa gaji seorang supervisor? Dilansir dari data Gajimu.com, rata-rata gaji yang akan di terima mulai dari Rp2.407.856 hingga Rp4.343.623 per bulan di tahun 2023. Namun kisaran gaji tersebut tentu akan berbeda-beda tergantung dari jenis perusahaan dan masa kerja yang telah dijalankan.
Eksporior, itulah pembahasan lengkap tentang profesi seorang supervisor. Keberadaan dan tugas-tugasnya sangat penting untuk menjembatani hubungan antara jajaran manajemen dengan para karyawan. Sehingga semua proses dan kelancaran aktivitas perusahaan dapat meningkat menjadi lebih baik lagi.