Scroll Top

Nama Produk Tepat, Bisnis Untung Berlipat!

Nama produk sangat penting ditentukan terlebih dahulu sebelum melakukan promosi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), nama produk adalah tanda pengenal produk yang membedakannya dari produk lain.

Pentingnya penamaan tidak kalah dengan kualitas produk itu sendiri. Pasalnya, nama akan merepresentasikan keunggulan produk sekaligus identitas perusahaan. Mungkin istilah yang tepat adalah “apalah arti sebuah produk tanpa ada nama”. Maka dari itu, menggunakan nama yang tepat itu perlu!

Tapi, Mengapa Harus Menggunakan Nama Produk yang Tepat?  

Memiliki nama yang tepat akan membuat konsumen mengetahui produk Anda dengan jelas. Karenanya, produk Anda akan mudah ditemukan dan eksposurnya pun meningkat. Berikut adalah keunggulan lainnya:

  • Memberikan daya tarik bagi konsumen. 
  • Memudahkan Anda mendapatkan loyalitas pelanggan terhadap produk yang dikembangkan. 
  • Membuka peluang perusahaan dalam menetapkan harga jual. 
  • Menjadi pembeda atau ciri tertentu yang membedakan dengan produk milik kompetitor. 
  • Melebarkan jalan bisnis Anda untuk menembus pasar ekspor

Kiat Menentukan Nama Produk yang Mengesankan 

Menentukan nama produk dalam sebuah bisnis menjadi suatu tantangan tersendiri. Pasalnya, nama yang dipilih harus menjadi wajah bagi perusahaan dan berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis. Di bawah ini merupakan beberapa tips dalam memilih nama yang mengesankan untuk kebutuhan branding

Kiat Menentukan Nama Produk yang Mengesankan 
Austin Distel/Unsplash

1. Nama Belum Pernah Digunakan 

Silakan manfaatkan fasilitas Google untuk melakukan survei pemilihan nama agar tidak terindikasi hal-hal negatif. Anda juga bisa memastikan nama yang dipilih belum dipakai oleh pihak mana pun. Anda bisa mengeceknya di halaman Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual

2. Unik & Singkat 

Hindari keunikan nama yang berkonotasi negatif. Selain unik, usahakan menggunakan nama yang simpel dan singkat yang terdiri dari satu atau dua kata agar mudah terekam dalam benak konsumen. 

3. Mudah Diucap & Didengar 

Hindari pemilihan nama yang rumit seperti penggunaan bahasa asing yang tidak semua orang mengetahui cara baca dan maknanya. Hal tersebut akan membuat konsumen enggan mengingat produk Anda.  

4. Bermakna Positif 

Penamaan yang positif pada bisnis Anda akan menyimpan harapan agar bisnis yang dikembangkan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan nama yang disematkan. 

5. Representasi Produk 

Pemilihan nama produk dapat menyesuaikan dengan target pasar bisnis Anda. Misalnya, target pasar Anda adalah pria dengan bisnis fesyen, Anda bisa saja menentukan nama dengan male wear. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah melakukan proses branding.

6. Hindari Singkatan  

Hal tersebut dapat membingungkan masyarakat saat kali pertama membaca dan mengetahuinya. Perlu diingat bahwa nama produk merupakan hal krusial yang harus Anda perhatikan ketika memulai bisnis. Mudahkan konsumen untuk membaca dan mengingat produk Anda dengan tidak memberi singkatan. 

7. Uji Nama Produk 

Minta pendapat kepada pasangan, keluarga, sanak saudara, juga kerabat untuk menilai nama yang Anda pilih. Timbal balik yang positif dari mereka sudah bisa menjadi alasan Anda untuk menggunakan nama tersebut. Jadikan itu landasan dalam mengubah nama sebelum diluncurkan kepada khalayak. 

Jenis-Jenis Nama Produk 

Jenis-Jenis Penamaan Produk 
Slidebean/Unsplash

1. Literal (Penamaan Harfiah) 

Penamaan harfiah dimaksudkan untuk menyampaikan fungsi dan kualitas suatu produk. Konsumen langsung mengetahui produk itu sesuai dengan kebutuhan mereka atau tidak. Jenis literal sangat cocok dan efektif untuk meluncurkan produk baru. Contoh: Sabana Fried Chicken. 

2. Metaphoric (Perumpamaan) 

Perumpamaan memiliki gambaran fungsi produk yang menambahkan teknik emotional marketing ke dalamnya. Nama metaforis menyimpan janji yang membuat konsumen terpikat. Contoh: Air Jordan. 

3. Fanciful (Indah/Keren) 

Jenis fanciful tidak merepresentasikan fungsi dari sebuah produk. Dengan nama yang tidak deskriptif, perusahaan bebas menciptakan identitas atau cerita tersendiri untuk diasosiasikan dengan nama tersebut. Namun, jenis ini membutuhkan banyak usaha marketing agar tembus di pasar. Contoh: Adidas, Samsung. 

Sederet Nama Produk Lokal Top of Mind di Pasar 

– Air Mineral: Aqua 

– Pompa Air: Sanyo 

– Mi Instan: Indomie 

– Obat Nyamuk: Baygon 

– Popok Bayi: Pampers 

– Pembalut Wanita: Softex 

– Teh dalam Kemasan: Sosro 

– Skuter: Vespa 

– Detergen: Rinso 

Nah, itulah pembahasan mengenai nama produk yang perlu diketahui untuk pengembangan bisnis Anda. Anda juga bisa memaksimalkan layanan digital dari AeXI untuk membuat bisnis Anda melejit di kancah global. 

Gabung Bersama AeXI Sekarang! Mitra Bisnis Terbaik untuk Memudahkan Perjalanan Ekspor Anda! 

Briket adalah Bahan Bakar Pengganti yang Eksis di Pasar Global!

AeXI menawarkan kemudahan untuk para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya, mulai dari membuka akses melalui platform global marketplace, memberikan konsultasi bisnis, mempersiapkan produk berkualitas, hingga informasi regulasi dan logistik. Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan layangkan email Anda ke [email protected]

Leave a comment