Scroll Top

Perusahaan: Definisi, Jenis, dan Strategi untuk Mendunia

Secara umum, perusahaan merupakan sebuah tempat untuk melakukan kegiatan produksi barang dan jasa yang tujuan utamanya mencari keuntungan atau komersil. 

Eksporior, Anda ingin membangun sebuah perusahaan? Sudahkah Anda memahami seluk-beluknya? Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap dan jelas.  

Perusahaan Adalah… 

Perusahaan Adalah... 

Secara sederhana, perusahaan merujuk kepada sebuah entitas berbadan hukum yang dibentuk oleh sekelompok orang untuk menjalankan dan mendirikan sebuah bentuk badan usaha untuk tujuan komersial dengan menyediakan barang atau jasa bagi masyarakat. 

Jenis-Jenisnya Secara Umum yang Wajib Diketahui 

Jenis-Jenisnya Secara Umum yang Wajib Diketahui

Berdasarkan jenisnya, secara umum perusahaan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini. 

Berdasarkan Lapangan Usahanya 

  • Jenis Ekstratif, jenis ini berfokus pada pemanfaatan beragam kekayaan alam yang tersedia, seperti emas, batu bara, dan timah. 
  • Jenis Agraris, jenis ini bergerak di bidang pengolahan ladang dan lahan. Misalnya pertanian, perikanan, kehutanan, dan perkebunan. 
  • Jenis Industri, berfokus pada pengolahan bahan mentah menjadi setengah jadi sehingga siap dijual.  
  • Jenis Perdagangan, bergerak di sektor menjual beli barang yang sudah jadi, contohnya mini market dan pertokoan.  
  • Jenis Jasa, jenis usaha yang bergerak di bidang jasa dan pelayanan, contohnya bank, perhotelan, dan sebagainya. 

Berdasarkan Kepemilikan 

  • Milik Negara, jenis company ini didirikan, dikelola, dan dimodali oleh negara, seperti BUMN. 
  • Koperasi, jenis ini didirikan dengan modal dari para anggotanya. 
  • Perusahaan Swasta, jenis ini didirikan serta diberi modal oleh orang-orang dari luar negara.  

Apakah UKM dan IKM Masuk dalam Kategori Perusahaan? 

Apakah UKM dan IKM Masuk dalam Kategori Perusahaan?

Berdasarkan pengertian dasarnya, usaha kecil dan menengah (UKM) dan industri kecil menengah (IKM) merupakan sebuah usaha yang dikelola dan dijalankan dalam skala kecil hingga menengah. 

Bila UKM dan IKM tersebut memiliki skala bisnis yang masih mikro, maka masuk ke dalam golongan badan usaha perorangan. Namun, jika sudah berskala besar maka masuk dalam kategori perusahaan karena diperlukan biaya besar untuk membuat perseroan terbatas (PT) dan skala tanggung jawab yang lebih besar dari usaha kecil.

10 Daftar Perusahaan Indonesia yang Telah Mendunia 

10 Perusahaan Indonesia yang Telah Mendunia 

Indonesia juga memiliki banyak perusahaan yang telah mendunia, yang mayoritas berasal dari sektor finansial, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.  

PT Pertamina 

Badan ini bergerak di bidang transmisi, eksplorasi, dan produksi minyak serta gas. Pertamina membawahi 5 sub holding company yang bergerak di bidang yang sama. 

PT Bank Central Asia Tbk 

BCA masuk dalam kategori BUMS atau badan usaha milik swasta, dan menjadi nomor 1 sebagai bank swasta terbesar di Indonesia. 

PT Bank Mandiri Tbk  

Bank terbesar di Indonesia ini memiliki reputasi sebagai bank terbaik di Indonesia dengan keunggulannya dalam layanan aset, deposit, dan pinjaman yang diberikan. 

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk 

Bank tertua di Indonesia ini adalah bagian dari BUMN, yang berfokus kepada pembiayaan skala kecil dan mikro dengan lebih dari 30 juta nasabah.  

Astra Internasional 

Perusahaan ini bukan hanya berkecimpung di dunia otomotif, tetapi merambah di berbagai bidang seperti perdagangan umum, perindustrian, pertanian, pertambangan, pengangkutan, hingga jasa konsultasi. 

PT Bank Tabungan Negara 

Bank yang masuk BUMN ini sukses membangun bisnis perumahan dengan programnya yang sangat terkenal yaitu program KPR atau kredit perumahan rakyat.  

PT Bank Danamon 

Bank ini memiliki cabang 1.700 KCP, dengan berbagai unitnya mulai dari konvensional, syariah, hingga produk simpan pinjam. 

Telkom Indonesia 

Telkom menjadi salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, bahkan terbesar di dunia versi Forbes.  

PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk 

Sampoerna merupakan perusahaan rokok terbesar di Indonesia walaupun saat ini kepemilikan sahamnya secara besar atas nama Phillip Morris International.  

PT Gudang Garam 

Gudang Garam adalah perusahaan rokok tertua di Indonesia dan terbesar di dunia versi Forbes. 

Jangan Lakukan ini Agar Perusahaan Dapat Terus Berkembang!

Jangan Lakukan ini Agar Perusahaan Dapat Terus Berkembang  

Bagi Anda yang sedang merintis usaha atau bisnis, berikut ini hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan agar terhindar dari hal yang tak diinginkan. Pembahasan lengkapnya ada di bawah ini.  

Tidak Melakukan Inovasi 

Inovasi merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah bisnis. Tanpa inovasi, dapat dipastikan perusahaan akan terlindas oleh para pesaing yang terus melakukan pembaruan.  

Harga Terlalu Mahal 

Jika harga produk atau servis terlalu mahal dan tidak sesuai dengan kualitas, konsumen akan berpindah kepada kompetitor yang menjual dengan harga lebih terjangkau.  

Meminjam Modal di Luar Kemampuan 

Jika usaha Anda tidak menghasilkan laba yang besar, kemungkinan Anda akan mengalami kebangkrutan karena tak mampu menutupi anggaran penggajian karyawan atau biaya operasional.  

Tidak Mengontrol Perusahaan 

Tanpa manajemen yang baik, perusahaan harus terus mengeluarkan biaya operasional yang besar untuk menutupi kekacauannya. 

Tidak Mengenali Konsumen 

Dengan mengetahui dan mengenali beragam kebutuhan konsumen, inovasi dan pelayanan akan semakin baik bagi perusahaan tersebut.  

3 Strategi untuk Memasuki Pasar Mancanegara 

Strategi yang Bisa Dilakukan Agar Memasuki Pasar Mancanegara 

Untuk memasuki pasar global, diperlukan beberapa strategi yang harus dilakukan seperti yang akan dijelaskan di bawah ini. 

Ekspor Produk 

Ekspor adalah cara mudah bagi perusahaan yang ingin memasarkan produknya hingga ke mancanegara. Bagi Anda yang ingin mendapatkan kemudahan ekspor dapat menghubungi AEXI, bagian dari ExportHub.id, yang sudah berpengalaman dalam membantu mendapatkan buyer global. 

Riset Perdagangan Internasional 

Pelajari regulasi, target pasar, dan selera konsumen luar negeri sehingga Anda akan memahami hal-hal yang dapat dilakukan untuk go international

Manfaatkan Media Sosial 

Media sosial masih menjadi sarana efektif untuk promosi. Pastikan selalu perhatikan target pasar Anda agar produk Anda dilirik pasar global.  

Ingin Ekspor Beragam Produksi dari Perusahaan Anda Hingga ke Berbagai Negara? Ayo, Bergabunglah Bersama AeXI Sekarang!

Leave a comment