Scroll Top

Analisis Pasar Adalah Strategi Jitu Bisnis Makin Maju

Analisis pasar merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan oleh pengusaha untuk memajukan dan mengembangkan bisnis agar semakin terdepan. Strategi ini menjadi bagian terpenting dalam sebuah manajemen pemasaran. Dengan melakukan analisa market yang baik dan tepat, kamu bisa mengetahui lebih dalam tentang situasi pasar dan potensi pasar yang sesungguhnya, mulai dari kesempatan hingga berbagai masalah yang ada. Sehingga, ke depannya, bisnis dapat berjalan baik dengan keuntungan yang meningkat.  

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih dalam tentang strategi marketing satu ini, berikut akan dibahas secara lengkap. 

Analisis Pasar Adalah… 

Analisis Pasar Adalah... 

Analisis pasar atau market analysis adalah sebuah proses mengidentifikasi hingga menilai secara kualitatif dan kuantitatif untuk membuat dan menentukan kecocokan pasar tertentu di industri yang kamu buat. Dalam strategi ini, kamu bisa mengevaluasi perkembangan pasar yang sedang terjadi untuk melihat situasi market.  

Strategi ini juga menjadi hal yang sangat penting dalam membuat perencanaan bisnis, pemasaran produk, promosi produk, hingga melihat peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan. Dalam hal ini, pengusaha akan melakukan analisis kekuatan hingga peluang bisnis agar bisa mengalahkan kompetitor yang ada. Sehingga, produk yang dijual ke pasaran bisa menjadi yang nomor satu.  

Dalam membangun sebuah market analysis, pelaku usaha wajib mengetahui hal-hal yang paling penting dari bisnis yang mereka bangun, seperti di bawah ini:

  • Siapa saja konsumen paling potensial dalam bisnismu? 
  • Bagaimana kebiasaan dari konsumen utamamu?
  • Seberapa luas target pasar dari bisnis yang kamu buat?
  • Berapakah harga yang konsumen siap keluarkan dari produk atau jasa yang kamu buat? 
  • Siapa saja kompetitor utama dari bisnismu? 
  • Apa saja keunggulan dan kekurangan dari kompetitormu? 
  • Hal apa saja yang sudah dibuat kompetitormu? 
  • Apakah penawaran produkmu sudah sesuai dengan target pasar? 

Melalui pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu akan lebih mudah memetakan hal-hal apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan bisnismu. Ketika seorang pengusaha memahami pasarnya, seperti segmen pasar atau pangsa pasar, maka akan sangat mudah baginya untuk membuat peluang pasar yang besar dari strategi pemasaran dan riset pasar yang telah dilakukan.

5 Manfaatnya Bagi Pengusaha 

5 Manfaatnya Bagi Para Pengusaha 

Berikut ini beberapa manfaatnya bagi pengusaha agar bisnis yang dibangun semakin maju. 

  • Memperoleh Konsumen  

Dengan melakukan strategi ini, kamu akan lebih mudah memperoleh konsumen sesuai dengan target pasar. Hal ini karena produk yang kamu jual sudah sesuai dengan kebutuhan konsumen. 

  • Memetakan Persaingan 

Strategi ini juga akan sangat membantumu untuk mengetahui tentang kelebihan hingga kelemahan dari para kompetitor. Maka, kamu bisa menyaingi kompetitor yang ada dengan membuat beragam inovasi. 

  • Memanfaatkan Peluang 

Kamu juga bisa melihat beragam peluang dari bisnis yang sudah dibuat. Bahkan, kamu juga bisa mengetahui peluang yang masih jarang dilakukan oleh kompetitor. 

  • Menurunkan Risiko 

Setiap bisnis yang dibangun memiliki risikonya masing-masing. Dengan strategi ini, kamu bisa terhindar dari beragam risiko yang membahayakan bagi bisnismu. Sehingga, kemungkinan bisnis menjadi bangkrut dapat ditanggulangi.  

  • Memperoleh Beragam Keuntungan 

Kamu juga akan lebih cepat untuk memperoleh keuntungan yang berlipat dan lebih cepat melalui strategi ini. Jadi, bisnis yang dibangun akan dirasakan manfaatnya dalam waktu yang singkat. 

5 Tips Mudah Melakukan Analisis Pasar bagi Pengusaha 

5 Tips Mudah Melakukan Analisis Pasar Bagi Pengusaha

Berikut ini langkah-langkah analisis pasar yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis agar bisnis semakin maju. 

  • Tentukan Target Pasar 

Ini merupakan langkah pertama yang wajib kamu lakukan. Dengan mengetahui dan menentukan target pasar yang relevan, bisnis yang sudah dibuat akan terstruktur dengan sangat baik. Dari hal tersebut, kamu bisa membuat langkah-langkah dalam memasarkan produk atau jasa yang sudah dibuat. 

  • Analisis Permintaan Pasar

Langkah yang kedua adalah melakukan beragam analisa permintaan pasar yang paling primer dan relevan. Para pengusaha bisa melihat karakteristik hingga profil dari target pembelinya untuk memahami faktor yang bisa mempengaruhi proses pembelian sebuah produk. Langkah ini juga menjadi salah satu faktor penentu dalam sebuah ide pemasaran yang berguna untuk analisa pasar ke depan.

  • Menetapkan Segmen Pasar

Dalam tahapan ini, pengusaha wajib memahami secara dalam beberapa kelompok segmen target pasar dari produk yang akan dijual. Melalui segmentasi pasar, maka proses pemasaran akan lebih mudah karena sudah mengetahui siapa yang akan dijangkau.  

  • Melihat Progres Kompetitor 

Pengusaha juga wajib menilai secara objektif tentang produk yang mereka keluarkan dengan para kompetitor yang ada. Melalui cara ini, pelaku usah bisa memperoleh hasil yang penting untuk meningkatkan kualitas produk.  

  • Identifikasi Pasar Potensial 

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah melakukan identifikasi pasar yang potensial dari produkmu. Melalui strategi ini, kamu bisa memberikan pelayanan terbaik untuk menciptakan loyalitas konsumen. Semakin loyal konsumen, keberlangsungan bisnis akan semakin terjaga.  

Eksporior, itulah pembahasan lengkap tentang strategi analisis pasar untuk membantu mengembangkan bisnis hingga laporan keuangan agar semakin sukses. Apalagi jika ide bisnis yang kamu bangun sudah menjamur di tengah masyarakat, maka diperlukan strategi jitu dan khusus. Sehingga, bisnis yang sudah dibangun dapat terus maju dan mampu bersaing dengan para kompetitor yang ada.

Ingin Kembangkan Bisnis Hingga ke Pasar Mancanegara? Ayo, Bergabunglah Bersama AeXI (bagian dari exporthub.id, milik pt usaha dagang indonesia) Sekarang Juga!

Ingin Kembangkan Bisnis Hingga ke Pasar Mancanegara? Ayo, Bergabunglah Bersama AeXI Sekarang Juga!

Leave a comment