Scroll Top

7 Jenis Media Sosial yang Cocok untuk Bisnismu!

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehidupan sehari-hari kita kini sudah cukup erat dengan media sosial. Mulai dari chat dengan teman, update status, sampai mencari informasi, semua kita lakukan lewat bantuan teknologi tersebut. Secara tidak langsung, media sosial adalah salah satu kebutuhan tiap orang.

Perkembangan teknologi memberikan banyak perubahan dalam kehidupan manusia. Salah satunya berdampak pada kebiasaan dan perilaku masyarakat. Kini teknologi telah memudahkan pekerjaan banyak orang, salah satunya dengan kehadiran banyak media sosial. Tak hanya digunakan untuk komunikasi pribadi, media ini juga memiliki banyak fungsi lainnya yang seiring berjalannya waktu semakin banyak.

Beberapa jenis media sosial yang pada umumnya dimiliki masyarakat Indoenesia adalah Facebook, Twitter, Instagram, hingga TikTok. Hampir semua masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan memilikinya bahkan lebih dari satu. Adanya media baru ini juga tak hanya membawa dampak baik tetapi juga dampak buruk bila tidak digunakan dengan tepat. Untuk itu penting mengenali fungsi itu sendiri, agar kamu tidak keluar batas dalam penggunaannya.

Penggunaan akan perangkat teknologi seperti komputer, smartphone atau tablet mengalami peningkatan yang sangat tinggi. Hal tersebut juga berbanding lurus dengan kebutuhan akan jaringan internet. Banyak hal yang dapat dilakukan, dan media sosial adalah salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna internet saat ini.

Mungkin, bagi sebagian besar pengguna sudah mengetahui fungsi dan berbagai fitur yang disajikan dalam sebuah aplikasi media sosial. Namun, ada beberapa manfaat lain yang perlu anda ketahui dan juga dapat anda eksplorasi lebih dalam agar mendapatkan berbagai keuntungan dalam menggunakannya. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas seputar media sosial atau yang bisa disebut sebagai aplikasi yang dibantu oleh internet ini dan manfaatnya untuk perkembangan sebuah bisnis.

Pengertian Media Sosial

Media sosial adalah platform digital yang memfasilitasi penggunanya untuk saling bersosial, baik itu berkomunikasi atau membagikan konten berupa tulisan, foto dan video. Segala konten yang dibagikan tersebut akan terbuka untuk publik secara realtime.

Hal tersebut karena media sosial adalah aplikasi yang dibantu internet, sehingga selama pengguna tersambung dengan koneksi internet yang baik maka proses penyebaran konten bisa dilakukan pada saat itu juga.

Pengertiannya Media Sosial Menurut para Ahli

Media sosial adalah fenomena populer yang menarik banyak perhatian. Beberapa ahli pernah menyampaikan definisi mereka terhadap teknologi yang satu ini. Simak sejumlah pengertiannya menurut para ahli berikut.

  • B.K. Lewis (2010), suatu label yang merujuk pada teknologi digital yang bisa memungkinkan orang-orang untuk saling melakukan interaksi, produksi dan bagi pesan.
  • Chris Brogan (2010), satu perangkat alat komunikasi yang di dalamnya memungkinkan untuk terjadi jenis interaksi baru.
  • Dave Kerpen (2011), tempat kumpulan gambar, video, teks serta hubungan interaksi dalam jaringan antara baik individu atau kelompok seperti organisasi.

Media sosial adalah media daring yang digunakan untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh, proses interaksi antara user satu dengan user lain, serta mendapatkan sebuah informasi melalui perangkat aplikasi khusus menggunakan jaringan internet. Tujuan dari adanya social media sendiri adalah sebagai sarana komunikasi untuk menghubungkan antar pengguna dengan cakupan wilayah yang sangat luas. 

Agar pengguna (medsos) lebih mudah dan cepat, dibutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat. Anda tidak perlu lagi menghubungi orang lain melalui kabel telepon atau alat komunikasi tradisional. Cukup dengan mengaksesnya saja, anda dapat terhubung dengan banyak orang, membuat forum, diskusi bersama, mengunggah aktivitas keseharian anda, dan lain sebagainya.

Fungsi Media Sosial


Setelah mengetahui tentang pengertian media sosial, kamu juga perlu tahu mengenai fungsi media sosial itu sendiri yaitu sebagai berikut:

  • Media yang didesain untuk memperluas interaksi sosial manusia menggunakan internet dan teknologi web.
  • Mentransformasi praktik komunikasi searah media siaran dari satu institusi media ke banyak audience (one to many) menjadi praktik komunikasi dialogis antara banyak audience (many to many).
  • Mendukung demokratisasi pengetahuan dan informasi. Mentransformasi manusia dari pengguna isi pesan menjadi pembuat pesan itu sendiri.

Saat ini, media sosial adalah penghubung pengguna satu sama lain. Namun, tak sebatas disitu, masih banyak fungsi lain yang bisa didapatkan melalui media sosial. Berikut ini poin fungsi dari media sosial.

Komunikasi

Fungsi komunikasi merupakan fungsi utama yang bisa didapatkan. Seperti yang kita tahu, dengan bantuan internet media sosial menjadi tempat berkumpul penggunanya yang umum berasal dari seluruh bagian dunia. Interaksi antara mereka lebih mudah terbangun tanpa ada batasan waktu dan geografi.

Branding

Bentuk komunikasi lain yang bisa dilakukan adalah branding. Fungsi ini terlihat dari bagaimana masing-masing pengguna mempunyai caranya sendiri untuk ‘menata’ akun yang mereka punya. Sehingga, pribadi individu akan terlihat perbedaannya satu sama lain.

Baca juga: Brand: Pengertian, Langkah dan Tips untuk Membangunnya

Wadah Usaha

Tidak hanya kebutuhan sosialisasi saja yang bisa terpenuhi. Sebagai seorang pelaku usaha, anda juga bisa menggunakannya sebagai wadah untuk usaha anda dengan melakukan penjualan secara online.

Marketing

Fungsi lainnya yang bisa dirasakan untuk para pelaku usaha adalah sebagai sarana marketing. Mengapa demikian? Sebab, jangkauan dari audiensnya yang luas bisa menjadikannya sebagai media pemasaran yang efektif bagi usaha anda. Selain itu, penggunaan media ini juga amat sangat membantu usaha anda sebagai pebisnis dalam melakukan segmentasi pasar yang sesuai dengan target pasar anda.

Manfaat Media Sosial

Berikut ini manfaat media sosial bagi kehidupan manusia yaitu:

1. Sarana belajar, mendengarkan, dan menyampaikan

2. Sarana dokumentasi, administrasi, dan integrasi

3. Sarana perencanaan, strategi, dan manajemen

4. Sarana kontrol, evaluasi, dan pengukuran

5. Mendapatkan informasi secara aktual

6. Mampu berkomunikasi secara real – time

7. Meningkatkan brand awareness

8. Meningkatkan trafik dan peringkat pencarian

9. Membangun relasi dengan cepat dan luas 

Jenis Media Sosial

Keberadaan media sosial semakin menjamur di tengah masyarakat. Adapun contoh yang kerap kita temukan ini terbagi dalam beberapa jenis. Berikut adalah daftar dari beberapa jenis media sosial yang berhasil dikumpulkan dari beberapa sumber.

Jejaring Sosial

Social networks atau jejaring sosial adalah salah satu jenis yang masih sangat populer dan banyak digandrungi sampai sekarang. Seperti namanya, fungsi utamanya adalah untuk bersosialisasi satu sama lain. Beberapa contoh dari jenis ini yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda, yaitu Twitter, Instagram, WhatsApp, TikTok, dan lainnya.

Situs Kolaborasi

Apakah Anda pernah berkunjung ke suatu situs yang mengajak untuk berkontribusi bersama pengguna lainnya? Contoh tersebut merupakan salah satu bentuk dari jenis situs kolaborasi. Biasanya pengguna akan diperbolehkan untuk memuat dan mengoreksi isi konten dengan menjadi ‘anggota’ dari situs tersebut.

Blog

Selain itu, ada juga jenis yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan blogging. Konten yang dibagikan sepenuhnya pilihan pengguna yaitu berupa tulisan, suara, foto, maupun video.

Rekomendasi jenis – jenis media sosial untuk bisnis

Media sosial memang tidak hanya bisa digunakan untuk kegiatan komunikasi, blog, forum atau aktivitas yang lain saja. Namun, situs jejaring sosial juga dapat digunakan untuk kegiatan yang bersifat komersial, bisnis, dan dapat menghasilkan keuntungan di dalamnya. Dengan memanfaatkan medsos sebagai sarana komunikasi tanpa batas waktu dan ruang.

Berikut merupakan beberapa situs jejaring sosial yang paling sering digunakan untuk mendorong kinerja dan meningkatkan keuntungan bagi sebuah bisnis. Sehingga, untuk kedepannya, anda dapat memanfaatkan situs jejaring sosial dengan baik dan tepat.

Pada tahun 2020 lalu, pengertian dari media sosial banyak diisi oleh berbagai macam platform yang menarik perhatian lebih dari 5 miliar pengguna perangkat seluler di seluruh dunia. Berikut adalah daftar yang paling populer di 2020:

1. Facebook

Facebook diluncurkan tahun 2004 oleh mahasiswa Universitas Harvard, Mark Zuckerberg. Saat ini pengertian media sosial ini memiliki hampir 1,7 miliar pengguna di seluruh dunia. Baca juga: Pasar Monopoli: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh di Indonesia

2. Reddit

Diluncurkan tahun 2005 oleh Steve Huffman dan Alexis Ohanian sebagai platform berbagi berita. Sebanyak 300 juta penggunanya telah mengubah Reddit menjadi kombinasi agregasi berita atau situs komentar sosial. Fitur yang populer dari Reddit adalah pengguna diberikan kemampuan untuk up-vote dan down-vote pada postingan pengguna lain.

3. Twitter

Didirikan pada 2006 oleh Jack Dorsey, Evan Williams, Biz Stone, dan lainnya sebagai situs microblogging. Pada tahun 2020, 22 persen orang dewasa AS adalah pengguna Twitter, menurut Pew Research.

4. Instagram

Didirikan pada 2010 oleh lulusan Universitas Stanford, Kevin Systrom, sebagai situs berbagi foto. Instagram kemudian dibeli oleh Facebook pada 2012 dan kini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia.

5. Pinterest

Didirikan pada 2010 oleh pengembang aplikasi iPhone, Ben Silbermann, sebagai pin board virtual. Pinterest menjadi perusahaan publik pada 2019 dan memiliki lebih dari 335 juta pengguna aktif bulanan.

6. Snapchat

Didirikan pada 2011 oleh trio mahasiswa Universitas Stanford yakni Evan Spiegel, Reggie Brown, dan Bobby Murphy. Snapchat adalah layanan berbagi video yang memperkenalkan konsep Story atau video pendek bersambung, dan filter kamera yang menarik. Baca juga: Apa Itu UMR dan Bagaimana Skema Perhitungannya

7. TikTok

Didirikan tahun 2016 oleh perusahaan teknologi China ByteDance, platform berbagi video berdurasi pendek ini digabungkan dengan aplikasi seluler Musical.ly yang berbasis di AS pada tahun 2018. TikTok menjadi populer di kalangan remaja dan dewasa muda AS. Pada awal 2020, TikTok memiliki lebih dari 800 juta pengguna di seluruh dunia.

Manfaat Media Sosial bagi Pebisnis

Seiring berkembangnya zaman dan perubahan pasar, media sosial adalah sarana bagi pebisnis untuk keperluan marketing. Simak lengkap manfaat media sosial untuk pebisnis di bawah ini.

  1. Memperluas jangkauan konsumen
  2. Mempermudah proses marketing
  3. Melakukan komunikasi interaktif dengan konsumen
  4. Memperoleh feedback langsung dari konsumen
  5. Meningkatkan engagement

Global Gold Supplier Terus Berkomitmen Memberikan Solusi Satu Atap untuk Akselerasi UKM Indonesia Menembus Pasar Internasional

Global Gold Supplier Terus Berkomitmen Memberikan Solusi Satu Atap untuk Akselerasi UKM Indonesia Menembus Pasar Internasional


Leave a comment