Scroll Top

Customer Service Adalah Garda Depan Bisnis, Apa Perannya?

Customer service adalah salah satu divisi terdepan dalam sebuah perusahaan karena tugasnya yang berhubungan secara langsung dengan pelanggan sebelum maupun sesudah membeli produk atau jasa.  

Pekerjaan ini sering diasosiasikan dengan telepon. Namun, seiring berkembangnya zaman, tim layanan pelanggan menghubungkan pelanggan dengan perusahaan melalui situs web, WhatsApp, e-mail, serta platform media sosial lainnya.   

Memiliki customer service yang mumpuni adalah salah satu tuntutan dari perusahaan untuk siap memberikan solusi dan pelayanan terbaik. Mengapa profesi amat diperlukan? Seberapa besar pengaruh layanan pelanggan bagi sebuah bisnis? Mari kita simak gambaran umum mengenai di bawah ini. 

Pentingnya Customer Service Adalah…

Mengapa profesi ini penting? Poin-poin yang dikutip dari HubSpot di bawah ini perlu Anda ketahui. 

Pentingnya Customer Service Bagi Sebuah BisnisĀ 
Austin Distel/Unsplash
  • Layanan pelanggan mewakili citra merek, misi, dan nilai perusahaan. 
  • Tim customer service yang bahagia akan menciptakan pelanggan yang juga bahagia. 
  • Pelanggan yang puas akan merekomendasikan produk atau jasa yang dipakainya kepada orang lain. 
  • Layanan pelanggan jempolan akan mendorong loyalitas pelanggan. 
  • Pelanggan bersedia memberikan instensif kepada perusahaan yang memberikan pelayanan baik.
  • Memberikan insight penting tentang pengalaman pelanggan. 
  • Layanan pelanggan proaktif menciptakan peluang bisnis baru.
  • Pelanggan mengharapkan layanan berkualitas tinggi. 
  • Layanan pelanggan yang sangat baik adalah keunggulan kompetitif. 
  • Memungkinkan perusahaan lain bermitra dengan Anda. 
  • Melindungi pelanggan ketika mengalami permasalahan. 
  • Menghasilkan lebih banyak pendapatan.  
  • Layanan pelanggan dapat meningkatkan tingkat konversi online perusahaan. 

Apa Tugas Seorang Customer Service?

Menjembatani hubungan pelanggan dan klien dari segala jenis bisnis adalah tanggung jawabnya. Maka tugas umumnya adalah sebagai berikut: 

Angga Indratama/Unsplash
  • Menjalin komunikasi dengan pelanggan mengenai pengalaman mereka menggunakan produk atau jasa dari perusahaan.  
  • Memberikan saran dalam pembelian produk atau jasa. 
  • Menampung, menanggapi/menjawab pertanyaan dari pelanggan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.  
  • Melakukan pemesanan produk atau jasa yang diinginkan pelanggan. 
  • Mendengarkan keluhan pelanggan dalam menangani masalah yang dihadapi. 

5 Skill yang Dibutuhkan

Sebelum terjun ke profesi layanan pelanggan, Anda perlu menguasai beberapa kemampuan di bawah ini agar bisa memberikan kinerja yang baik: 

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Seorang Customer Service
Austin Distel/Unsplash

1. Komunikasi 

Kemampuan berkomunikasi dengan baik merupakan modal utama ketika ingin bekerja sebagai layanan pelanggan. Pasalnya, miskomunikasi bisa membuat pelanggan kecewa dan frustrasi terhadap pelayanan yang Anda berikan.  

2. Product Knowledge 

Pengetahuan produk atau jasa dari perusahaan mereka. Selain itu, apabila tidak mengetahui secara detail mengenai produk atau jasa perusahaan, Anda akan kesulitan saat membantu pelanggan yang mengalami masalah.  

3. Manajemen Waktu 

Diperlukan kemampuan manajemen waktu untuk membantu memecahkan masalah pelanggan. Dengan kemampuan ini, Anda bisa mengenali saat Anda tidak dapat membantu pelanggan sehingga pelanggan bisa diarahkan ke pihak lain yang dapat memberikan solusi. 

4. Persuasif

Kemampuan persuasi sesekali diperlukan untuk dapat meyakinkan pelanggan bahwa produk atau jasa perusahaan Anda layak dimiliki.

5. Empati 

Empati dibutuhkan agar seorang customer service bisa memahami perasaan dan kebutuhan pelanggan dengan tepat sehingga bisa menyusun pesan dan respons sesuai permasalahan pelanggan yang dihadapi.

Bagaimana Kisaran Gajinya?

Tahukah Anda jika profesi customer service dapat dikerjakan secara paruh maupun penuh waktu. Gajinya akan ditentukan dari pengalaman, profesionalitas, hingga lokasi kerja. Mengutip dari JobStreet, rerata gaji yang diterima per bulan di awal kariernya antara Rp4,5 hingga Rp5 juta. 

Gaji Profesi Customer Service
Jp Valery/Unsplash

Adapun unsur yang dapat memengaruhi karier dan gaji profesi ini antara lain: 

– Keterampilan persuasif. 

– Kemampuan berinteraksi dengan pelanggan. 

– Pengetahuan menyeluruh mengenai produk atau jasa yang dijual. 

– Pengalaman mengoperasikan alat komunikasi jarak jauh atau daring. 

– Pengalaman dan profesionalitas kerja.  

Besaran gaji yang Anda terima sebagai sebagai CS akan meningkat apabila Anda memenuhi kualifikasi sebagaimana disebutkan di atas. 

Jenjang Karier Customer Service Adalah Seperti Berikut!

– Tahap Junior (pengalaman 1-3 tahun): Customer Service Representative  

– Tahap Menengah (pengalaman 4-8 tahun pengalaman): Customer Service Specialist 

– Tahap Senior (pengalaman 8 tahun atau lebih): Customer Service Manager/Director 

Eksporior, berminat meningkatkan skill dan bekerja sebagai customer service

GeTI Incubator Siap Mendampingi Anda Menjadi Customer Service Profesional Berdaya Saing Global. Gabung Sekarang! 

GeTI

Leave a comment