Sales atau penjualan adalah sebuah proses yang diperlukan sebagai ujung tombak keberlangsungan bisnis. Tanpa adanya kegiatan penjualan, operasional perusahaan tidak akan berjalan secara optimal.
Jadi, Apa itu Sales?
Mengutip dari HubSpot, sales adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kegiatan penjualan produk atau jasa. Biasanya, tim penjualan sering kali ditentukan berdasarkan wilayah tempat mereka menjual, produk atau layanan yang dijual, serta target konsumen.
Tim penjualan akan menjangkau kontak konsumen yang mungkin tertarik untuk membeli produk atau jasa yang dijual perusahaan dengan menunjukkan minat melalui tindakan seperti mengunjungi situs web atau berinteraksi di media sosial.
Tujuan adanya penjualan adalah untuk menjangkau konsumen dengan menunjukkan minat sesuai dengan target konsumen yang diharapkan dapat memberi konsumen solusi dan berakhir melakukan pembelian produk atau jasa.
Perbedaan Sales dan Marketing
Sales dan marketing sangat berkaitan bagi tumbuh kembang bisnis perusahaan. Secara definisi, sales adalah kegiatan penjualan atas produk atau jasa yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan. Sedangkan marketing adalah sebuah rangkaian kegiatan untuk perencanaan strategi dalam rangka meningkatkan penjualan produk atau jasa dari perusahaan.
Secara proses cara kerjanya, penjualan berhubungan langsung dengan konsumen seperti tatap muka, telepon, media sosial, dan lainnya. Sementara marketing berperan di belakang layar. Tim marketing membuat strategi promosi atau pemasaran yang efektif baik offline maupun online demi mendongkrak penjualan produk atau jasa perusahaan.
Jika orientasi sales adalah target penjualan produk perusahaan, maka marketing fokus menjaga citra perusahaan melalui serangkaian kegiatan yang dilakukan.
Tujuan Kegiatan Sales
Tujuan utama dari penjualan adalah meningkatkan permintaan pada produk atau jasa tertentu. Namun, ada beberapa hal penting lainnya dari kegiatan penjualan, yakni:
– Menghasilkan prospek baru.
– Memperkenalkan produk, jasa, ataupun fitur baru.
– Menjual persedian stok dalam jumlah besar.
– Memberikan wawasan yang bernilai kepada konsumen.
– Menjaga perusahaan tetap kompetitif.
– Merekomendasikan konsumen terhadap produk atau jasa yang dimiliki.
Ragam Istilah Umum dalam Sales
1. Salesperson
Seorang salesperson diharuskan memiliki wawasan luas seputar produk atau jasa (product knowledge) serta dalam proses penjualan barang. Salesperson menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan penjualan.
2. Sales Pipeline
Sales pipeline harus mampu menarasikan seluruh rangkaian kegiatan penjualan kepada konsumen yang sedang berjalan atau sudah selesai dilakukan.
3. Sales Plan
Dengan kata lain, rencana penjualan adalah sebuah gambaran yang berisi strategi dan tujuan oleh tim penjualan pada jangka waktu tertentu. Pada perencanaan ini biasanya mencakup beberapa aspek berupa kondisi pasar hingga target pelanggan yang akan disasar.
4. Prospek
Prospek adalah tentang salesperson dan tim yang menggunakan berbagai strategi atau teknik untuk menjual produk dengan menghubungi konsumen. Kegiatan ini akan mendorong ke tahap deal/kesepakatan.
5. Deal/Kesepakatan
Pada istitlah ini, salesperson dan tim menyusun rencana deal sesuai kebutuhan dan kondisi. Tujuannya adalah proses penjualan bisa berjalan sesuai periode waktu dan target yang telah ditentukan bersama.
Jenis-Jenis Pekerjaan di Bidang Penjualan
Di bawah ini merupakan beberapa jenis pekerjaan dalam penjualan beserta tanggung jawab dari masing-masing spesialisasinya:
1. Account Executive
Account executive bertanggung jawab untuk membangun relasi antara perusahaan dengan konsumen.
2. Executive-Level Management
Posisi ini memiliki tanggung jawab untuk dapat menetapkan target capaian dalam jangka waktu tertentu mengenai tujuan penjualan dari produk perusahaan.
3. Sales Administrative
Sales administrative sangat dibutuhkan dalam proses penjualan dari segi administratif seperti mengurus izin perjalanan, menyiapkan marketing kit untuk konsumen, menyusun quotation, dan lain-lain.
4. Sales Management
Sales management bertugas dalam memimpin tim penjualan untuk sebuah perusahaan. Posisi inilah yang menetapkan tujuan dan menganalisis penjualan.
5. Sales Representative
Tugas utama sales representative yakni menjual produk atau jasa dari perusahaan langsung kepada konsumen potensial.
Strategi Jitu Melakukan Sales
Inilah empat strategi penjualan yang bisa Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis. Simak selengkapnya di bawah ini: https://eh.inidev.xyz/
1. Approaching
Pendekatan ini pun perlu direncanakan dan dipersiapkan dengan matang. Penjualan harus mengetahui dan memahami calon konsumen dengan baik.
2. Presentation & Selling
Sampaikan kepada calon konsumen terhadap manfaat dan kelebihan dari produk atau jasa yang ditawarkan. Perhatikan hal-hal ini ketika sedang melakukan presentasi penjualan:
– Gunakan tata bahasa yang baik.
– Perhatikan keramah-tamahan.
– Sampaikan dengan jelas dan tepat.
– Berikan kesan positif.
3. Closing the Sale
Setelah mendapatkan penjualan, penjualan perlu melakukan langkah-langkah administratif untuk menutup penjualan, seperti membuat order penjualan dan tanda terima pembayaran.
4. Layanan Setelah Penjualan
Pelayanan ini dapat menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan:
– Memberikan souvenir.
– Mengucapkan terima kasih secara personal.
– Mengirimkan kartu ucapan pada hari ulang tahun konsumen ataupun hari-hari besar nasional dan internasional.