Scroll Top

Pasar Global Adalah: Ciri-ciri, Keuntungan, Strategi Masuknya

Pasar global adalah sebuah pasar yang transaksi antara penjual dan pembeli melingkupi cakupan dunia: dari satu negara ke negara lain. Beda halnya dengan pasar lokal yang jalur distribusinya hanya mencakup satu negara saja.  

Kemunculan pasar global dilatarbelakangi oleh negara yang memiliki sumber daya alam terbatas. Setidaknya ada empat faktor terjadinya pemasaran global, yakni perbaikan komunikasi dan transportasi, teknologi, perjanjian ekonomi regional, serta perkembangan ekonomi dunia. 

Maka, demi memenuhi kebutuhan penduduknya, terjadilah transaksi impor yaitu membeli barang dari negara lain. Sebaliknya, ada transaksi ekspor ketika terjadi permintaan dari untuk memenuhi kebutuhan negara tujuan. 

Ciri-Ciri Pasar Global Adalah… 

Hal-hal yang mencirikan pasar global tidak berbeda jauh dengan definisi pasar itu sendiri. Berikut uraiannya: 

Austin Distel/Unsplash

1. Ada Calon Pembeli dan Penjual 

Ini merupakan salah satu ciri utama dari pasar. Pasar didefinisikan sebagai tempat menjajakan beragam komoditas untuk mencukupi kebutuhan konsumen. 

2. Terdapat Produk 

Produk yang dijajakan bisa ditampilkan di beberapa platform e-commerce global secara online maupun melalui pelelangan di setiap negara. 

3. Adanya Permintaan dan Penawaran  

Dalam proses ini, terdapat serangkaian dokumen resmi yang dikirimkan, baik oleh perusahaan penyedia produk maupun konsumen. 

4. Terjadi Interaksi Antara Penjual dengan Pembeli 

Interaksi bisa terjadi secara langsung ataupun tidak langsung. Interaksi langsung bisa dilakukan melalui expo atau bazar. Interaksi tidak langsung melalui surat elektronik, telepon, maupun fitur percakapan e-commerce global. 

Apa Keuntungan Memasarkan di Pasar Ini?

1. Konsumen Luas 

Analoginya seperti ini, apabila kita memasarkan produk di Indonesia bisa menggaet konsumen satu juta orang, maka ketika kita melakukan promosi ke sekuruh dunia bisa menjadi lima juta orang. 

2. Keuntungan Meningkat 

Semakin banyak konsumen, semakin meningkat pula pendapatan. Pasar global akan sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis jika mereka dapat memanfaatkannya dengan baik. 

3. Membuka Peluang Bisnis Baru 

Dengan pemasaran yang lebih luas dan permintaan konsumen yang kian beragam, akan membuka banyak peluang produk atau jasa baru untuk dikembangkan. Kemajuan teknologi dan informasi membuat semuanya menjadi hal yang sangat mungkin. 

4. Menghasilkan Produk Berkualitas 

Kompetisi yang terjadi mendorong pelaku usaha yang terlibat dalam pasar global menerapkan strategi pemasaran yang efektif dengan menciptakan produk yang berkualitas untuk menarik perhatian konsumen global.  

5. Mendorong Eksistensi Perusahaan 

Perusahaan akan semakin eksis karena merek-merek produknya mejeng di berbagai negara. Selain itu mereka pun mendapatkan keuntungan yang lebih banyak sehingga operasional perusahaan dapat terus berjalan. 

Apakah Ada Risikonya?

Pasar global adalah proses transaksi global yang menggiurkan. Namun, dalam praktik pemasarannya juga memiliki risiko, yang di antaranya: 

Apakah Ada Risikonya?
John Schnobrich/Unsplash

1. Regulasi 

Negara A dan negara B tentunya akan memiliki kebijakan atau regulasi yang berbeda. Misalnya negara B yang mengharuskan menerima produk makanan berlabel sertifikasi halal, sehingga produk dari negara A yang ingin masuk ke negara B perlu melakukan proses sertifikasi sesuai dengan kebijakan negara muslim tersebut. 

2. Pajak 

Hal ini seringkali menjadi risiko karena memaksa menaikan harga jual dari produk kita. Perlunya menghitung harga jual perkiraan naik setelah terkena pajak. Perlu pula membandingkan dengan kompetitor dan menentukan apakah produk kita mampu bersaing dengan para kompetitor yang sudah ada. 

3. Bahasa 

Bahasa menjadi instrumen penting untuk berkomunikasi kepada calon konsumen. Oleh karena itu, perlu memiliki tim yang dapat mengkomunikasikan produk kita kepada negara yang dituju. 

4. Biaya 

Biaya ekspor akan sangat tergantung sekali dengan nilai mata uang dolar dan nilai fluktuasi. Perlu memantau nilai mata uang agar dapat menyesuaikan semua biaya untuk produk yang dikirimkkan. 

5. Proses  

Perlu memerlukan jangka waktu yang lama dalam melakukan proses transaksi perdagangan dari negara A ke B. Lama waktu proses biasanya terjadi karena adanya pengecekan, proses handling produk, dan beberapa faktor lain seperti antrean. 

Ingin Memasuki Pasar Global? Ini Strateginya!

Sebelum memasuki pasar global, pelaku bisnis perlu mengatur strategi matang agar tidak merugi dan tetap menghasilkan keuntungan. Lima strategi yang dapat Anda terapkan untuk menghadapi pasar global, yaitu: 

Ingin Memasuki Pasar Global? Ini Strateginya!

Startaê Team/Unsplash

1. Periksa alur kas.

2. Ketahui peluang pasar.

3. Buat strategi yang jitu.

4. Rencanakan pemasaran secara efektif.

5. Biaya modal.

Selain itu, setiap pelaku bisnis harus terus berinovasi mengembangkan bisnis dengan strategi pemasarannya sendiri agar bisa bersaing di pasar global. Salah satu tindakan nyata yang bisa dilakukan saat ini adalah mengikuti perkembangan jasa yang membantu meningkatkan perkembangan perusahaan. Jasa yang dapat dijadikan pilihan untuk membawa produk Anda mejeng di pasar global adalah Global Gold Supplier sebagai mitra resmi Alibaba.com. 

Tembus Pasar Global Adalah Hal yang Mudah! Jadilah Bagian dari Global Gold Supplier untuk Menjangkau Konsumen Global dan Tingkatkan Pendapatan Perusahaan!

Tembus Pasar Global Adalah Hal yang Mudah! Jadilah Bagian dari Global Gold Supplier untuk Menjangkau Konsumen Global dan Tingkatkan Pendapatan Perusahaan!

Leave a comment