Scroll Top

Digital Marketing, Strategi Pemasaran Kekinian yang Penting!

Eksporior, tahukah Anda bahwa saat ini tren digital marketing sedang sangat maju dan digemari oleh para pebisnis untuk marketing campaign. Sebab, pemasaran via digital platform memang efektif untuk memajukan sebuah usaha.  

Apakah Anda sudah memahami dengan baik apa itu digital marketing? Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap dan akan sangat berguna bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan bisnis dengan metode pemasaran ini.

Digital Marketing Adalah… 

Digital Marketing Adalah... 

Secara sederhana, istilah ini digunakan untuk beragam aktivitas marketing yang menggunakan media digital untuk meningkatkan penjualan, mendapatkan banyak konsumen, menguatkan brand awareness, hingga mengoptimalkan customer journey.

Menurut ahli, Chaffey (2009), digital marketing merupakan sarana penghubung secara online menuju target marketing.  

Manfaatnya untuk Mengembangkan Bisnis dan Usaha 

Manfaatnya Dalam Mengembangkan Bisnis dan Usaha 

Berikut ini beragam manfaat yang dapat membantu mendongkrak usaha Anda: 

Jangkauan Pasar yang Lebih Luas 

Dunia digital yang tanpa batas sangat efektif untuk menjangkau target pasar yang lebih luas sehingga kesempatan mendapatkan calon konsumen baru semakin tinggi. 

Biaya Promosi yang Murah 

Strategi promosi dengan menggunakan internet jauh lebih murah dibandingkan traditional marketing seperti baliho, radio, atau TV. 

Meningkatkan Penjualan 

Digital marketing memiliki kelebihan untuk meningkatkan penjualan terutama untuk potential customers yang lebih luas ke semua wilayah yang terjangkau internet. 

Media Penghubung dengan Konsumen 

Calon konsumen dapat berinteraksi dengan pemilik perusahaan untuk berkonsultasi dengan produk atau jasa yang mereka inginkan.  

Meningkatkan Omzet 

Bertransaksi secara online dengan target pasar yang lebih luas akan membantu meningkatkan omset usaha Anda.  

5 Jenis Digital Marketing yang Efektif untuk Berbisnis 

5 Jenis Digital Marketing yang Efektif untuk Berbisnis 

Ketika menjalankan bisnis secara online, Anda dapat mencoba beberapa jenis pemasaran digital sesuai dengan strategi dan kebutuhan yang akan digunakan. 

Search Engine Marketing (SEM) 

SEO memerlukan organik agar website berada di halaman taratas di mesin pencarian, sedangkan SEM hanya mengandalkan beragam iklan dalam setiap klik yang dilakukan oleh user. 

Website  

Website merupakan media yang cukup terkenal dalam mempromosikan sebuah brand agar menjangkau target audience secara lebih luas hingga ke berbagai penjuru dunia.  

E-mail Marketing 

E-mail marketer membantu para pebisnis memberikan beragam informasi yang paling baru mengenai promosi yang sedang dilakukan oleh perusahaan.  

Mobile Marketing 

Jenis ini memiliki multi saluran yang hanya difokuskan menjangkau target audience tertentu seperti di smartphone, SMS, atau MMS

Social Media Marketing 

Beragam platform media sosial seperti Instagram Ads, Facebook Ads, dan Twitter Ads memiliki kelebihan untuk menjangkau audience sesuai dengan yang ditargetkan  

4 Strategi Digital Marketing, Mari Praktikkan!

4 Strategi Digital Marketing yang Efektif untuk Berbisnis 

Ketika menjalankan bisnis secara online, diperlukan strategi yang tepat agar usaha yang dikembangkan tersebut semakin maju. Berikut ini beberapa trik yang dapat dilakukan. 

Search Engine Optimization (SEO) 

Kelebihan dari SEO adalah kemampuannya dalam optimalisasi sebuah web selalu berada di peringkat teratas dalam mesin pencarian agar mudah ditemukan oleh para target audience. 

Content Marketing 

Strategi ini menggunakan beragam tulisan seperti artikel untuk mengajak dan memengaruhi para pembacanya agar membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan. 

Pay Per Click (PPC) 

Strategi marketing ini mengajak para pengguna internet agar mengunjungi website bisnis Anda sehingga membantu menaikkan traffic website., seperti Facebook Ads, Google Ads, hingga Twitter Ads.  

Jasa Influencer atau KOL 

Dengan kemampuannya memengaruhi orang lain agar mengikuti arahan dan saran yang diberikan, para influencer atau KOL bermanfaat untuk mempromosikan produk yang Anda jual.  

4 Kesalahan dalam Menjalankan Digital Marketing Adalah Hal yang Fatal, Hindari!

4 Kesalahan Digital Marketing yang Harus Dihindari 

Dengan segala kelebihannya untuk meningkatkan pemasaran dan penghasilan, ternyata ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan dalam strategi bisnis ini, seperti yang akan dibahas di bawah ini. 

Tidak Memilliki Target dan Tujuan Jelas 

Anda harus tahu siapa target pasar bisnis dan strategi apa yang akan dilakukan agar tujuan bisnis dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.  

Dokumentasi Strategi Tidak Jelas 

Tiap target pasar memiliki caranya untuk mengembangkan product or service masing-masing. Jangan sampai Anda melakukan strategi keliru yang akan menyebabkan kemunduran usaha.

Tidak Memaksimalkan Website 

Banyak pebisnis yang tidak memaksimalkan website dengan baik yang sudah terbukti mampu meningkatkan penjualan dengan menyampaikan beragam informasi mengenai usaha.  

Tidak Ada Komunikasi 

Jangan pernah abaikan review dan keluhan para pelanggan yang sebenarnya sangat berguna untuk grow your business menjadi lebih baik.

Berapa Biaya yang Digunakan untuk Digital Marketing?

Biaya Layanan Digital Marketing 

Bagi Anda yang akan menggunakan layanan bisnis ini, berikut daftar biaya yang harus dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan dan strategi marketing.

  • Pembuatan website, estimasi Rp1-8 juta. 
  • Google, Instagram, dan Facebook Ads, estimasi Rp50.000 per hari. 
  • Search Engine Optimization (SEO), estimasi Rp3-15 juta per bulan. 
  • Manajemen akun media sosial, estimasi Rp1,5 juta per bulan. 

Profesi Digital Marketer dan Rentang Gajinya 

Profesi Digital Marketer dan Rentang Gajinya 

Saat ini banyak perusahaan besar hingga small business yang merekrut digital marketer untuk mengelola semua media digital dan  mengembangkan usaha, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini. 

  • Website Marketing, membantu membuat digital marketing channels seperti website agar lebih menarik konsumen. 
  • SEO Specialist, membantu website berada di posisi teratas pada mesin Google. 
  • SEM Specialist, membantu website berada di posisi teratas mesin pencarian sesuai target audience. 
  • Social Media Marketer, membantu meningkatkan brand awarenes, penjualan dan traffic dengan sosial media. 
  • Content Marketer, bertugas membuat konten untuk memudahkan pengguna internet memperoleh informasi tentang produk yang ditawarkan melalui digital media.

Berdasarkan data dari platform pengembangan karier, berikut daftar gajinya. 

  • Manager: Rp12 juta- Rp18 juta. 
  • Specialist: Rp6 juta- Rp10 juta. 
  • Staff: Rp5 juta – Rp 8juta.  

Tertarik Mendalami Ilmu Digital Marketing untuk Sukses Kembangkan Bisnis dan Karier Impianmu? Ikuti Kelas-Kelas GeTI Incubator Sekarang! 

Tertarik Mendalami Ilmu Digital Marketing untuk Sukses Kembangkan Bisnis dan Karier Impianmu? Ikuti Kelas-Kelas GeTI Incubator Sekarang! 

Leave a comment