Scroll Top

Toko Online Adalah Solusi Membangun Bisnis di Era Digital

Toko online adalah salah satu toko jual beli yang saat ini sangat digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari masyarakat perkotaan hingga perdesaan yang saat ini banyak beralih ke sistem jual beli digital satu ini. Bagi kamu yang saat ini akan membangun toko online dan menyusun strategi apa saja agar usaha semakin maju dan anti gulung tikar, berikut akan dibahas secara lengkap dalam artikel ini.  

Toko Online Adalah… 

Toko Online Adalah... 

Secara sederhana, toko online atau biasa disebut online shop ialah sebuah sistem belanja secara daring, di mana calon konsumen dapat menanyakan secara langsung perihal harga atau hal-hal lainnya terkait produk yang ingin dibeli kepada penjual secara langsung. Umumnya, pedagang jenis ini akan menjual dan menyediakan produk atau jasanya melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp, dan sebagainya. 

Namun, hingga saat ini masih banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan antara toko daring, marketplace, hingga e-commerce. Meski sekilas mirip, padahal ketiganya memiliki perbedaan yang sangat mencolok.

Marketplace merupakan model bisnis yang akan menjadi wadah untuk para pedagang agar bisa bertemu langsung dengan pembeli. Yang berarti, marketplace merupakan situs atau aplikasi yang akan memberikan fasilitas berbelanja yang produknya berasal dari para penjual yang berbeda-beda.

Sedangkan e-commerce secara sederhana merupakan mode bisnis yang hanya menjual produk dari situs itu sendiri, bukan dari berbagai penjual seperti marketplace. E-commerce di Indonesia menawarkan berbagai kategori produk hingga pengalaman belanja online dan berbagai pilihan metode pembayaran.

Perkembangan Bisnis Toko Online di Indonesia

Perkembangan Bisnis Toko Online di Indonesia yang Wajib Diketahui 

Apakah kamu penasaran dengan sejarah munculnya bisnis daring di Indonesia yang sangat maju dan menjamur di abad ini? Faktanya, munculnya online shop di Indonesia tak pernah lepas dari perkembangan internet di Indonesia yang saat ini sangat maju. Tahun 2000-an, masyarakat Indonesia mulai banyak yang menggunakan internet untuk berbagai kebutuhan. Sejak itu, bermunculan toko-toko daring di media sosial.  

Perkembangannya semakin pesat di tahun 2005, yaitu ketika banyak bermunculan situs jual beli secara daring yang menjual berbagai macam barang yang dibutuhkan masyarakat. Pada waktu itu, banyak pebisnis yang memulai memasang iklan di berbagai media sebagai upaya untuk mempromosikan produk yang akan mereka jual. Mulai dari situ, banyak orang yang berbondong-bondong beralih ke jual beli secara daring.  

Bisnis jenis ini semakin menjadi primadona ketika mulai menjamur berbagai ponsel pintar yang canggih dengan resolusi kamera yang jernih. Hal itu semakin didukung dengan jaringan internet yang lebih baik dan mudah dijangkau. Maka, pebisnis kian kreatif mempromosikan toko daringnya dengan memanfaatkan foto hingga video yang bagus untuk menarik konsumen.

Tahun 2020 bisa dibilang merupakan puncak perkembangan dari bisnis online di Indonesia. Hal ini semakin menguat ketika pandemi Covid-19 melanda. Proses jual-beli di berbagai lini mulai beralih menjadi berbasis daring.

5 Kelebihannya bagi Pelaku Usaha 

5 Kelebihannya Bagi Para Pelaku Usaha 

Jika kamu saat ini berencana membuka usaha online shop, berikut ini beberapa kelebihannya yang bisa kamu dapatkan dibanding membuka toko fisik.  

  • Modal Tidak Terlalu Besar 

Bagi kamu yang saat ini tidak memiliki modal besar, kamu tetap bisa membuka bisnis jenis ini. Dalam membuka toko daring, kamu tidak memerlukan lapak berjualan, etalase, dan alat-alat pendukung lainnya. Sehingga, walaupun modalnya sedikit, kamu tetap bisa berjualan. 

  • Menjangkau Banyak Konsumen 

Karena dijual secara daring, maka barang yang kamu jual bisa menjangkau banyak orang. Dengan internet, tokomu akan dikenal masyarakat luas tanpa sekat batas wilayah. Bahkan, kamu bisa menjual produkmu hingga ke luar negeri. 

  • Lebih Menarik 

Dibandingkan dengan toko konvensional, toko daring mampu memberikan beragam promosi yang menarik dan minat bagi calon pembeli. Kamu bisa membuat beragam penawaran menarik yang akan berpengaruh terhadap peningkatan penjualan produkmu. 

  • Bisa Dilakukan Siapa pun 

Jika kamu ingin membuka toko daring, kamu tak perlu mengurus surat legalitas atas tokomu. Sehingga, kamu bisa membuka bisnis ini walau tidak memiliki kualifikasi hingga sertifikasi tertentu. Kamu hanya perlu rajin mempromosikan produkmu ke berbagai media online untuk menjaring banyak pelanggan.  

  • Transaksi yang Cepat 

Kelebihan membuka toko daring adalah proses transaksi tergolong mudah dan cepat. Kamu hanya cukup menerima pesanan, lalu membungkus dan mengirimnya. Sangat mudah dan cepat untuk berbelanja.

3 Tips Memulainya yang Wajib Dicoba Pemula

3 Tips Memulainya Bagi Para Pemula yang Wajib Dicoba

Apakah kamu saat ini sudah mantap membuka toko daring? Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan. 

  • Petakan Tujuan 

Dengan memetakan tujuan, kamu akan lebih fokus pada toko yang dibangun. Misalnya, fokus pada penjualan, promosi, mindset tidak mudah menyerah, dan lain sebagainya. 

  • Buat Manajemen Keuangan 

Dengan manajemen yang tepat, kamu bisa merincikan setiap transaksi dari kegiatan usahamu. Jangan pernah mencampur uang pribadi dengan uang bisnis agar manajemen keuangan jelas. 

  • Jaga Kualitas 

Ingat, persaingan toko daring sangatlah sengit. Jadi, jagalah kualitas produk tetap baik agar pelanggan tidak beralih ke toko lain. Maka darI itu, quality control merupakan hal yang sangat penting.

Eksporior, itulah pembahasan tentang toko online dan beberapa tips dalam membangunnya. Kamu bisa menjual berbagai macam produk dan menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat. Intinya, kamu wajib mengetahui tren digital agar tokomu bisa terus eksis.  

Ingin Mengembangkan Toko Online Agar Maju? Yuk, Ikuti Kelas Belajar Mempromosikan Toko Digital untuk UMKM Bagi Calon Spesialis Pemasaran Digital (Webinar) di GeTI Incubator! 

Ingin Mengembangkan Toko Online Agar Semakin Maju dan Terdepan? Yuk, Ikuti Kelas Belajar Mempromosikan Toko Digital untuk UMKM Bagi Calon Spesialis Pemasaran Digital (Webinar) di GeTI Incubator! 

Leave a comment