Bagi seorang pebisnis, menentukan target audience merupakan bagian dari marketing strategy yang sangat penting peranannya. Hal tersebut akan sangat membantu dalam pembuatan dan penyusunan beragam strategi marketing yang akan dilakukan sehingga konsumen akan menjadi pelanggan utama dari produk atau jasa yang dijual.
Lalu, apa, sih, target audience itu? Dan apa manfaatnya bagi bisnis? Nah, untuk lebih jelasnya akan dibahas dalam artikel di bawah ini.
Target Audience Adalah…
Dalam ilmu ekonomi, target audience atau TA adalah sekelompok konsumen tertentu yang memiliki potensi tertinggi untuk menginginkan produk ataupun jasa yang akan dijual. Sebuah bisnis harus memiliki TA yang jelas. Jika salah mendefinisikannya akan membuat bisnis tidak berkembang, serta uang dan waktu terbuang dengan sia-sia. Intinya, kamu harus selalu find your target audience.
Wajib Diketahui, Ini Perbedaan Target Audience dengan Target Market!
Jika kamu akan menjalankan sebuah strategi pemasaran, berikut ini perbedaan antara TA dengan target market yang wajib kamu ketahui.
- Target market atau TM merupakan sekelompok orang yang menjadi target utama untuk menjadi pengguna product or service dari sebuah bisnis. Sedangkan TA merupakan sekelompok orang yang akan diharapkan menjadi pembeli sebuah produk atau jasa.
- Dalam menentukan target market, diperlukan research yang mendalam untuk menemukan pengguna sejati dari produk yang ditawarkan. Sedangkan dalam TA, perusahaan hanya berkomunikasi untuk mempengaruhi ideal customer agar membeli produk atau jasa yang dijual.
PentingnyaTarget Audience dalam Bisnis
Eksporior, tahukah kamu, TA memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Jika semua usaha sudah kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis, tetapi bisnismu tidak berkembang, bisa jadi, kamu kurang tepat dalam menyasar TA yang ingin dicapai.
Dengan membuat rincian TA yang tepat, kamu akan lebih mudah melakukan kegiatan pemasaran yang tepat sasaran sehingga semua usaha yang sudah kamu lakukan tidak sia-sia begitu saja. Ketika TA sudah sesuai, kamu hanya fokus mengembangkan produk dan melakukan penjualan agar lebih maksimal lagi.
7 Faktor PenentuTarget Audience
Jika kamu ingin membuat sebuah TA, ada beberapa faktor yang wajib diketahui, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.
- Ketahui produk atau jasa yang akan ditawarkan.
- Pahami untuk kalangan seperti apa produk tersebut dibuat.
- Golongan apa yang akan memberikan penilaian tentang kegunaan dari produk yang dibuat.
- Siapa yang akan membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
- Siapa saja yang kemungkinan tertarik terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.
- Siapa saja kompetitor bisnismu.
- Apa saja yang sudah dilakukan oleh kompetitormu.
Manfaat dan Fungsinya dalam Kegiatan Bisnis
Berikut ini beragam manfaat dari TA yang akan membantu bisnismu semakin lancar.
- Memudahkan Pembuatan Konten Promosi
Salah satu keuntungan mengetahui TA yang jelas adalah semakin memudahkan untuk membuat created content terutama untuk membangun marketing messages sehingga hasil yang didapatkan lebih tepat sasaran.
- Pemasaran Lebih Tepat Sasaran
Ketika konten yang dibuat sudah sesuai dengan TA, maka bisnismu akan lebih mudah menjangkau orang-orang yang ingin ditargetkan. Hal ini merupakan bagian dari marketing efforts dengan memanfaatkan defining a target audience.
- Optimalisasi Pemasaran
Dengan mengetahui TA yang tepat, maka proses pemasaran akan jauh lebih mudah dan tepat sasaran. Selain itu, efisiensi biaya pemasaran menjadi lebih efektif.
- Terhindar dari Persaingan Tidak Sehat
Dengan menjangkau TA yang tepat akan membantu bisnismu terhindar dari persaingan yang tidak sehat. Sebab, orang-orang tidak akan segan mengeluarkan uang banyak.
Dampak Buruk Jika Target Audience Tidak Dispesifikasikan
Jika kamu mulai berbisnis, pastikan kamu tidak meremehkan kekuatan TA. Karena jika tidak, bisnismu akan mengalami hal-hal yang kurang baik
- Kemungkinan Gagal Lebih Besar
Jika kamu memiliki modal terbatas karena jenis bisnismu adalah small business dan tidak sesuai dengan TA, maka kemungkinan untuk mengalami kebangkrutan akan semakin besar.
- Tersingkir Kompetitor
Saat ini persaingan bisnis sangatlah ketat, jika kamu tidak merencanakan bisnis dengan tepat, maka kamu harus siap-siap disingkirkan oleh beragam kompetitor.
- Produk Tidak Diminati
Karena targetnya tidak jelas, maka arah produkmu juga semakin tidak jelas dalam dunia marketing. Dampak buruknya, produkmu tidak akan diminati dan laku di pasaran. Maka, selalu defining your target dengan tepat sasaran
- Bisnis Hilang Arah
Karena tidak jelas siapa yang menjadi target audience dalam bisnismu, maka bisnismu akan kehilangan arah karena tidak tahu strategi apa yang bisa dilakukan.
Contoh Produk dengan Detail Target Audience
Kita ambil contoh produk minuman berkarbonasi yang paling terkenal di dunia dan di Indonesia, yaitu Coca Cola. Produk yang saat ini memiliki marketing campaign dengan slogan “Semangat Baru”. Adapun target audience Coca-Cola adalah sebagai berikut.
- Pria wanita.
- Low middle-up social status.
- Usia 12-50 tahun.
- Usia 20-45 tahun (Coca-Cola Zero).
- Pecinta diet coke (Coca-Cola Zero).
- Menyukai inovasi baru.
- Menyukai sesuatu yang baru.
- Tinggal di kawasan perkotaan.
- Suka hangout bersama teman-temannya.
- Suka minuman yang menyegarkan dan praktis.
Agar semakin menjadi nomor satu, Coca-Cola selalu memposisikan diri sebagai minuman ringan pelepas dahaga yang praktis, serta bisa diminum kapan saja dan dimana saja. Coca-Cola juga selalu mengidentifikasi diri dengan kesan yang penuh semangat, ceria, bahagia.
Nah, Eksporior, itulah pembahasan lengkap tentang target audience yang sangat penting bagi kemajuan sebuah bisnis dengan mengenali target yang ingin dituju. Mau memanfaatkan social media marketing untuk menjangkau audiens yang sudah kamu targetkan? Bisa!